Archive for December, 2008

Wisata Kuliner di Jogja

Sunday, December 14th, 2008

Seperti yang udah dijanjiin di postingan sebelomnya, khusus tentang tempat makan enak selama kita liburan di Jogja akan diliput di sini. Sapa tau ajah ada yang lagi mampir di Jogja, bisa dicoba nih…Kebetulan aku ke Bandungnya baru senin besok, ga jadi hari Minggu..so…masi sempet bikin postingan ini hehehehe….lagi rajin posting nih.

Brongkos Warung Ijo Bu Padmo

Warung Ijo Bu Padmo

Suasana dalam Warung

Letaknya di Pasar Tempel, di bawah Jembatan Krasak. Bukanya dari jam 7.30 sampe maghrib. Selain brongkos, ada menu-menu lainnya seperti sop daging, tapi yang terkenal dan paling enak ya brongkos dagingnya. Konon katanya paling enak se-Jogja. Brongkos ini satu porsinya harganya Rp 11.000 tapi dikit banget. Warung Bu Padmo ini ga buka cabang, walopun ada beberapa warung yang namanya warung ijo juga.

Brongkos

Brongkos ini tampilannya sekilas mirip rawon tapi lebih kental dan bumbunya juga beda, so pasti rasanya juga beda dong ma Rawon. Beneran deh, kalo lagi ke Sleman, perlu dicoba brongkos warung ijo Bu Padmo ini, enyaaaak bangets.

Ayam Goreng Mbok Sabar

Sayang banget ga sempet difoto soalnya baru sampe Jogja dan laper berat, ga kepikiran buat foto-foto. Aku belinya kemaren di daerah Jombor, Jl. Magelang km 7. Ayamnya tuh enak banget karena sebelom di goreng, diungkepnya pake bumbu bacem jadi tampilannya mirip ayam goreng kalasan, walopun di goreng ga bisa garing di luar karena mungkin pake air kelapa ya waktu ngerebusnya. Rasanya manis, mirip ayam bakar kecap. Sambalnya juga enak banget. 1 ekor ayam harganya Rp 50.000

Warung je Jamuran

Yang ini juga ga sempet difoto karena dibungkus pulang. Tempatnya di Jl. Magelang km 10, daerah Beran, dari arah Jogja belok ke kanan, ada papan petunjuknya. Masuk ke dalam kira-kira 800 m. Lokasinya di tengah desa. Warungnya asyik banget suasananya, bersih dan nyaman. Harganya juga murmer. Menu makanannya so pasti dari jamur semua. Ada sate jamur yang rasa bumbunya mirip sate ayam tapi satenya lebih kenyal kayak kulit ayam, ada pepes jamur, gudeg jamur, ada jamur crispy, tongseng jamur, dadar shitake yang tampilannya mirip Fu yung Hai tapi ga pake saos, dll. Aku cuma beli 3 macem, sate jamur Rp 6.000/porsi isi 5 tusuk. Aku beli 3 porsi. Trus beli tongseng jamur Rp 8.000/porsi tapi aku ga gitu suka ma rasanya, trus dadar shitake Rp 15.000/buah. Sebenernya sebelom pulang ke Jakarta aku pengen mampir ke sana lagi, makan di tempat tapi mas Bagus ga mau nganterin hiks…Jam bukanya dari jam 7 pagi sampe maghrib.

Bakmi Mbah Mo

Bakmi Mbah Mo

Menu Bakmi Mbah Mo

Aku gak ikut ke sana karena bukanya dari jam 5 sore mpe malem, udah kecapean seharian jalan-jalan di Malioboro. Tempatnya juga mayan jauh, di Code-Bantul. Sementara rumah Eyang kan di Tempel, bisa ngabisin 2 jam buat PP. Jadinya yang makan ke sana cuma mas Bagus ma adiknya. Buat orang rumah dibungkus. Untung nih mas Bagus sempet foto-fotoin.

Bakmi Mbah Mo ini tempatnya di tengah desa pedalaman Bantul, tapi jalan ke sana udah bagus. Mas Bagus pesen Bakmi Godok Rp 10.000/porsi ma Jeruk Panas Rp 2500. Katanya sih enak. Aku dibeliin Bakmi Goreng. Tampilannya sih sederhana, kayak ga ada bumbunya. Warnanya putih, ga pake kecap, saos, apalagi sambel. Tapi begitu disantap..enyaaaak bangets..isinya ada telor ma ayam. Ada acar ma cabe rawit sebagai pelengkapnya. Harga Bakmi goreng juga Rp 10.000/porsi. Bakmi gorengnya gak sempet difoto, maklum makannya jam 10 malem, udah keburu teler matanya hihihi…

Bakmi Godok

Soto Kadipiro Pitoe

Soto Kadipiro

Soto Kadipiro ini banyak macemnya, entah mana yang aslinya. Sepeninggal pendirinya emang terpecah-pecah, ada Soto Kadipiro Baru, Soto Kadipiro Plus, itu semua tempatnya di Jl. wates. Kalo yang kemaren kucoba namanya Soto Kadipiro Pitoe, ada tulisannya cabang Jl. Wates. Tempatnya di Jl. Magelang km 9,5. Harganya Rp 8.000/porsi. Isi sotonya standart lah ada sayuran, ayam dan ada perkedelnya. Bisa pake sate telor puyuh Rp 2.500/tusuk sebagai pelengkapnya. Rasanya seger dan enak.

Gudeg Sedep Raos (Gudeg Ceker Seturan)

Gudeg Ceker

Gudeg Komplit

Tempatnya di depan swalayan, sebrangnya ada SD Budi Mulia, kira-kira 100 m di utara STIE YKPN di Jl. Seturan. Jam bukanya dari jam 6 sore mpe 12 malem. Rasanya enak banget deh gak kayak gudeg umumnya yang manis banget. Jadi aku suka banget karena aku ga gitu suka masakan yang terlalu manis. Gudeg cekernya juga manstab!! Empuk banget. Kita makan berempat cuma abis Rp 65.500 makan gudeg komplit 4 ma gudeg ceker 1, plus krupuk 3 ma Teh Manis Hangat 3. Azka juga suka banget tuh sampe minta nambah mulu.

Gubug Makan Mang Engking – Sleman

Halaman Depan Mang Engking

Gubug-gubugnya

Sebenernya gubug mang engking ini udah banyak cabangnya di mana-mana. Tapi berubung kita lagi di Sleman, pengen cobain juga Gubug Mang Engking yang di Sleman. Letaknya di Jamur, Sendangrejo, Minggir, Sleman. Bukanya dari siang sampe sore. Makannya di atas gubug yang di bawahnya ada kolam, di tengah hamparan sawah..waaah asyik banget deh pokoknya. Udah gitu, menunya juga enak-enak, palagi udang bakar madunya..wah rugi deh kalo belom pernah coba. Harganya juga gak terlalu mahal. Waktu itu kita ambil paket buat 6 orang Rp 295.000, menunya ada udang goreng mentega, udang bakar madu, udang saos tiram, gurame bakar, gurame goreng bumbu cobek, karedok (masakan khas sunda, kayak lotek tapi mentah semua), tumis kangkung, lalab, sambal cobek, es jeruk 3, es teh manis 3. Lengkap dan pas banget buat makan rame-rame bareng keluarga. Kalo ga abis, bisa minta dibungkusin pulang.

Menu Paket 6 Orang

Udang Bakar Madu

Udang Saus Tiram

Gurame Goreng Bumbu Cobek

Oke deh, met ngiler liat makanannya, aku mo beres-beres buat ke Bandung besok. Ke Bandung cuma silaturahmi ma sodara-sodara aja karena kan lebaran idul Fitri kemaren belom sempet ke Bandung. Ga akan wisata kuliner dulu, ni serumah berat badan naik semua seminggu di Jogja hahaha….

Liburan ke Jogja

Saturday, December 13th, 2008
Hari Minggu kemaren kita berempat pergi ke Jogja. Azka seneng banget tuh waktu sampe di Bandara, liatin pesawat-pesawatnya. Gak lupa juga mainan pesawatnya dibawa. Waktu di Bandara, ternyata aku kudu diperiksa dulu ma dokter Bandara karena ada aturan baru yang sedang hamil 1-6 bulan harus nunjukkin surat dokter. Aku emang ga bawa surat dokter karena kupikir kan hamilnya belom di atas 7 bulan trus jadwal kontrolnya baru tanggal 13 Desember. Diperiksanya cuma ngukur tensi ma perutnya dipegang doang, bayar 30 rebu hiks..

Pake Sabuk Sendiri

Di Atas Awan

Nyampe Jogja, disambut ma guyuran ujan. Bikin perut yang belom diisi makan siang jadi makin laper. Akhirnya, sebelom nyampe rumah Eyang, kita mampir dulu ke Ayam Goreng Mbok Sabar, minta dibungkus. Eh, begitu ngelewatin Warung Makan Je Jamuran kita mampir juga, beli sate jamur, tongseng jamur ma Dadar Shitake, dibungkus. Cerita wisata kulinernya ntar aku posting lebih lengkap di postingan berikutnya yah abis pulang dari Bandung, insya Alloh. Selama di Jogja ampyuun deh ujan mulu tiap ari sepanjang hari. Jadinya mo ke tempat wisata outdoor juga males deh, makanya kebanyakan wisata kulinernya hehehe…

Hari senin pagi, siap-siap sholat iedul Adha. Azka semanget banget nih malah ikutan sholat juga pake sajadah kesayangannya yang gambar pesawat itu.

Ceria Menuju Mesjid
Siangnya, jalan-jalan ke Malioboro. Sempet mampir juga ke Bakmi Kadin, ga taunya tutup. Si Mbak gak diajak karena bantuin Eyang masak daging Qurban, bikin rendang, gule ma tongseng. Di Malioboro belanja buat oleh-oleh ma beli kaos Dagadu.

Malemnya diajakin mas Bagus ke Bakmi Mbah Mo. Konon katanya bakmi yang letaknya blasak-blusuk di desa itu terkenal lezat. Pengen juga siy ke sana tapi berubung tempatnya mayan jauh dan aku juga udah capek banget, jadinya mas Bagus ke sana ma adik iparnya. Buat orang rumah dibungkus ajah. Berangkat jam 7 malem, nyampe rumah jam 10 malem. Bakminya emang enak banget ternyata…

Besoknya dibeliin Soto Kadipiro ma Mas Bagus, segeeer enaak. Siangnya janjian ketemuan ma Bundazka, Mbak Novy dan Entik di rumah Bundazka, sekalian borong batiknya yang keren-keren itu. Ujan-ujan disuguhin Baso Malang, enak banget, makasi yaaa… Seru banget deh ketemuannya, gak kerasa mpe 3 jam ngobrol ngalor-ngidul hihihi..mpe Mas Bagus mati gaya tuh nungguin di teras sambil ngawasin Azka main ma Azka Rais.

Azka dan Azka Lagi Main

Mbak Novy, Vera, Entik, Bundazka

Malemnya pengen makan gudeg. Ke Jogja kurang afdol kalo ga makan gudeg. Sebenernya dari Bekasi udah niat tuh pengen cobain Gudeg Pawon yang terkenal itu. Tapi gak ku ku deh bukanya jam 12 malem hiks….akhirnya nyobain Gudeg Ceker Seturan, dikasi tau Bundazka. Ternyata enak juga, rasanya cocok di lidahku yang gak gitu suka masakan manis. Harganya juga murmer.

Makan Gudeg Ceker Seturan

Berubung besoknya juga masi ujan juga, ya udah deh ngajakin Azka ke Taman Pintar aja soalnya di sana ada fasilitas indoornya. Bukanya dari hari selasa mpe Minggu, jam 9 pagi sampe 4 sore. Ada 3 gedung, salah satunya gedung oval, tiket masuk buat anak-anak 2000, dewasa 3000. Tiket nonton bioskop 4D 15.000/orang, durasi 30 menit. Azka suka banget nonton filmnya. Sayang aja tuh dia ga mau pake kacamata 3D. Filmnya tentang petualangan burung di angkasa.

Aquarium Taman Pintar di Gedung Oval
Gaya Dulu Depan Pesawat

Belajar tentang Planet

Nonton Bioskop 4D

Di Halaman Taman Pintar, Abis Ujan

Sorenya, ngajakin Eyang ma Tante Dewi ke Gubug Mang Engking. Perjalanan kesana ga terlalu jauh, pemandangannya juga asyik banget ijo royo-royo. Tempatnya di tengah sawah. Makanannya enak banget deh dan harganya juga wajar. Kita pesen paket buat 6 orang, 295rebu, ada Gurame Bakar, Gurame goreng bumbu cobek, udang bakar madu, udang goreng mentega, udang saus tiram, karedok, tumis kangkung, lalab, sambal, es jeruk dan es teh manis. Ternyata banyak juga porsinya, gak kemakan semua jadinya ada yang dibungkus pulang. Sayang nih Azka kluar usilnya, nyemplungin sendal eyang ke kolam ikan mpe ilang deh ga ketauan rimbanya. Maaf ya, Eyang. Udah gitu, sendok yang dipegang Azka juga dicemplungin. Eeeh..pesawat mainannya juga dicemplungin juga. Semua barang-barang itu langsung lenyap entah digondol ikan ato entah kemana.

Bingung Makan yang Mana Dulu
Eyang, Tante Dewi, Dedek Finda

Azka yang Usil

Mumpung masi di desa, pagi-pagi jalan-jalan nyari camilan sambil ngirup udara yang masi bersih. Ada pasar deket rumah, letaknya di tengah desa. Pasarnya kecil dan bersih, jualin makanan. Nama pasarnya Pasar Kadiluwih di Desa Kadiluwih.

Depan Pasar Kadiluwih

Selama di Jogja, aku kan sering gendong Dedek Finda karena ni anak sepanjang siang ga mau taro di kasur, maunya digendong mulu. Jadinya sementara ibunya pergi, aku ma eyang gantian gendong. Aku seneng banget deh ternyata Azka gak cemburu ngeliat aku gendong bayi. Biasanya dia suka marah dan nangis. Wah, brarti udah siap nih jadi abang ya. Perkara nama panggilan Azka nanti nih aku ma mas Bagus belom bisa kompromi. Aku maunya Azka dipanggil “Abang Azka” sementara mas Bagus maunya “Mas Azka”. Sementara Azka sendiri kadang pengen dipanggil “Abang” kadang “Mas”.

Packing…..Packing…..

Saturday, December 6th, 2008
Yup, bentar lagi kita sekeluarga mo liburan ke Jogja. Berubung waktu lebaran kemaren aku ma Azka ga ikutan mudik. Tadinya ke Jogjanya mo akhir Desember ngabisin jatah cuti. Ternyata dapet harga promo tiket pesawat buat hari Minggu..alhamdulillah…soalnya kan si Mbak aku ajak juga..mayan kan bisa bantu-bantu selama di Jogja. Trus juga bisa lebaran haji di Jogja walopun kita qurbannya di Jakarta, disalurkan ke yayasan.
Ke Jogja ini selain mo ketemu eyangnya Azka, sekalian nengokin ponakan yang baru lahir. Anak adiknya mas Bagus, namanya Afinda Azfa Widyawati. Nih liat deh..lucu yah…

Mudah-mudahan perjalanannya lancar dan menyenangkan. Azka udah gag sabaran tuh pengen liat pesawat, secara dia emang tergila-gila ma pesawat hahaha..udah lama juga dia ga naik pesawat, terakhir waktu liburan bulan Juni kemaren.

Saking sukanya ma pesawat, kemana-mana selalu bawa mainan pesawatnya. Trus nih, deket rumah kan ada namanya Toko Dunia Kado, harganya murmer, segala ada deh dari mulai mainan, perlengkapan bayi, alat tulis, souvenir dan bisa sekalian bungkus kado gratis. Aku sering belanja ke sana. Si Azka nih tiap ke sana selalu ajah belinya mainan pesawat. Nih beberapa mainan pesawat punya Azka, masi ada yang belom kefoto.

About Me
Vera, mamanya Azka dan Alisha. Dilarang copy isi tulisan dan foto di blog ini tanpa seizin pemilik blog ini. Email: pus_vera@yahoo.com
Archives
Label
Diary Azka dan Alisha