Acara Syukurannya Alisha

BB1

Alhamdulillaahh..akhirnya acara tasyakur khatamul quran Alisha bisa terlaksana juga hari rabu kemaren, 8 Oktober, setelah sebelomnya tertunda karena sakit. Ini pengalaman pertama juga buat aku, merayakan acara khataman quran versi sekolah. Maksudnya, sekolah yang bikin acaranya, aku cuma nyiapin souvenir, makanan, hiasan dan beberapa item yang disuruh siapin. Acaranya ntar kayak gimana, bener-bener blank sama sekali. Dulu waktu Azka khatam quran, aku cuma bikin goodie bag aja buat dibagiin ke temen sekelas, ga ada acara apa-apa. Rupanya di TK Alisha ada ritualnya kalo anak udah khatam iqro ato khatam quran. Menurutku acaranya seru aja, bisa berkesan buat si anak sampe gede nanti dan juga memotivasi si anak biar makin semanget ngajinya.

Yang aku siapin: hiasan akar kelapa yang digantungin permen dan uang buat dibagiin ke tiap murid, souvenir, hadiah buatΒ  anak yang bisa jawab kuis, snack box, lunch box, balon dan hiasan akar kelapa buat di kursi tandu dan delman. H-1 hiasan akar kelapa dan balon yang belom ditiup aku serahin ke guru. Selanjutnya mereka yang menghias kelas. Dan ternyata gurunya Alisha nyiapin permen dan coklat-coklat kecil buat di lemparin ke anak-anak. Huaaa…kok ga bilang aku siih…kan aku jadi ga enak ati, ngerepotin guru hihihi. Delman juga yang ngurus gurunya, aku tinggal kasi uang sewa delmannya aja. Biasanya kalo acara khatamul quran, semua anak keliling-keliling naik delman ato becak ato andong. Alisha maunya naik delman. Oke deh..sewa 4 delman biar muat 1 kelas (24 anak) sekali naik. Semuanya ada 8 kelas. Anak TK B ada 3 kelas, anak TK A ada 3 kelas, dan anak KB ada 2 kelas. Nanti naiknya bergiliran tiap kelas.

Rabu kemaren papanya Alisha juga khusus cuti agar bisa hadir di sekolah Alisha. Kliatan banget Alisha seneeeng. Jarang-jarang deh ke sekolah diantar mama papa. Sebelomnya antar kakak dulu ke SD, letaknya ga jauh dari TK nya Alisha. Begitu sampe kelas Alisha, wawwww kelasnya meriah banyak balon-balon. Makasiii bu guruuu udah direpotin ngehias kelas, kita tinggal tau beres aja hihihi.

Seabis ikrar pagi, anak-anak TK B latihan manasik haji buat manasik haji hari Sabtu nanti di Al Azhar Pusat. Sementara delmannya yang udah datang dari jam 7 pagi, keliling-keliling membawa anak-anak TK A dan KB secara bergantian. Duuuhh…terharuuu banget liat anak-anak seneng gembira naik delman.

b2anak TK A naik delman

b3anak KB naik delman

b4

Selese latian manasik haji, anak-anak TK B memulai acara khatamannya Alisha di kelas Alisha. Biasanya kalo acara gabungan kelas, tempatnya di pendopo halaman sekolah, outdoor. Tapi aku minta acaranya di kelas aja biar lebih hangat hihihi. Soalnya kalo di luar berisik juga.

b17menunggu anak-anak dari kelas sebelah datang

Alisha ganti pakaian dulu. Yang gantiin dan pakein jilbabnya, gurunya. Udah sejak kapan itu dia bilang ntar kalo acara tasyakur mau pake baju princess Elsa huahahaa dan pake mahkota. Oke deh, Nak. Trus aku ama Alisha duduk di depan. Anaknya ceriaaa seneng, emaknya super tegang dan mules wkwkwkw. Sementara papa tukang motoin. Sebelom acara dimulai, sambil nunggu bu kepsek datang, Alisha disuruh gurunya melafalkan hafalan juz 30. kemaren Alisha melafalkan surat An-Naba, surat pertama di juz 30 yang mayan poanjaaang…..daaannn mamanya belom hafal *tutup muka*. Sementara Alisha udah hafal banget. Alisha emang udah banyak hafal beberapa surat di juz 30. Insya Allah nanti kalo semua surat di juz 30 udah khatam dihafalin, dia ikut wisuda tahfidz di Al Azhar pusat. Mudah-mudahan bisa terealisasi. Aamiin.

b18

Bu guru bilang terharu denger Alisha hafal An Naba

b5bu kepsek memberi kata sambutan

b6selamat ya…Alisha

Lalu acara pun dimulai. Alisha disuruh mengaji dari mulai surat al Maun sampai surat terakhir. Setelah itu kata sambutan dari bu kepsek dan juga doa khatamul quran dipimpin oleh pak Ustadz Agus. Acaranya mengharukaaan banget. Setelah itu bergantian semuanya menyalami Alisha, ngucapin selamat. Trus, Alisha di bawa keluar kelas dan duduk di kursi hias. 2 orang janitor siap membawa Alisha keliling-keliling sekolah dengan kursi hiasnya itu. Temen-temennya mengiringi sambil sholawatan dan menabuh apa tuh namanya..rebana ya. Sampai di halaman, Alisha disuruh naik delman yang paling depan. Sebelom delmannya jalan, seorang janitor menyalakan 3 buah petasan. Seabis itu, barulah delmannya jalan diiringi delman lainnya yang berisi temen-temen Alisha.

b7ditandu keliling sekolah

b8heppiii…

b9senyumnya ga henti-henti

b10petasan dinyalain sebagai tanda delman yang dinaiki Alisha akan berangkat

b13

Foto dulu sama mama

b11dadaaaahhhh…..

b12ayo pak kusiiirr…kejaarr delmannya Alisha

b14selese naik delman

b15Alisha ditandu lagi menuju kelas

Puas naik delman, lalu anak-anak masuk kelas, istirahat dan makan bekal masing-masing. Beberapa menit kemudian, aku dan papanya dipanggil masuk kelas lagi. Ketika masuk kelas, semua anak TK B udah kumpul di kelas Alisha. Acaranya adalah kuis yang disampaikan oleh ustadz Agus pertanyaannya ga jauh-jauh dari nama malaikat dan nama nabi. 10 anak berhasil menjawab dan mendapat hadiah dari Alisha. Trus, bu guru melempar permen dan coklat, anak-anak berhamburan mencari permen dan coklat yang jatuh. yaaa..acara fun ajalah gitu setelah paginya kan acaranya agak resmi gitu ya. Trus Alisha ngebagiin souvenir dan hiasan akar kelapa, juga tas tenteng isi makanan. Snack box dan lunch box aku pesen di Rumah Makan Rasa Kuring Sukawening. Isinya nasi kuning, ayam goreng tepung, telur, perkedel, timun. Alhamdulillah banyak yang bilang makanannya enak.

b16pertanyaan kuis dari pak ustadz Agus

b19anak-anak mencari-cari permen dan coklat yang dilempar bu guru

b20nasi kuning pesen di sini tas berkatnya pesen di sini

aa2akar kelapa bikinan mama

aa5souvenir pesen di sini

Alhamdulillah acaranya terbilang lancar. jam 11 an selese. Setelah itu anak-anak belajar seperti biasa sampai selese sholat dzuhur berjamaah dan pulang. Alisha aku tanya mau ganti baju apa ngga. Katanya ga mau. Jadi sampai pulang sekolah tetep pake baju princess Elsa, cuma ganti kerudung aja. papanya motoin waktu Alisha lagi belajar ama temen-temennya. Kliatan banget anaknya hepiiii…alhamdulillah….Dan yang ga disangka-sangka adalah, ternyata beberapa temennya ada yang ngasi kado plus ucapan selamat. Pulang ke rumah, bawa setumpuk kado. Serasa ulang tahun deh.

b1

50 Responses to “Acara Syukurannya Alisha”

  1. dani says:

    Waaah. Meriah banget acaranya Mba vera. Kagum sama Alisha. Selamat ya Alisha.. semoga semakin semangat ngajinya. Terharu lihatnya..

  2. arman says:

    congrats ya alisha…
    keren sampe ditandu keliling sekolah pula. bener2 jadi princess nih :)

  3. fitri3boys says:

    Alisha..selamat ya, ih heubat bgt euyyy

    Acaranya meriah sekali ya…tob deh ..

  4. Lieshadie says:

    Wah selamat ya Alisha…semoga makin solehah…

    Meriah sekali khatamanya…ikut seneng liatnya.

  5. Arif Roziqin says:

    wah meriah banget nih gan acara syukurannya, semoga si alisha jadi anak yang baik ya gan dan berbakti pada ortu dan agama serta bangsa amin :)

    salam kenal ya gan & salam hangat dari palembang

  6. Eka Fikry says:

    Keren euy Alisah…masih kecil sdh Khatam Alqur’an. Selamat ya adek cantik… foto-fotonya bagus..dan blongnya juga cantik, mbak…

  7. Nina says:

    Alhamdulillah…selamat ya nak….smoga slalu menjadi anak salehah mamah vera…

  8. Nunu El Fasa says:

    Keren alisha. Masih tk udah khatam quran

  9. Zizy Damanik says:

    Ahh… Ikut terharu bacanya.
    Alisha kamu hebat sekali. Acaranya pun meriah, ini pasti akan berkesan terus sampai Alisha dewasa.
    Selamat yaa…

  10. darmanto says:

    Alhamdulillah.. Subhanallah.. Lucu juga ya.. memang betul bu Vera, hal itu akan menjadi kenangan indah buat nanda Alisha.. Dia akan bangga punya ortu seperti Bu Vera dan Papanya.. dan pastinya, insya Allah, dia akan memberikan yang terbaik pula buat kedua ortunya.. dunia dan akhirat insya Allah.. :) aamiiin

  11. Susanti Dewi says:

    waah… senangya… seru ya, kalo di sekolah diadain acara yg seru seperti ini jika khatam Al-Quran. Acaranya benar2 meriah :)

  12. HM Zwan says:

    wow,baarokalloh alisha…..seru banget acaranya^^

  13. Pungky KD says:

    aku ikut terharu mbak….wah hebat ya Alisha, masih TK sudah khatam Al Quran makin sholehah ya nak…

    Selamat ya…Alisha…. πŸ˜‰

    • Vera says:

      Makasih ya…

      Iya lebih baik dr kecil udah diajarin ngaji, anak kecil gampang banget ngertinya. Hafalan surat jg lebih hafal. Sama kayak ngafalin lagu, cepet hafal…

  14. entik says:

    huhu…jadi terharu liat video alisha baca an-naba..
    semoga jadi solihah ya
    seneng liat acara khatamannya meriah dan seru…

    • Vera says:

      Makasih ya :)

      Hafalan surat dg modal cd murrotal aja, tik, sebulanan ini rutin aku puterin di mobil. Jd sepanjang hari klo lg di mbl diulang2 aja denger lama2 hafal. Udah gt alisha kan belom diajarin tajwid tp dr dia denger murotal itu otomatis bacaannya kayak udah bener tajwidnya, mana yg mendengung mana yang mesti panjang banget dibacanya

  15. De says:

    Alishaaa … pinter banget sih kamu, nak

    Udah nonton videonya, ibunya lebih tegang dari anaknya hahahaha

    Baju Alisha kek princess deh. Cakeeb

    • Vera says:

      hihi emaaang iya emaknya deg degan bin muleess takut cateringnya belom datang lah, takut tetiba ujan lah, takut alisha nya tetiba lupa ama hafalannya lah..haduuhh dasar emak parno wkwkw

  16. Putri says:

    alhamdllh…..akhirnya semuaberjalan dengan lancar ya bu

  17. Keke Naima says:

    selamat, Alisha. Alisha mirip banget sama Vera kalau lagi dikerudung :)

  18. Lah itu masjid Jaka Permai ya? haha wah selamat yah Alisha keren euy kecil kecil uda khatam :)

  19. Duh…Alisha ini keren sekali siiiih…
    Baru TK udah bisa khatam ajaaaaa :)

    dan tjantik sekali itu pake tiara dan baju princess nyaaaa πŸ˜‰

    Selamat yah Veeer…pasti dirimu bangga banget deh sama Alishaaa :)
    Aku aja bacanya ikutan seneng deh :)

    • Vera says:

      iya teh, terharuuu banget dan bangga. secara aku aja dulu khatam quran pas udah gede. Ini alisha semanget ngajinya, seharinya minimal 5 lembar dan anaknya tampak menikmati banget, tanpa disuruh2

  20. Indi Sugar says:

    Selamat ya, Alisha. Cerdas sekali! Lucu banget kostum Elsa nya. Btw, tanggalnya sama kaya ultah bapakku lho, hihihi :)

  21. Kereen Alisha.. masih 8 tahun sudah khatam Al-Quran. Semoga dengan syukuran ini ALisha lebih semangat baca Qurannya ya Mak :)

  22. Lidya says:

    Princess Alisha cantik deh Selamat ya sudah khatam

  23. desi says:

    Selamat Alishaa…pinter banget deh.. πŸ˜‰
    aku juga baru tau ada acara tasyakuran khatam quran begini. Alisha keliatan seneng banget … :))

  24. Subhanallah….Alisha hebat banget…
    semoga menjadi anak sholehah yaa
    btw Alisha belajar ngaji sejak umur berapa ya?
    kalo Samara sekarang masih iqro :)

Leave a Reply

About Me
Vera, mamanya Azka dan Alisha. Dilarang copy isi tulisan dan foto di blog ini tanpa seizin pemilik blog ini. Email: pus_vera@yahoo.com
Archives
Label
Diary Azka dan Alisha