Assembly dan Market Day

Tiap tahun di sekolah Azka ada acara puncak tema. Khusus kelas 3 ini acaranya adalah assembly dengan tema budaya daerah, juga pelaksanaan market day di hari lainnya.Kelas Azka kebagian assembly tanggal 16 April kemarin, dengan tema Sulawesi. Sementara Market day dilaksanain tanggal 17 April. Untuk tanggal 16 April, barengan dengan kelas lain yang temanya Sumatera. Tanggal 17 nya gantian, kelas lain assembly dengan tema Jawa dan Kalimantan.

Di acara assembly ini, anak-anak akan tampil di hadapan para ortu. Ada yang menari, main musik, seminar expo, presentasi budaya, dan lain-lain. MCnya pun anak-anak. Mereka latihan ga sampe sebulan. Sementara para ortunya juga dilibatkan, ngurusin hiasan-hiasan di aula sekolah sesuai tema, lalu juga menyiapkan sajian makanan khas daerah sesuai tema. Mayan deh gara-gara acara ini, jadi makin akrab bin ikrib ama para ibu-ibu. Yang tadinya cuma tau nama dari daftar kontak ato dari daftar anggota grup, sekarang malah udah hafal wajah dan bisa ngobrol. H-1 kita ngumpul di aula, mendekorasi dan menyiapkan tempat makan.

Untuk menu makanannya sendiri, kelasnya Azka menyajikan menu-menu ini nih:

PRINT BESAR (KAMIS)

PRINT BESAR JUGA (KAMIS)

print 3

print 6

PRINT KECIL (KAMIS)

PRINT KECIL JUGA

PRINT KECIL AJA

Hari-H, pagi-pagi kita udah datang ke sekolah. kebetulan pak Suami bisa ijin cuti. itupun gegara sang anak sorenya nelpon gini, “Pa, besok papa datang ke sekolahku ya, lihat persembahanku. Papa cuti ya Pa…” padahal sang istrinya dari beberapa hari sebelomnya udah nyuruh cuti di tanggal itu, tapi jawaban pak suami: “Emang penting banget? wajib datang?” Ya gitu deh…..ngerti banget sih kalo kerjaannya sibuk banget. tapi kalo bisa ditinggal sehari aja demi liat perform anak, kan yang seneng anaknya juga kan..kan? pasti buat Azka akan berkesan banget, liat Mama Papa adeknya datang liat dia tampil. Kliatan juga dari wajah Azka yang seneng banget.

Ini dia foto-foto assemblynya….

a1kesibukan di pagi hari

a2Alisha hari itu bolos sekolah demi liat penampilan kakaknya 😀

a3Acara dimulai dengan penampilan team marawis

a4Azka dan teman-temannya

a5Memainkan Biola

a6persembahan tarian Sumatra

a7seminar expo

a8persembahan tarian Sulawesi

a9Menikmati sajian makanan khas Sulawesi dan Sumatra

Setelah acara selesai, anak-anak dan para ortu dipersilakan mencicipi hidangan makanan, minuman, kue-kue khas Sulawesi dan Sumatra. Dari kelas sebelah yang tema Sumatra, menunya ada sate padang, roti jala plus kare ayam, pempek palembang, tekwan, rendang dan ayam pop, kue ketan srikaya, bolu gulung meranti, bika ambon, onde-onde padang, dan lain-lain.

Dan para ibu-ibu panitia yang gak kalah narsisnya…dengan dresscode rok hitam, baju orange dan kerudung hijau…

a10

Esok harinya, giliran market day. Sementara 2 kelas lainnya assembly dengan tema Jawa dan kalimantan. Market day ini anak kelas 3 bertugas sebagai penjual. Tiap anak udah dapat tugas membawa barang dengan harga maksimal 30 ribu. jenis barangnya udah ditentuin guru. Azka kebagian bawa alat tulis. Lalu tiap anak udah dibagi-bagi tugasnya. Ada yang bertugas menjadi satpam, kasir, money changer, pramuniaga, supervisor dan lain-lain. Nanti para pembelinya kelas 1 sampai kelas 6. Sehari sebelumnya pihak sekolah mengirim sms online agar para murid membawa uang secukupnya untuk membelanjakannya di acara market day kelas 3.

Alhamdulillah jualannya laku semua..laris manis. Dan setelah dihitung perolehan penjualan dan modalnya, tiap anak ternyata mendapat uang 55 ribu. Jadi keuntungannya 22 ribu per anak. hihihi…mayaannn…anak-anak jadi ngerti arti jual beli. kebetulan materi IPS term 4 ini tentang Jual Beli dan Uang.

Ini dia suasana di market day…

market 1

market 2

11 Responses to “Assembly dan Market Day”

  1. Keke Naima says:

    Azka, keuntungannya dipake buat apa, nih? hehe

  2. arman says:

    seru acaranya… iya kalo anak perform, kudu disempetin dateng ya. anak2 pasti seneng. kita juga bangga kan ya… :)

    aduh itu coto makassar nya bikin ngiler… hahaha

  3. Lidya says:

    mama-mamanya juga ikutan narsis ya. makanan khas managa keluar semua ya ver

  4. acaranya mantab, kretaif dan mendidik ya vera..

    Azka pasti senang ya, komplit formasi hadir untuk azka.

    kenapa jadi ngiler liat makanan2nya itu (hadeuuh beduk bentar lagi kan ya)

  5. IndKur says:

    Huaaa….gw kok ngeces semua sama foto makanan yang loe pajang, Ver.
    Itu pada beli apa ibu-ibunya yang masak sendiri ? *liat Vera dan pamflet ketringan*

    Mas Bagus lempeng banget ya, Ver…hahaha

  6. Pypy says:

    kue Apang itu kalo di Manado namanya Kopi-kopi ;p

    Seruu yah mba Ver ada acara begini.. Bener jadi makin akrab ibu2nya.. Dan py ngiler liat nasi kuning ma balapis nya.. Ahh..

Leave a Reply

About Me
Vera, mamanya Azka dan Alisha. Dilarang copy isi tulisan dan foto di blog ini tanpa seizin pemilik blog ini. Email: pus_vera@yahoo.com
Archives
Label
Diary Azka dan Alisha