Bag.3 dari 3: Cerita di Mekkah dan Jeddah

Lanjutan dari sini dan sini…

Miqot di Mesjid Bir Ali

a1sudah berpakaian ihrom

Rombongan kami meninggalkan hotel sekitar jam 3 sore dengan berpakaian ihrom. Sediiih rasanya meninggalkan kotanya baginda Rasul. Mudah-mudahan suatu saat bisa kesini lagi. Kami sampai di mesjid Bir Ali (Bir artinya sumur), lalu sholat dulu di sana dan foto-foto. Untuk laki-laki hanya boleh memakai dua helai kain, serasa kain kafan aja ya….sementara buat perempuan sih bebas bajunya, tapi kami selain dapat seragam batik dari travel, juga dapat seragam putih baju ihrom. Setelah itu masuk bis dan mulai membaca niat umroh dipandu ustadz Hamdan.

Kalo udah mengucap niat dan berpakaian ihrom, banyaaakk pantangannya. Kalo dilanggar harus bayar dam/denda. Jadi mesti bener-bener diperatiin ya, terutama soal memakai wewangian. kejadian tuh waktu singgah di salah satu mesjid dalam perjalanan ke mekkah, ada salah satu anggota rombongan yang abis dari toilet trus pake tissu basah yang wangi. Sementara kan salah satu pantangannya ga bole pake wewangian. kena deh tuh mesti bayar…entah berapa kenanya. Setauku ya dendanya kayak bayar seekor kambing, tapi ga tau juga itu sesuai jenis pelanggarannya apa ngga. Aku selama pake baju ihrom juga jauh-jauhin deh antis, tissu basah, lip balm. Apa aja pantangan selama ihrom, browsing sendiri lah yaw…

Selama di bis, kami mengucapkan kalimat talbiyah…Labaik Allahumma Labaaik, labaaik Laa Syarika Laka Labaaik Inal Hamda Wan Ni’mata Laka Wal Mulka La Syarikalah …rasanya mengharuuu biruuu….inilah acara utama perjalananku jauh-jauh datang dari Bekasi. Prosesi umrohnya sendiri cuma sebentar ya. 1 hari juga selese. Ambil niat dulu di tempat miqot, lalu sampai di masjidil haram melakukan tawaf 7 keliling, lalu sai 7 keliling, tahalul alias potong rambut..udah deh selese. Tapi paket perjalanan umroh itu dibikin 9 hari plus perjalanan ya mungkin biar sekalian napak tilas sejarah dulu rasul mengajarkan islam, membangun mesjid, pergi ke tempat-tempat bersejarah.

Perjalanan dari Madinah ke Mekkah memakan waktu 7 jam. sampai kota mekkah jam 10 malam, tapi agak macet menuju hotelnya, soalnya kan kita datang malam jumat, kalo di Arab hari libur itu Jumat, jadi kalo kamis malam orang-orang pada keluar..rameee deh di jalanan. Sempet kaget juga liat kota mekkah, crowded ya ternyata. Beda ama madinah yang cenderung sepi.

Sampai hotel Mubarok Plaza (di luarnya tulisannya Mubarok Internasional), kita makan malam dulu. Sempet aku kepengen sate padang….eh sampe Mekkah, makan malamku ternyata menunya rendang daging hahahha nyaris lah ya mirip ama keinginanku. kalo sambal di hotel sebelomnya serasa saus tomat ga ada pedes-pedesnya, nah di mekkah ini ternyata sambal yang disajikan nendang banget. Masakannya enak-enaakkk…semuanya menu indonesia dan cocok di lidah. Ketemu tempe ama tahu plus kerupuk. Selese makan, pembagian kamar. Awalnya aku pikir, hotel di Mekkah pasti ga senyaman di Madinah, pasti deh jadul banget, gak kayak di Madinah. Soalnya beberapa temenku yang pernah umroh pasti bilangnya gitu. Ternyata dugaanku salah. Sejak awal aku banyak berdoa, supaya apa yang aku rasakan selama perjalanan ini semuanya baik dan terasa nikmat. Alhamdulillah terkabul.

a2lobby hotel

a3eyang siap-siap melaksanakan umroh

Perasaanku dari sejak di hotel sampe jalan ke masjidil haram rasanya ga karuan. Ya ga sabar pengen cepet-cepet liat ka’bah, deg degan serasa mau ketemu sapaa gitu, perut muleeess kayak mau diuji sidang skripsi ama dosen. Campur aduk. ternyata mas Bagus juga ngerasain hal yang sama. Cuma eyang aja yang kliatan lebih tenang. Awalnya kita nanya nih ama eyang, perlu sewa kursi roda gak buat pelaksanaan umroh, soalnya kan katanya jauh jaraknya. Eyang bilang ga usah, insya Allah kuat. Sampai di mesjid ampir tengah malam, aku ga bawa tas, dompet, hp. Bener-bener pengen khusyuk melaksanakan umroh yang pertama.

Pertama kali liat ka’bah, jantungku masi deg degan, belom ada perasaan yang gimanaaa gitu. Antara sadar ga sadar, namanya juga baru datang dari tempat jauh, belom tidur, trus kesanku pertama kali liat, waahh ternyata besar dan tinggiiiii. Selama ini aku pikir bangunannya kecil. Sampai baitullah kita langsung tawaf, dipandu 2 orang ustadz. Posisi kita ga boleh menghadap ka’bah. Posisi ka’bah harus di samping pundak kiri kita. Sesekali sambil komat-kamit ngikutin doa dari pak ustadz, aku melirik ka’bah sambil berguman..”ooohhh ini ternyata ya…yang selama ini aku liat di tv, liat di sajadah, liat di gambar…sekarang aku dekeeettt banget….” mulai deh kepengen nangis tapi aku tahan-tahan demi konsentrasi ngikutin bacaan doa dari pak ustadz yang kadang kedengeran kadang engga. Sesekali nyontek aja dari buku panduan yang dikalungin ke leher. Suasana malam itu penuuuhh, nyaris desek-desekan. ternyata ya, kehebohan berita virus mers ga ngehalang orang-orang pergi umroh. tetep aja penuh sesak. Tapi selama aku di Arab, ga denger apa-apa sih soal virus mers, sepi-sepi aja ga seheboh di Indonesia beritanya.

Selese tawaf, kita sholat sunah tawaf dua rakaat, lalu pak ustadz mempersilakan kita berdoa. Posisi kita waktu itu ga jauh dari maqom ibrahim. salah satu tempat memanjatkan doa yang insya Allah mustajab. Kesempatan itu gak aku sia-siakan. keluar deh semua permohonan ampun bla..bla…sampai akhirnya aku menangis sesegukan. Dalam pikiranku saat itu ya cuma kepengen minta ampun aja, belom ada permintaan apalah…saking banyaknya dosa selama ini. Lalu aku mohon maaf ama eyang, lalu mohon maaf ama mas Bagus. Sampai ke tempat sai rasanya nangisnya ga berenti-berenti. Aku juga mohon ampun atas dosa-dosa kedua orang tua, sanak sodara, kerabat, teman, dan lain-lain.

Selesai sa’i dan tahalul, selese deh ibadah umroh kita. Alhamdulillah. 1 rombongan kuat semuaaa…dilancarkan semuanya. Termasuk eyang nih..hebaatt juga 3 jam nonstop ibadah ternyata kuaat padahal kurang istirahat. Jam menunjukkan pukul 3 pagi. Pak ustadz menyarankan kita kembali ke hotel, istirahat. Tapi kebanyakan sih maunya tetep di mesjid aja, sholat tahajud, tilawah, sampai nunggu subuh. Pahala ibadah di sini 100 kali lipat dari di mesjid nabawi. kalo kemaren sholat di mesjid Nabawi pahalanya 1000 kali lipat, nah di masjidil haram 100.000 kali lipat. Terjawab sudah..kenapa orang-orang selalu kepengen ke sini lagi..ke sini lagi.

Hari Jumat acara bebas dari travel. memperbanyak ibadah aja. Aku juga gak lupa bacain titipan-titipan doa dari temen-temen dan sodara di depan baitullah. Semua yang udah nitip doa, udah aku laksanakan amanahnya ya.  Masjidil Haram ini unik ya, kiblatnya jadi beda-beda kalo orang sholat. semuanya menghadap ka’bah jadi serasa kayak bikin lingkaran. Aku sebisa mungkin cari tempat yang ngadepnya ke multazam. Kalo di sini kayaknya mendingan bawa sajadah terus soalnya ga semua lantainya berkarpet. Air zam zam ada di mana-mana, gratis. Sendal yang aku bawa juga selalu aku simpan di tas sendal, aku taro di samping kaki kalo sholat. Tas kecil yang dari travel aku taro di depan. Di masjidil haram ini ga ada askar yang meriksa tas, ngatur shaf. Trus aku liat juga orang-orang bebas makan. Ada yang asyik makan kurma, ada yang bagi-bagiin kurma, pernah juga ada yang bagi-bagiin roti. Ada juga yang berbaik hati membagi-bagikan air zam zam (ceritanya diambilin, buat orang yang selese tawaf kan cape tuh panas-panasan).

a7di halaman mesjid

a8suasana di halaman mesjid setelah bubaran sholat maghrib

a9nikmatnya tawaf berdua pak suami, bergandengan tangan

Biasanya aku ama mas Bagus diem di mesjid ga balik ke hotel, sejak sholat ashar ampe isya. Eyang sholat di hotel, udah cape. paling eyang ikut ke mesjid yang sholat subuh ama dzuhur. Nah kemana-mana jadinya aku pergi berdua mulu doong..uhuuuyy serasa pacaran. Jeda dari tiap waktu sholat biasanya kita janjian ketemu di halaman mesjid deket tiang lampu, trus gandengan tangan jalan ke mall abraj al bayt. Entah itu ke mall cuma mau numpang pipis (di mall toiletnya bersih dijamin ga ketemu si golden banana hihihi) ato ke lantai dasar, ke bin dawood liat-liat doang trus dibelinya ntar kalo udah mau balik ke hotel. Sempet juga videoin suasana lift bening di mall. Sapa lagi kalo bukan buat Azka, yang sampe detik ini masi tergila-gila ama lift bening.

Gimana perasaanku ninggalin anak-anak? ini pertama kalinya aku ga tidur bareng mereka, pertama kalinya juga ninggalin mereka berhari-hari. Tapi entah kenapa ya hati ini rasanya plong aja ninggalin mereka, enggak ngerasa khawatir ato gimana. Palagi Azka selama aku tinggal kan musim ujikom mulu tuh ama banyak PR, paling kalo skype-an ato nelpon, aku ingetin jangan lupa baca buku, PR udah dikerjain apa belom. Alisha tanggal 29 Mei nya ada acara tasyakur khataman di sekolahnya dan pembagian piala buat yang udah khatam, terpaksa didampingin kakek neneknya. Trus aku dikasi fotonya…ini dia…

a4keliling naik delman

a5diantar nenek ke acara tasyakur khataman

a24dapat piala khatam iqro

Hari sabtu city tour Mekkah dan umroh badal

Sabtu pagi seabis sarapan, kumpul di lobby. Yang perempuan yang mau umroh ke dua, udah pake baju ihrom. Yang laki-laki kain ihromnya dibawa di tas. Sarapan pagi itu menunya nasi goreng beserta konco-konconya hihihi…yummmmii…

a6

Di dalam bis, aku malah ngantuk berat, ga gitu denger apa yang lagi dijelasin pak ustadz. Emang sih selama di sini kan tidur malam itu dikiit banget. Jam 2 pagi aja kadang telpon kamar udah bunyi aja, diajakin temen serombongan ke mesjid, padahal kita baru pulang dari mesjid aja udah tengah malam juga. Tapi bisa jadi juga aku ngantuk gegara kebanyakan sarapan hihihi…makannya nafsu banget.

a10tuuuuh kotak snacknya buat nemenin city tour

Di bis juga disedian snack box. enyak-enyaakk kue-kuenya. dan selalu ada si croissant ama minuman kotak orange. Aku udah liat di Bin dawood itu si croissant merk 7 days ternyata isiannya banyak pilihan. Udah niat mo beli buat oleh-oleh ah. Harganya murceee sebijik SR 1. Tapi kalo di jeddah harganya SR 2, padahal kan buatan Jeddah ya kok malah lebih mihil.

a11enakkkk bin murce

Tempat yang kita kunjungin adalah Jabal rahmah. Tempat ketemunya Nabi Adam as dan sitti hawa setelah terpisah selama 40 tahun. Aku pernah punya keinginan, kalo ke Arab pengen foto deket unta yang ada hiasannya itu loh. Alhamdulillah kesampean.

a1

a13moga kita langgeng bahagia selamanya ya Pa…

Trus juga ke tempat padang arafah kalo musim haji nanti. Dikasi liat tenda-tendanya. Duuuhhh ngeliat ini aku jadi makin makiiinn kepengen dipanggil haji. lama amaaat siiy antriannyaaah.

a14

Di kasi liat juga tempat gua Hira, pertama kalinya rasul mendapat wahyu. Ga turun sih apalagi naik ke atasnya. Cuma dikasi liat dari dalam bis. Soalnya ngejar waktu.

a12

Umroh ke dua, miqot di mesjid Ji’ronah

Umroh kedua ini sifatnya ga wajib. Kebetulan almarhumah mamaku dulu semasa hidupnya pernah punya keinginan pergi ke Mekkah. Ya udah deh, umroh badal ini buat almarhumah mamaku. Sampai di mesjid Ji’Ronah, sholat. Yang laki-laki yang mau umroh lagi, ganti bajunya jadi pake kain ihrom lagi. Lalu di bis kita sama-sama mengucapkan niat umroh badal dipandu pak ustadz. Yang ga ikutan umroh lagi ga ikut ngucapin niat. Eyang termasuk yang gak ikutan lagi. Lalu perjalanan menuju hotel. Makan siang dulu baru kumpul di lobby.

Setelah semua kumpul, kita masuk ke mobil van sewaan. Kira-kira ada dua pertiga dari rombongan yang ikut umroh badal. Ada juga sih yang udah umroh badal duluan hari jumat malam, sewa kendaraan ambil niatnya di mesjid Tan’Im. Tapi ga dipandu pak ustadz dari travel.

a15kumpul di lobby udah pake kain ihrom

Ternyata naik kendaraan dari hotel ke mesjid malah bikin kelamaan. Macett bok. Bukan Jakarta aja yang macet rupanya hihihi. Kita udah minta diturunin aja di jalan, mau jalan kaki. Tapi kata pak sopir gak boleh. Ya udah deh sabaar. Bukannya apa-apa, soalnya jam udah nunjukkin ampir jam 3, bentar lagi kan waktunya ashar, jadi yang tawaf biasanya dihalau karena tempatnya mau dipake sholat. Lalu kita turun tapi di samping mesjid, bukan di pintu no.1. Kata pak ustadz, kali ini kita mau tawafnya di lantai 2, biar kalo udah mepet masuk waktunya ashar, aman ga diusir. aiihh seru juga nih ngerasain tawaf di lantai 2. Ternyata ademmm dan lengaaang. Mestinya ini tempat buat yang pake kursi roda kali ya? entahlah…ada 3 lantai tapi lantai ke 3 belom selese atapnya jadi panas. Enaknya lengang, suara pak ustadz jadinya kedengeran jelas, malah ga kerasa tau-tau udah 7 putaran. Trus juga dari situ ke tempat sai juga dekeett banget. Waktu sai putaran ke dua barulah kita berenti, mau sholat ashar dulu. lalu lanjut lagi. Mungkin gara-gara break sholat, sai nya jadi ga berasa cape, tau-tau udah selese. alhamdulillahhh umroh badal buat almarhumah mamaku terbilang sukses…mudah-mudahan diterima. Umroh kedua ini juga aku ama mas Bagus lebih santai, gak deg degan. Kita juga bawa tas ama kamera hihihi…

a16

Selese umroh badal, kembali ke hotel tapi melipir ke Bin dawood dulu beli oleh-oleh. iyaaakk betuull cuma di Bin dawood belanja pake baju ihrom wkwkwk. Soalnya hari minggu kita udah ninggalin kota mekkah. Hiks..hiks…

a17menuju hotel nenteng belanjaan

Di Bin dawood beli oleh-oleh kesukaan anak-anak, coklat-coklatan plus kurma ajwa. waktu di kebun kurma aku ga beli kurma ajwa soalnya males sih ga dikemas dan ga ada expired datenya. kalo belanja mendingan di Bin dawood aja udah dikemas cantik, ada expired date.

a19haduuhh ini enaakk banget, azka alisha doyan. Murce pulak SR 1 yang isi 2 finger, SR 2 yg 4 finger

a20kurma ajwa dan coklat isi kurma dan almond

a22coklat susu dan coklat batu request azka dan alisha

a23biskuit isi selai kurma, request azka dan alisha juga. di kebun kurma SR 10, di bin dawood SR 6

Tawaf wada

Jam 2 dini hari kita udah disuruh kumpul lagi di lobby. Koper-koper udah dikumpulin. Semua anggota rombongan jalan menuju baitullah….tawaf wada alias tawaf perpisahan. Sediiihh rasanya…secepat ini mau berpisah..masi belom cukup..masi pengen berlama-lama di sini.

Koperku ama koper mas Bagus ga beranak pinak nih. Koper Eyang juga gak beranak tapi ada tambahan bagasi, oleh-oleh sekardus hihi..maklum sodaranya di Jogja bejibun.

Selese sarapan, cek out, lalu masuk bis. Bye mekkah almukaromah….semoga aku dan suami bisa ke sini lagi dalam rangka haji. aamiin ya rabbal ‘alamin.

Jeddah

Jarak dari mekkah ke jeddah gak terlalu jauh. 1 jam kemudian sampai. Seperti biasa, dapat snack box lagi. isinya ada croissant lagi. Di jeddah kita ditunjukin mesjid deket hotel red sea, biasanya di mesjid itu suka dipake buat hukum pancung.

Kota jeddah kayak kota tua gitu ya, ga ada modernisasi, bangunannya juga bangunan lama. Dikasi liat juga makamnya siti hawa. panjaaang banget.

a25bangunan tua di Jeddah

a26yang merah kayak kereta api itu makamnya Sitti Hawa. panjang bener ya..

Lalu kita diturunkan di tempat belanja namanya al balad dan corniche. Aku sempet turun, liat-liat tapi ga belanja sama sekali cuma nanya-nanya harga aja buat pembanding. tetep deh juaranya bin dawood ajaaah kalo mau cari oleh-oleh makanan. Kalo oleh-oleh souvenir, kerudung, sajadah kayaknya mending di madinah. Uniknya, semua toko di Jeddah ini nama belakangnya pasti ditambahin kata “murah” misal toko Ali Murah, toko kamal Murah. Padahal harganya ga murah.

a28

a29suasana pertokoannya..kumuh dan jadul

a30suasana kota Jeddah

Setelah itu kita naik bis menuju mesjid apung di deket laut merah. Makan siang di sana dan sholat. beberapa temenku pake ditawarin ibu-ibu yang jualan henna, sekalian dihias tangannya. Aku sih nggak, malah ngadem di bis aja. Ditawarin foto-foto ama mas bagus di mesjid apung, ogah. Capek, ngantuk, panas. Mulai deh ada perasaan pengen cepet-cepet pulang, udah kangen ama si bocah dua yang lucu dan ngegemesin.

a27suasana mesjid Apung dan laut merah

a31

Lalu ada pengumuman, kita mestinya kan pulang ke tanah air dari jeddah di bandara internasional kayak tempo hari, tapi ternyata dialihkan ke bandara haji jeddah. Crowded banget deh di sana. gak kebayang aku kalo bawa Azka Alisha kayak apa. Kita aja di sana kayak pemudik yang terlantar. Antrian bagasi penuuuuh banget. Pesawat berangkat jadwalnya jam 16.30, ini jam 16 masi antriii bagasi, sodara-sodara. Tapi abis itu untung juga dibolehin masuk akhirnya. dan pesawatnya juga delay 30 menit.

Ada kejadian yang mendebarkan waktu mau siap-siap naik bis bandara menuju pesawat. Ada salah seorang anggota rombongan yang kehilangan paspornya. Padahal kita udah mau dipanggil. Wahh..kontan deh kita semua sibuk nyariin paspor. Mulai dari tempat antrian masuk yang paspornya diperiksa, ga nemu, di ruang periksa perempuan juga ga nemu. Akhirnya sepakat kita geledah tas masing-masing sapa tau nyelip. bener aja, ada di tas ibu-ibu lain. Rupanya waktu pemeriksaan di ruang khusus, kita yang cewe kan diperiksa sambil nenteng tu paspor, nah si ibu itu naro paspornya di meja trus melenggang santai ninggalin ruangan. Sementara itu, ibu-ibu di belakangnya juga naro paspor, tapi dia inget, mesti ambil lagi. di meja dia liat ada dua paspor yang tergeletak. Tanpa periksa-periksa, dia ambil deh tuh dua-duanya, dipikirnya yang satu punya suaminya. Alhamdulillah…akhirnya ketemu…entah gimana kalo ga ketemu…

Perjalanan menuju Abudhabi alhamdulillah lancar walopun sempet ngalamin kejadian ga enak. Sampe Abudhabi jam 9 malam dan kita mesti transit dulu 6 jam. Tadinya aku pikir bakalan boring deh nungguin selama itu. Gak taunya malah gak kerasa. Abis sholat di mushola bandaranya yang bersih, yang lainnya pada tidur di kursi yang ada selonjoran kakinya. Aku ama mas Bagus jalan-jalan berdua keliling-keliling bandara, trus nongkrong di Burger King hihihi tengah malam ngobrol berdua sambil ngemilin burger serasa dunia milik berdua.Trus beli coklat-coklatan, ngabisin uang dirham. Perjalanan ke Jakarta juga lancaarrr alhamdulillah….semuanya menyenangkan.

PS: selama umroh  ini aku dan suami pake simpati paket umroh 200 rebu buat 9 hari, bisa telp, sms, bbm

26 Responses to “Bag.3 dari 3: Cerita di Mekkah dan Jeddah”

1. alhamdulillah..senang bacanya critanya komplit banget ver..

2. dian sigit says:

Selesai baca cerita umrohnya, crtnya detiilll bgt deh mba…aku byk yg ke-skip deh nulisnya.. snack yg isinya roti2an tu enak2 yaaaa aku sampe beli sebungkus gede dibawa pulang XD
    Ooh yg di jeddah ngga nginep yaa lsg ke airport via abudhabi, oke deh inshaAllah taun depan ditunggu crt Hajinya yaaa ^^

• Vera says:

iya Dian, di Jeddah ga pake nginep, lgsg transit ke Abu Dhabi pake etihad.

Tosss ah di marih juga pada suka ama snack2nya. Ada juga snack yang lain tapi keburu ludes ga sempet difoto xixixi…namanya Kat Kat Kat

3. Evi says:

Masjid apung itu, duh indah nian, Mbak. Sekalipun halamannya gersang, tak kelihatan tanaman palem-paleman, tetap saja mengundang kerinduan untuk berlama-lama duduk di sana ya 🙂

4. Pitaloka says:

Alhamdulillah lancar semuanya ya….senang dan terharu bacanya…makasiih titipan doa2ku sudah dibacakan disana ya. Semoga terkabul bisa kesana juga….senangnya ya bs umroh berdua suami.

5. Ummu Raisah says:

Alhamdulillah…….mabruroh dah bu hajjah…..mateng dah persiapan haji nya…. ^_^ *kok ana baca tulisan ente jadi pengen umroh lagi, mw ke bin dawood beli 7 days yg isi coklat…qqq…ga sopan ya niatnya*

• Vera says:

haiyaahh kalo ummu mah tinggal nyuruh anak buah aja beliin ini itu ono anu di bin dawood trus kirim ke jakarta..namapun bos travel haji dan umroh wkwkkw…ntar aku nitip yaaakk *kedipin ummu dengan mesraahh*

6. De says:

alhamdulillah diberikan kemudahan dan kelancaran ya ver.

Smoga saat balik kesana untuk ibadah Haji juga mendapatkan nikmat yang sama. Amin

7. Lidya says:

pasti nangis ya pas dikirimi foto anak2

• Vera says:

nah justru itu anehnya, waktu di sana malah ga inget anak2…hihihi…fokus ama ibadah aja. Tau-tau udah mau pulang aja, ga kerasa. Dikirim foto juga ya biasa aja. Mulai ngerasa kangen berat ya waktu perjalanan pulang ke tanah air. Berarti misiku latihan ninggalin anak-anak buat haji ntar berhasil hihihi…cuma alisha kmrn sempet berdoa, “Ya Allah…semoga mama ga umroh lagi..” haduuhh kok doanya malah begitu

8. ani says:

Mba Veraa..seneng bgt baca cerita lengkapny..jadi inget lg smua detail2 umrah kmrn & makin pngennn balik ksana lg..smg bs ksana bareng lg y mb 🙂

9. febrie says:

jadi ikutan terharu kak, kapan aku kesana yaa T-T

10. Dani says:

Hiks. Pengen ke sana. Pengen ngajak orang tua juga. Beneran mewek ini bacanya Mba Veraaa..

11. Waaah Alhamdulillah ya menjalankan umrah dengan lancar dan suasananya mengesankan sekali. Salam Kenal

12. Wah abis umroh yah……seneng bacainnya semoga bisa suatu hari menyusul kesana juga hehe 🙂

13. Subhanallah mbak,,,keren banget perjalanannya,,aku pengen ke situ juga mbak,,,belum pernah kesitu,,,