Archive for the ‘Puasa’ Category

Lebaran Sebentar Lagi

Friday, July 25th, 2014

Gak kerasa..hari senin besok udah lebaran aja. Trus..trus besok sabtu, kita mudiiiiks dong. Anak-anak udah ga sabaran banget, ampir tiap hari ngitung mulu kapan sabtu, pengen ketemu para sepupu dan eyang di Jogja. Kali ini kita mudik nyobain pake citilink, berangkat dari Halim. Mayan deh dekeett dari Bekasi. Mudah2an perjalanannya lancar-lancar sampe tujuan. Aamiin…

a10Alisha -masi tergila2 ama princess-

a11Princess Alisha

Hari Jumat ini, ada pak pos nganterin kartu lebaran. jadi kangen jaman belom ada HP, BB duluuu saban hari nungguin pak pos nganterin kartu lebaran…trus banyakan sapa kartu lebarannya antara aku ama adekku. Dulu tuh bisa dapetnya banyaakk dari temen-temen, karena emang suka tuker2an kartu. Sebelom liburan sekolah biasanya udah pada nulisin alamat buat dikirimin kartu. Seruuu pisan. Kalo sekarang dapat kartu lebarannya dariiii….ALISHA. yuppp…anak sekolah kan ama gurunya disuruh bikin kartu lebaran buat emak bapaknya. Biasanya Azka juga kirim kartu lebaran tapi kali ini ngga. Nah nanti para ortunya disuruh kirim kartu balasan ke sekolah, dialamatkan ceritanya buat anaknya masing-masing gitu lah. Trus waktu masuk sekolah, tu kartu-kartu dari para ortu, dipajang di dinding sekolah ama gurunya. taun kemaren dooongsss…aku kirim kartu lebaran pake kartu yang….beli jadi dan tanpa tulisan apa-apa, cuma tulisan SELAMAT IDUL FITRI yang mana udah tercetak dari sononya kaan. Ternyata oh ternyataaah sodara-sodaraaah…ortu lain pada bikin kartu sendiri. Trus ditulisin kalimat panjaaang-panjaaang…pake rangkaian doa seabrek-abrek buat sang anak. Pada kreatif deeh…ada yang pajang foto sekeluarga segala…hiks rasanya waktu itu pengen cabutin kartu punyaku deh.

a12kartu lebaran tulisan alisha

a13

Gimana puasanya anak-anak? alhamdulillaaahh lancar-lancar semua. Azka puasanya full belom ada yang bolong. Alisha juga full puasanya cuma bolong 2x, karena puasa sampe ashar. Aku kadang ngomong gini ke anak-anak:”kok pada kuaattt sih puasanya..emangnya ga laper..ga hausss gitu? mama dulu bisa puasa full umur 9 taun lohhh…ini Azka ama alisha belom 9 tahun udah hebaat deh…” abis itu aku dibully ama anak-anak wkwkwkw katanya mama cemeeenn..dulu puasanya ga kuat. “Ga makan minumnya kan cuma siang aja, Ma…kalo malam kan bebaaasss makan minum…bisa makan 3x.” Ya deehh..ya deeehh….trus aku sempet juga iseng bilang ama Azka, kalo azka tuh belom wajib loh berpuasa, kan belom akil baligh. Kalopun ga puasa, ga dosa. haiissshh ini mamanya kok nguji  mulu ya….untungnya anak-anak tetep keukeuh maunya puasa dan ga ngerasa berat sama sekali.

Kami sekeluarga ngucapin: Selamat idul fitri ya…mohon maaf lahir batin. Selamat berhari raya bersama keluarga tercintaaaa…

Puasanya Alisha

Friday, July 4th, 2014

Kalo dulu aku pernah nulis tentang postingan Puasanya Azka di sini, bulan Agustus 2010, nah kali ini aku mau nulis puasanya Alisha.

Berbeda dengan Azka, yang udah mulai dibiasain puasa sejak umur 2 tahun 10 bulan, dan bisa full sampe maghrib puasanya di usia 4,5 tahun, Alisha baru belajar puasa tahun kemarin di usianya yang 4 tahun 3 bulan. Itu pun aku masi suka ga tega bangunin Alisha buat sahur. Puasanya bertahap sampai jam sekian trus ditambah lagi jam sekian.

Puasa kali ini, aku udah bilang ke Alisha, ikut puasa ya, ikut sahur dulu. Alisha kliatan excited. Tapi aku masi ragu juga sih apa Alisha mampu nahan godaan puasa. Soalnya ni anak walopun makannya ga segampang Azka, tapi doyan ngemil dan bentar-bentar ngambil susu kotak di lemari. Sehari bisa 4-5 kotak. Puasa tahun ini Alisha umurnya udah 5 tahun 1 bulan.

Kami berpuasa hari pertama di hari Sabtu, lebih duluan sehari dari pemerintah.

Hari Sabtu, 29 Juni 2014

Alisha gampang banget dibangunin sahur. Kayaknya excited deh. Di rumah lagi ada Atha, sepupunya yang liburan di rumah kami. Jadilah kami sahur berlima. Seabis sahur, Alisha tidur lagi.

Jam 9 masi bobo, tapi dibangunin soalnya mau nganter Azka kontrol sunat. cuss berangkat ke Rumah Sunatan. Selese kontrol, kita ke dentist di Jakapermai, gigi geraham belakangku nyut-nyutan sekalian bersiin karang gigi. Ternyata antriannya lama. Selama itu, anak-anak di mobil ama papanya. jam 12 an selese, lalu begitu masuk mobil, rupanya Alisha ngerengek minta jus alpukat yang lagi jualan deket dentist. Ya udahlah aku pikir, Alisha kan masi belajar puasa, gakpapa buka puasa dulu abis itu lanjut lagi. Jadilah jam 12 an itu Alisha minum jus alpukat trus lanjut lagi puasanya.

Dari dentist, kita menuju mall. Alisha udah beberapa hari ini ngerengek minta dibeliin baju princess Anna. Aku udah browsing-browsing kok ya mihil2 amir itu bajunya yang dijual di online. Coba ah cari di Mega Bekasi kali aja ada. Ternyata ga ada. tapi Alisha kepincut ama baju model princess juga warna putih dan murmer pulak lagi sale…ya sutraaa bungkusss deh. Selama di mall, karena pemerintah belom puasa, jadinya orang-orang masi bebas makan minum. Alhamdulillah anak-anak ga tergoda. Abis itu lamgsung pulang.

Jam 4 sore Alisha mulai buka-buka kulkas. Nemu lah dia snack Choco Pie. Trus minta ijin pengen makan itu. aku rayu dulu, nanggung nih udah jam 4 sore, bentar lagi maghrib lohhh….Alisha akhirnya ga jadi makan choco pie tapi mulai rewel. Ya udah deh kita ajak main ke mall Grand Galaxy park (GGP) yang tinggal ngesot ga sampe 5 menit dari rumah. Pake baju princessnya yang baru beli dan belom dicuci hihihi.  Sekalian buka puasa hari pertama di sana. Begitu denger adzan dan kita bilang, udah boleh makan minum..wawwww alisha seneeeng banget. Tapi dia bilang gini, “aku puasanya hebaaatt ya….puasanya udah selesei kan? besok aku ga puasa lagi ya…” jiyaaahh dia kira puasa itu cuma sehari yak hehehe…akhirnya kita jelasin, kalo puasa ramadhan itu ya sebulan penuh. Awalnya dia kayak ketakutan gitu. Trus kita bilangin, jangan khawatir, kalo waktunya sahur dan sehabis maghrib, Alisha boleeehhh makan minum sepuasnya. Denger jawaban itu, Alisha keliatan lega.

Minggu, 30 Juni 2014

Bangun sahur masi semanget, duduk di meja makan, makan sendiri. abis sahur bobok lagi. Trus jam 9 kita bangunin lagi, mau kontrol terakhir ke rumah sunatan. sebenernya kontrolnya itu seharusnya cuma hari ke 3 ama 7, tapi aku kan manja hihihi jadi ampir tiap hari kontrol, minta suster di sana yang bersiin. Aku bawa Azka kontrol di hari ke 3 pasca sunat, trus hari ke 4, hari ke 6 dan 7. Soalnya kalo dibersiin ama aku kayak kurang bersih aja gitu. Mumpung deket dari rumah dan mumpung ga bayar. Alisha dooooongss hari itu minta pake baju princessnya lagi. Untung aja belom sempet dicuci. Di rumah sunat, Alisha sempet jatuh waktu main panjat dinding. Pipinya yang kanan jadi lebam terantuk pegangan panjat dinding. Seabis dari rumah sunat, kita ke pasaaarr tradisional. Abis itu alisha minta dibeliin mahkota princess. Ya udahlah ampir seharian itu muterin ruko di kompleks demi dapetin mahkota princessnya. Biasanya aku sering liat, entah kenapa kalo pas dibutuhin malah ga ada. Tapi akhirnya dapat juga, tapi belinya mesti 1 set, ada tongkat princessnya, ada sepatu princess, kalung, anting. Ya sudahlah…yang penting ni anak hepi. Harganya untungnya murmer.

Sorenya nyobain ke Bazaar Ramadhan di ruko depan kompleks. Salah satunya beli zuppa soup. Sampe rumah, jam 4, Alisha ngerengek minta zuppa soup. Ya udahlah aku kasi aja. Jadi hari kedua puasa, Alisha sampe jam 4.

Senin, 1 Juni 2014

Mulai susah dibangunin sahur. Katanya capek. Iya juga sih, pulang teraweh kan jam 9 malam, trus kadang sampe rumah ga mau bobok, maunya main dulu. Ya udah lah ga aku suruh ke meja makan. Aku ambilin nasi ama lauk pauknya, aku suapin di atas kasur sambil cerita tentang Jerapah. Alhamdulillah Alisha mau makan dan tertarik ama ceritanya. Abis sahur bobo lagi. Dibangunin jam 9 karena mau daftar ulang TK. dari siang sampe sore di rumah aja. Jam 4 sore mulai bilang lapar. Trus minta minum. Aku bilang, oke..boleh minum. Alisha nanya, “kalo minum nanti aku batal gak?” aku jawab iya. Alisha bilang, “kalo gitu aku jam 6 aja minumnya.” Daaannnn suksesss hari senin itu alisha full puasa sampe maghrib.

Hari selasa sampe kemarin, hari Jumat, puasanya juga full sampe maghrib. sahurnya masi makan di kasur, disuapin sambil denger cerita binatang. Abis sahur bobok lagi…sampaaaiii…jam 11 wkwkwkwk….anak gadis kok bangunnya siang yak. Untung aja masi liburan. tapi senin besok udah masuk sekolah nih…moga aja puasanya tetep lancar dan tetep sehat. aamiin. Biasanya jam 4 sore Alisha mulai nanya-nanya…kapan maghribnya..aku lapaaar….kalo udah ngerengek uring-uringan, aku bawa aja keliling kompleks sambil nyari tajil hihihi..tau-tau sampe rumah udah beduk. Kalo Azka sendiri karena ini tahun ke 4 dia puasa full, jadinya lebih santai aja. Apalagi ada sepupunya, kerjaannya ya main aja ama sepupunya sambil nyicil khatamin quran. Mudah-mudahan jadi anak sholeh dan sholeha ya anak-anakku sayang….

Puasa Dulu dan Sekarang

Thursday, July 26th, 2012

Udah ampir seminggu puasa, baru sempeettt nulis. Biasanya mood buat nulis itu pagi-pagi waktu abis anter Azka skul dan Alisha masi pules tidur. Sekarang sejak Alisha sekolah, walopun belom tiap hari, tiap pagi jadi mayan ribet. Blogwalking aja gak sempet.

Okeh, ngomongin soal puasa. Dulu kayaknya aku puasa full mpe magrib itu kelas 3 deh, itupun kayaknya belom full sebulan. Setelah diiming-imingi dikasi reward berupa uang pas lebaran, baru deh berlomba ama adekku supaya bisa full sebulan. Waktu aku kecil, biasanya klo siang itu di depan sekolah banyak tukang jualan mainan. Paling hobi waktu itu beli “mamayaan” semacem selembar kertas karton bergambar, ada princessnya dan baju-bajunya, bisa dilepas2 dan tokoh-tokohnya dipakein baju macem-macem. Nanti main rumah-rumahan dan si tohkohnya itu yang jd pelakonnya. Eh sekarang masi ada gak ya, mainan beginian. Kalo gak, aku suka beli buku kecil isinya lirik-lirik lagu yang ngehits jaman saat itu. Trus siang bolong nyanyi-nyanyi ama temen sambil baca si buku kecil itu. Ato kalo gak, almh  mamaku suka pinjemin banyak buku dari perpustakaan, jadi aku ngisi waktu siang bolong itu dengan baca buku. jaman aku kecil, siang-siang mana ada acara TV. Biasanya sore deh baru mulai ada siaran TV.

Nah, buka puasa jaman kecil dulu, pasti selalu ada kolak, buah-buahan dan sesekali ada kurma. Tajilnya itu gak tau kenapa selalu kolak, dan itu bikinan Mama. Waktu kecil dibiasain gak beli-beli makanan jadi di luar rumah. Harus makanan bikinan sendiri. Sholat tarawehnya rame-rame ama temen-temen anak tetangga. Trus, abis taraweh *nyunda pisan bahasanya* gak langsung pulang, tapi kongkow dulu ama temen-temen deket rumah yang ada warungnya, apalagi kalo bukan jajan…balas dendam ceritanya, melampiaskan keinginan menggebu-gebu jajan di luar, mumpung gak ada Mama. Biasanya paling rewel urusan jajan di luar. Paling seneng beli kerupuk banjur, itu semacem kerupuk kuning gede yang buat rujak trus dikasi kuah pedes. Gak lama-lama sih nongkrong di warungnya, karena almh Mama pasti di teras tereak manggil aku supaya cepet pulang 😀

Paling seneng bulan puasa itu, karena kita makannya barengan dan di jam yang sama, yaitu pas sahur dan maghrib. Biasanya, makan tuh gak pernah barengan. Di keluargaku dulu, ga ada tuh aturan makan harus 3 kali, pagi-siang-malem. Tapi ya kalo udah laper, ya makan. Sarapan sih wajib, klo belom sarapan, jangan harap bisa diijinin pergi sekolah. Pulang sekolah, laper, pasti makan. Dari sekolah ke rumah jaraknya tinggal koprol 2 kali, udah sampe. Ntar abis main-main, laper, ya makan lagi. Kadang sehari bisa makan 4-5 kali, tapi kadang juga pernah keasyikan main dan lupa kalo belom makan. Dari jaman kecil mpe kuliah, badanku kurus cungkring.

Gimana sekarang? Setelah 6 taun tinggal di Galaxy, tiap bulan ramadhan itu di sepanjang ruko depan ada Pasar Ramadhan. Segala makanan dan kue khas nusantara, pasti ada. Bener-bener menggoda selera dan juga menjebol isi dompet. Niat ke depan mo beli gula, misalnya, eh kok ya malah melipir ke pasar ramadhan, liat ini itu jadi pengen beli, pengen cobain, kadang malah gak kemakan :( sampe tahun ke-4, nafsu jajan di Pasar ramadhan itu selalu menggebu-gebu. Tahun kemaren, udah mulai tau mana yang enak, mana yang engga. Klo kepengen banget ya udah beli yang aku udah tau rasanya, gak mo coba-coba makanan lain. Nah, sekarang, udah seminggu puasa….rekooorrrr aku belom jajan di Pasar Ramadhan Galaxy. yeaayy…ini menyedihkan ato menggembirakan ya 😀 pertama, aku emang pengen hidup sehat tahun ini. Buka puasa, minum air putih anget, trus makan buah-buahan. jadi tutup mata dulu ama kolak, es buah, kue-kue yang menggodah itu. paling pas wiken aja deh beli kue-kuenya kalo kepengen banget. Kedua, emang lagi pengiritan juga. Diitung-itung, kenapa ya tiap bulan puasa itu yang notabene makan cuma 2 kali tapi kok ya pengeluaran berlipat-lipat. ya..karena jajannya itu. Tahun ini ada 2 target besar dalam planning keluarga yang butuh dana gak sedikit. Jadi ngatur keuangan harus pinter-pinter dulu, tahan godaan jajan-jajan.

a pasar ramadhansalah satu stand di pasar ramadhan Galaxi. Foto diambil taun lalu

Kalo puasanya sendiri gimana? Ini tahun ke-3 Azka full puasa mpe magrib. alhamdulillah. Mulai taun kemaren sih dia puasanya enjoy aja, gak pake rewel. Awal-awal kan biasalah, sore-sore mulai uring-uringan gak sabar nunggu maghrib. Sekarang ini ya biasa aja, paling klo lemes, dia minta tidur. Biasanya kan gak pernah tidur siang. Sejak taun kemaren juga dia cuek aja kalo aku ato alisha makan minum di siang bolong depan dia. Paling ntar dia bilang gini,

Azka: “mama….mama lagi gak puasa karena mens ya? mama makan pake apa itu?”

Aku: “iya, Ka. mama lagi gak puasa, tapi mama punya utang puasa. Nanti mama harus bayar utangnya. Ini mama makan ama telor ceplok pake kecap, ka.”

Azka: “oohhh gitu ya. mama, nanti buka puasa magrib, Azka pengen makan pake telor ceplok kecap juga sama kayak Mama ya.”

Cerita pertamakalinya Azka (kelahiran November 2005) belajar puasa, bisa dibaca di sini. Waktu itu tahun 2008, belom genap 3 tahun umurnya. Trus, taun 2009, puasanya mulai serius, ikutan sahur tapi puasa sampe dzuhur, makan minum trus lanjut puasa lagi mpe maghrib. Ceritanya bisa dibaca di sini. Mulai taun 2010 Azka puasanya full mpe maghrib. Ceritanya bisa dibaca di sini. kalo Alisha sendiri belom belajar puasa. Rencana taun depan deh. Cuma dia sekarang mulai ngerti kalo puasa itu siang-siang gak bole makan minum. Bisanya klo dia makan, suka nawarin Azka. Sekarang klo dibilangin Kakak lagi puasa, dia gak nawarin. Tiap denger adzan maghrib juga Alisha langsung excited bareng Azka menuju meja makan, serasa mau makan aja, padahal ni anak paling susyaahh disuruh makan. Mudah2an puasanya lancar-lancar semua, sehat-sehat, diterima amal sholehnya. aamiin

Owiya, puasa taun ini juga puasa taun ke-2 aku tanpa ART nginep. Trakhir punya ART nginep itu ya puasa taun 2010 trus abis lebaran udah deh gak dapet lagi. Awalnya stress banget. Tiap pagi sih engga, karena dapet ART yang pp, dateng jam 5.30 sampe jam 8.30. Nah…tiap sore itu aku stress berat liat rumah berantakan, belom mandiin 2 bocah, nyiapin makan malem. Alisha waktu itu umurnya juga baru setaun, lagi senengnya kesana kemari. ehhh ternyata, aku bisa juga idup tanpa ART nginep. Waktu puasa pertama tanpa ART, pusing mikirin gimana bangun sahur ga ada yang bantuin sementara Alisha klo menjelang dini hari nenennya suka kenceng. Eeeh..ternyata bisa jugadijalani. Malah rasanya idupku lebih plong sekarang-sekarang ini, gak ada drama ART, ga ada sakit ati karena ulah ART. yaah dinikmati aja, sodara-sodara…:)

About Me
Vera, mamanya Azka dan Alisha. Dilarang copy isi tulisan dan foto di blog ini tanpa seizin pemilik blog ini. Email: pus_vera@yahoo.com
Archives
Label
Diary Azka dan Alisha