Archive for the ‘Sekolah Alisha’ Category

Family Gathering 2014

Tuesday, December 9th, 2014

Tiap tahun di sekolah Alisha ada acara family gathering. Kalo tahun lalu diadain di taman mini, ceritanya ada di sini, kali ini acaranya diadain di Taman Wiladatika Cibubur.

Pertama kalinya nih kita ke taman wiladatika. Ternyata baguuusss….ijo royo-royo di mana-mana. Ada air mancur gede..segeeer deh. Cuaca Sabtu pagi itu juga cukup bersahabat, secara jumatnya seharian ujan mulu. Di sekolah Azka juga sabtu itu ada family gathering juga buat anak kelas 1 dan 2. Tempatnya di sekolah.

Abis registrasi, kita dapat perlengkapan untuk melukis di payung. Kali ini lombanya adalah melukis di payung. Sempet mikir…aaahh nyerah deh kalo soal gambar menggambar mah yaaa karena kita sekeluarga ga ada bakat seni khususnya gambar dan mewarnai. Jadinya santai-santai aja. Dari beberapa hari sebelomnya, Papa nanya mo ngegambar apa ntar di payung. Aku bilang apa ajalah yang papa bisa gambar hihihi…aku cuma mau bantuin warnain aja. saking ga ada harapan rasanya buat menang. Beda ama taun lalu, bikin hiasan di atas talenan. Bela-belain deh dirancang dulu di rumah mau bikin hiasannya ntar kayak gimana.

Acara pertama biasa lah senam dulu. Trus, kata sambutan-sambutan. Baru deh mulai lomba melukis payung antar keluarga. Payung dan cat airnya udah disediain sekolah. Cuma kita kan ambil cat airnya dikit. Waktu keabisan dan mau minta lagi ternyata abis. Papa kan ceritanya menggambar isi laut. Ada ikan, bintang laut, tadinya warna dasarnya mau dikasi biru semua eeh cat birunya abis. ya sutra lah bikin bulatan biru aja hihihi yang penting menggambarkan suasana laut. Trus payungnya dikumpulin.

a1tuh payung kita no 168

a2

a3

Setelah itu anak-anak bebas mengikuti semua permainan yang ada. ga dilombain sih cuma tiap kali abis selese permainan, dikasi satu sticker. kalo stickernya udah terkumpul minimal 5, bisa dituker dengan mainan, es krim dan makan siang.

a4Alisha sama temen dan gurunya

a5sama papa

a6coba permainan yang lain

a7arena memancing ikan

a8papa menggiring bola tutup mata dipandu suara kaleng yang dipukul Alisha

a9horeee udah 5 stickernya…aku mau mainan ama es kriiimm…

Permainannya seru-seru. Ampir semuanya ama Alisha di coba. Yang main Alisha ama papanya aja. Aku ama Azka malah keliling liat-liat bazaar hihihi….dan cobain jajanannya.

Ada juga lomba tarik tambang para bapak melawan para karyawan laki-laki, papanya alisha ikutan juga dan menang. hadiahnya kayak parcel gitu isinya handuk 20 bijik trus dibagi-bagiin ke peserta tarik tambang. Lalu tarik tambang ibu-ibu jamiyah melawan guru. yang menang guru. Trus ada lomba lari sambil menggendong anak, ada lomba bapak dan ibu berjalan sambil keningnya ditempelin balon, balonnya ga boleh sampe jatoh.

a10lomba tarik tambang

Tibalah pengumuman pemenang lomba melukis payung. Dari Kelompok bermain diambil 6 pemenang, dari TK A juga 6 pemenang, dari TK B ada 6 pemenang. Alisha udah heboh aja narik-narik tangan maju ke depan. Soalnya dia liat payung kita dijejerin di depan panggung. jadi yang masuk kategori pemenang payungnya dipisahin dari yang lain terus ditaro di depan panggung. Udah GR aja deh bakal dipanggil ke depan nerima piala. Kita bilang ama Alisha, tunggu dulu..kan belom diumumin yang anak TK B, kalo menang alhamdulillah tapi kalo ga menang gakpapa ya. Abis itu Alisha lari-larian main ama temennya.

Waktu payung-payung yang 6 biji itu dijejerin di depan panggung, aku udah feeling aja nih kalo kita termasuk pemenang. ga nyangka juga hihihi….tapi kita ga tau juara berapa. Aku nyangkainnya juara harapan 2 secara ga tau diitung dari mana urutannya. Payung kita ditaro di nomor 2 dari kiri, klo dari penonton. Tapi kalo dari atas panggung ya ke dua dari kanan. Ternyata waktu juara harapan 2 dipanggil, nomor kita ga disebut. pas juara 3 juga ga disebut. Ehhh ternyata juara 2, sodara-sodara! bener-bener ga nyangka sama sekali. Entah dari mana penilaiannya. kalo dari segi gambar dan warna, masi banyak yang lebih bagus dari kita. Tapi emang waktu mewarnainya, semuanya ikutan mewarnai. Azka dan Alisha juga ikutan heboh mewarnai. Mungkin itu salah satu kriteria pemenang ya, harus kompak.

a11juara 2

a13

Alhamdulillah acaranya lancar jaya. Seruuu dan menyenangkan. Ga kerasa ini terakhir kalinya acara famgath di TK. Taun depan Alisha udah masuk SD…hiksss..hiksss..masa-masa TK masa yang paling nyenengin.

Menjadi Kakak Kelompok B

Tuesday, July 15th, 2014

Okeee..oke…ini udah 2 hari lagi hari trakhir sekolah sebelom liburan lebaran, tapi baru mau posting hari pertama Alisha jadi anak TK B hihihi gakpapa deh daripada ga nulisin, sayang kan terlewati.

Beberapa hari terakhir jadi anak TK A, ada pesta air. Main-main air di halaman sekolah. Semuanya tampak hepi. Walopun waktu acara pesta kelas (semacem perpisahan) ada kejadian tangis-tangisan karena nanti di TK B mungkin ga akan sekelas lagi.

a2

Trus, seperti sekolah-sekolah lainnya, ditutup dengan pembagian raport. Biasanya aku ga pernah liat isi raport anak TK, langsung baca ke kesimpulannya aja, tulisan dari gurunya….

a1

Daaann…tanggal 7 Juli kemaren, Alisha resmi jadi anak TK B. Di sekolahnya, kalo TK A disebutnya kelas Mekkah, kalo TK B kelas madinah. Eh rupanya walikelasnya Alisha dapet yang sama ama walikelas sebelomnya…bagiku sih ini baik banget, kan beliau udah tau gimana-gimananya Alisha, jadi pasti ni anak makin bisa terasah lagi kemaampuannya kalo dipegang ama guru yang sama. Guru pendampingnya sih beda, tapi orangnya juga baik dan udah senior juga.

Selama bulan ramadhan anak-anak memakai baju muslim bebas.sekarang Alisha udah punya keinginan sendiri bajunya mo kayak apa…pokoknya ga jauh-jauh dari princess lah hehehe…akhirnya baju bukan baju muslim pun disulap jadi baju muslim.

a4Princess Alisha lagi sekolah, baju princessnya disulap dulu

a8di halaman sekolah

a6triiiing….penampakan baju aslinya

a7tiara ama tongkat ga boleh ketinggalan

a9baju princessnya disulap lagi

a14

Hari terakhir sekolah, kamis besok. Abis itu libuuurrr dan masuk lagi 11 agustus.

Pentas Seni Alisha

Thursday, June 19th, 2014

Tanggal 24 mei lalu, sehari sebelom aku berangkat umroh, sekolahnya Alisha ngadain acara pentas seni di aula sekolah SD. Acara untuk anak TK mulai jam 9.30, sebelomnya acara buat anak KB. So, kita berangkat dari rumah santai aja. Kebetulan ada eyang juga nih sekalian mau liat penampilan Alisha.

a1Alisha siap tampil

Acara dibuka dengan permainan alat musik pianika dengan lagu “Boneka Abdi” dan “Gundhul-gundhul Pacul” bisa diliat videonya di sini. lalu pembacaan kalam ilahi yang dibawakan oleh anak TK B, bisa diliat videonya di sini. MCnya ada 3 orang dari anak TK B. Waahh hebat ya anak-anak udah berani tampil dan memandu acara.

a2main pianika dan nyanyi

a3mc cilik

Setelah itu, Alisha dan 2 orang teman TK A-nya muncul ke panggung untuk memberitahukan tata tertib selama acara berlangsung. Ini dia….

a4Alisha paling kanan

Gak nyangkaaaa banget Alisha bisa membawakan pengumuman tata tertib secara selama ini dia tuh irit suara. Kalo di sekolah pemalu dan ga ada suaranya. 2 bulan lalu waktu aku dikasi tau kalo Alisha kebagian nari, nyanyi sama temen-temen plus membawakan pengumuman tata tertib, aku sempet ragu…kok Alisha sih yang kepilih dari kelasnya, bukannya temennya ada yang lebih ceriwis dan bersuara lantang. Ternyata mungkin ini salah satu cara dari gurunya supaya Alisha lebih pede dan berani bersuara. Makasiiihh bu guruuuu….gak salah deh menitipkan Alisha sekolah di sini.

Selanjutnya kesan dan pesan dari murid TK B yang diwakilin 3 anak, bisa diliat videonya di sini.Hebat deh pake 3 bahasa, yang satu anak pake bahasa arab, satunya indonesia, satu lagi pake bahasa inggris.

Lalu anak-anak TK A1, A2 dan A3 secara bergiliran tampil nyanyi bersama-sama. Alisha dari kelas A3 tampil juga.

a5Alisha paling kiri

Selanjutnya anak TK B tampil sambil membawakan alat musik angklung. Kereeen deh. Videonya bisa liat di sini.Waaaww padahal latiannya paling 2 bulan aja.

a6

a7

Naahh..acara puncaknya adalah operet Timun Mas. Bisa liat di sini videonya ya dan di sini. Lucuu deh yang jadi buto ijonya.

Kemudian acara operetnya diselingi dengan tarian-tarian, mulai dari tarian yang dibawakan murid-murid TK A1, A2, A3 sampai ke TK B1, B2 dan B3. Ini penampilan Alisha yang nari Jaranan…..liat yuks…

Selese Alisha tampil nari sebenernya dia harus tampil lagi di akhir acara bernyanyi bersama-sama sebagai penutup acara. Tapi Alisha udah aku culik pulang aja. Yang mau berangkat umroh mesti siap-siap hihihi terutama eyang, udah kliatan capek, jadi kita putuskan pulang aja buat istirahat.

Pekan Budaya dan Peringatan Maulid

Tuesday, February 11th, 2014

Akhir Januari kemarin, di sekolah Alisha ada acara lomba-lomba dalam memperingati perayaan maulid nabi. Selain itu, karena term 3 ini temanya adalah seni dan budaya, jadi segala hiasan dan kreasi murid-murid juga bertema adat istiadat daerah yang udah ditetapkan. kelas Alisha kebetulan kebagian daerah Jawa Tengah. Murid-murid TK A diajarin lagu-lagu Jawa kayak Gambang Suling, Gundhul Pacul, Suwe Ora Jamu. Kelas lainnya ada yang kebagian Betawi, Jawa Barat.

Acara lombanya sendiri, masing-masing murid udah dibagi-bagi. Ada yang kebagian lomba syair dan gerak, ada lomba doa untuk kedua orang tua, ada lomba menyanyi maulid (per kelas), ada lomba membaca surat al ikhlas. Alisha kebagian membaca surat al ikhlas. Acara lombanya dibagi dalam 2 hari. Hari pertama lomba masing-masing anak, hari kedua lomba antar kelas yaitu menyanyi.

Hari-H lomba membaca surat al-ikhlas, murid-murid disuruh memakai baju muslim bebas. Alisha kepengen pake baju muslim kebaya dongsss hahaha….aku tanya lagi, beneran nih mau pake baju itu, apa gak baju muslim biasa aja. Dia ga mau, katanya, itu kan baju TPa iQRO. Yo wislah, aku bawain juga baju muslim yang suka dipake ke TPA (Taman pendidikan Al Quran). Dari rumah sih pake baju biasa, soalnya ujan, kan mesti nganter si kakak dulu ke kelasnya di SD, abis itu baru ke sekolah Alisha. Jarak sekolah Azka ama Alisha sih ga jauh, ga sampe 5 menit pake kendaraan.

Sesampainya di parkiran TK, aku tanya Alisha lagi, mau pake baju yang mana. tetep dongs dia milih kebaya muslimnya. itu kebaya emang belom pernah dipake. Ya sutralah aku turutin aja kemauannya, dengan syarat, ntar pas lomba suaranya mesti keras ya. Alisha ini kan pemalu, di sekolah cenderung ga ada suaranya.

ap1

Sampe kelas, udah rame aja ama ibu-ibu, eyang, mbak, yang datang. Para ortu emang diundang buat nyaksiin performance anak-anaknya. Di sana juga ada bazaar. Di luar masi ujan deres tapi ga mematahkan semangat anak-anak buat lomba. Alisha kebagian lombanya di kelas sebelah. Tiap murid emang lombanya di beberapa kelas yang udah ditetapkan. Ada sih panggung di indoor playground tapi itu buat anak KB yang lagi acara pekan Kuning, yaitu dalam hal mempelajari warna-warna, dibikin pekan warna. Dan minggu itu kebagiannya pekan kuning, jadi semuaaaa nuansanya serba kuning. Oh ya untuk segala macam lomba dan dekorasi ini, para murid udah ga dipungut biaya lagi ama sekolah.

Tiba giliran Alisha maju ke depan bacain surat al ikhlas, kok ya aku degdegan. Saking deg degannya, niat mau rekam Alisha eh malah lupa ga dipijit tombolnya haduuhh jadinya ga ada rekamannya deh :( mana si Azka kan wanti-wanti nyuruh aku rekamin Alisha. Alhamdulillah sih waktu maju, suara Alisha ada terdengar walopun ga sekenceng beberapa temennya. Aku jagoin Damar ama kalila yang bakal menang. Soalnya mereka pede banget ke depannya dan bersuara lantang. Jurinya adalah 2 orang guru al quran dari guru SD.

ap3saking deg2annya, aku motoin Alisha mpe miring gini sih

Setelah semua anak selese lomba, kita disuguhi jajanan pasar yang ada di tampah. Anak-anak juga dapat goodie bag berisi snack dan susu dari sekolah.

Lomba hari kedua, ternyata suasana mencekam. deuuhh bahasanyaaa….iyaah semalemn ujan, banjir dimana-mana. Sekolahnya Alisha sih ga kebanjiran ya, tapi mati listrik dari jam 3 subuh. Akhirnya kepseknya ngasi pengumuman, murid-murid pulang, lombanya diundur minggu depan. Hari itu anak-anak mau lomba menyanyi dan menari antar kelas.

Minggu depannya, alhamdulillah walopun suasana masi sering ujan, tapi ga semenakutkan minggu lagi. Anak-anak dari rumah memakai seragam muslim putih-putih. Para guru sudah menyiapkan atribut dan asesoris buat lomba. Acungin jempol deh buat para gurunya yang kreatif banget bikinin dekorasi, bikinin asesoris lomba buat para murid. Lomba ini pesertanya adalah murid TK A dan TK B. Untuk murid KB A dan KB B punya panggung tersendiri, mereka lombanya keesokan harinya, ada lomba fashion show dan lomba doa dan surat pendek. Panggungnya lucu banget, dengan hiasan balon hias dimana-mana. lagi-lagi untuk lomba ini sama sekali ga ada pungutan biaya lagi. Oh ya hari itu juga pengumuman pemenang lomba yang minggu lalu dan lomba hari ini. Aku sih udah ga yakin aja Alisha bakal menang. Soalnya ya itu tadi, Alisha anaknya pemalu. Sempet sih mau ngomong ke Alisha, kalo ntar ga menang dan ga dapat piala, gakpapa ya…tapi aku lupa bilangnya.

Kelasnya Alisha kebagian tampil no 3 diantara para TK A. Dari segi hiasan penampilan, aku bilang sih kelasnya Alisha paliiiing sederhana, dengan hiasan motif batik dari kertas kado, warnanya kurang meriah. Sementara kelas lain heboh bin ngejreng. Udah pesimis aja bakal menang. Ya sudahlah, kalo ga menang juga gakpapa, ini kan buat seru-seruan aja. nanti juga selain dapat piala buat para pemenang, tiap anak dapat bingkisan karena udah berpartisipasi. Anak ganteng dapat bingkisan mainan mobil-mobilan, anak cantik dapat bingkisan mainan boneka.

Ini dia penampilan kelasnya Alisha…..ternyata Alisha tampil pede. Dia berdiri paling depan di ujung kanan. Gerakannya dia ikutin semua dengan semanget, ga kliatan grogi, ga tengok kanan kiri, pedee banget. Bener-bener ga nyangka. Aku juga ga lupa ngerekam momen Alisha tampil ini.

ap9Alisha paling ujung kanan depan

Tibalah pengumuman para pemenang…jreng..jreng..jreng….Begitu diumumin lomba membaca surat pendek, juara harapan 2: kalila, juara harapan 1: Damar, aku udah makin makin pesimis aja Alisha dapat juara. Ya gimana lagi, kedua anak itu kan yang aku jagoin. Aku segera beranjak dari tempat duduk, mau liat-liat hiasan kelas aja. gak taunya diumumin lah juara ke 3: Alishaaa…..hah…apa aku ga salah denger? apa mc nya salah bacain nama ya.

ap8pemenang lomba surat al ikhlas

Sempet ga percaya. Tapi aku liat Alisha yang duduk di depan deket guru, maju ke depan. Ah, ternyata bener. Maafin Mama ya nak, selama ini meragukan kemampuan kamu.

ap4Alisha di kelas

ap5Bersama teman sekelas

ap6suasana kelasnya njowo banget

ap7kelas lain lebih genjreng kan kostumnya

Pengumuman lomba menyanyi antar kelas, ga dinyana juga, kelasnya Alisha menang juara 1. Alhamdulillah. Tapi pialanya harus diduplikatin dulu buat sekelas, jadi ga bisa dikasi hari itu juga. Seruu banget acaranya. Anak-anak juga tampak hepi karena semua dapat piala hahaha….iya lah kan lomba antar kelas, berhubung kelasnya cuma 3, jadi semua kebagian piala hihihi…..dan juga dapat bingkisan mainan. Bentuk dan ukuran piala juga dibikin sama semuanya. dari juara 1 sampe harapan 2 sama pialanya. yang bedain cuma tulisan ama gambar di belakang logo sekolah, sesuai kategori lomba.

Seminggu kemudian, duplikat piala lomba menyanyi udah dibagiin. Seneng banget Alisha pulang sekolah dapat piala lagi.

ap2

Sementara itu, di sekolah Azka juga temanya sama, tentang budaya juga term 3 ini. Sama kayak kelasnya Alisha, kelas Azka juga kebagian daerah. Dia kebagian Sulawesi, tadinya di akhir Februari mau ada acara market day dan assembly. Tapi diundur jadi sehabis UTS. Acaranya menyajikan makanan khas tiap daerah, baju tradisional, seminar EXPO.

Tanggal 7-8 Februari kemaren sekolahnya Azka jadi tuan rumah acara Festival Seni dan Budaya, Lomba antar TK dan SD sejabodetabek plus (plusnya di sini, TK – SD dari Cilegon, Cianjur, Bandung). Lombanya ada lomba ansemble, marawis, menggambar, paduan suara, menari, fashion show. Yang ikut ga cuma sekolah Al Azhar aja, tapi juga sekolah lainnya, memperebutkan piala bapak walikota. Juara Umumnya jatuh pada SDI Al Azhar 20 Cibubur.

Azka sih ga ikutan lombanya, cuma dia ikutan marching band, ngebuka acara. Mayan juga latihannya selama 2 minggu itu tiap hari dan di jam pelajaran sekolah pulak, jadi banyak bolosnya. Padahal bukan mo lomba ya, gimana kalo buat lomba. Rencananya sih marching bandnya mau ikutan lomba tanggal 29 Maret di Depok Town Square.

Sekolah Lagi…yeaayy!

Thursday, July 11th, 2013

Tanggal 8 Juli hari pertama Azka dan Alisha sekolah, setelah libur dari tanggal 12 Juni. Udah ga sabaraaan…pengen cepet sekolah. Apalagi Alisha, sekolah baru, temen-temen baru. Kali ini karena harus anter Azka dulu ke sekolah, otomatis Alisha juga harus bangun pagian. Naahh ini nih yang agak susah.

alHari pertama sekolah

Azka masuk sekolah  berangkat dari rumah jam 06 lebih 15 menit, beberapa menit sampe dan alisha masuk jam 07.15 tapi beda tempat. Mulai taun ajaran kali ini, nama kelasnya ganti, bukan kelas A, B, C, dan D. Tapi nama-nama ilmuwan muslim, seperti Ibnu Sina, Ibnu Kholdun, Ibnu Rusydi, Alkindi.

Banyak adaptasinya nih buat Azka dari kelas 2 ke kelas 3. Temen-temen sekelasnya banyak yang baru, walopun sebagian udah kenal karena pernah sekelas waktu kelas 1 ato 2, kelas 3 ini kelasnya ada di atas, mayan juga naik turun tangga bawa tas agak berat, kelasnya juga suasananya berubah. kalo kelas 1 dan 2 kan susana kelasnya kayak kelas TK, murid-murid duduk di karpet, ada juga yang duduk di kursi meja bulat, gurunya juga 2, sementara kelas 3 ini gurunya cuma 1, ga ada guru pendamping. Meja kursinya juga udah kliatan serius, 1 meja 1 kursi. Dannn pelajaran pastinya makin berat, apalagi Azka masuk kelas bilingual.

Selese nganter Azka sekolah, aku ke sekolahnya Alisha, kira-kira 5 menit by car. Telaaat ternyata, murid-murid udah baris. Alisha masi tampak malu-malu. Semuanya belom ada yang dia kenal.

al3

Hari pertama sekolah, Alisha aku tinggal. Dia sih anaknya berani ditinggal, berani maju ke depan kelas tapi ya gitu deh ga ada suaranya, saking malunya. Padahal di rumah ceriwis. Mudah-mudahan di TK ini mulai berani ngomong ya, Dek.

Tanggal 9 dan 10 Juli libur awal Ramadhan. Masuk lagi tanggal 11 Juli. Untuk murid TK selama bulan Ramadhan pake baju muslim bebas, sementara kalo SD, cuma kelas 1 dan 2 aja yang pake baju muslim bebas. Kelas 3-6 tetep pake baju seragam sekolah soalnya bajunya juga udah panjang.

Sekolah di bulan Ramadhan lumayan rempong. Abis sahur tidur lagi, walhasil hari ini telat deh ke sekolahnya. Sebelom berangkat, aku suruh foto dulu, awalnya Azka gak mau, soalnya udah jam 7 sementara 30 menit lagi masuk.

al2siap-siap berangkat sekolah

Tadinya mau anter Alisha dulu, dia juga masuknya jam 7.30 selama bulan Ramadhan. Azka juga kepengen tau kayak gimana kelasnya Alisha. Tapi ternyata berubung udah mepet jamnya, jadi nganter Azka dulu. itu pun antrian mobil yang masuk gerbang juga udah mengular. Anak-anak SD didrop di depan gerbang.

Bener aja deh, sampe TK, ternyata Alisha telat dan disuruh baris di luar, jadi ikrar paginya barengan sama murid yang telat lainnya. Huahuaha…baru tau ternyata anak TK juga udah diberlakukan disiplin gitu ya, perasaan sekolah lamanya Alisha sante aja tuh klo telat 30 menit juga. Ini padahal cuma telat 5 menit. Abis itu Alisha dicatat namanya, kelasnya, dan alasan telatnya kenapa. Oke deh semoga besok ga telat.

Setelah Alisha masuk kelas, aku pun pulang ke rumah. Jemput lagi jam 10. Parkiran penuuuhh, udah gitu aku liat anak-anak lain udah pulang sama ortunya. Huaahhh masa telat lagi? Ada apa hari ini ya, telat nganter, telat jemput. Ga taunya, waktu masuk sekolah, ternyata Alisha masi baris di depan kelasnya, belom pulang.

al4

al5

al6

al7

al8

al9

Sebelom pulang ke rumah, aku ajak dulu main di playgroundnya, yang lainnya udah pulang. Alisha langsung sumringah…lari-larian dan semanget…

al11

al10

Dadaaah sekolah…sampe ketemu lagi besok

TPA

Tuesday, January 22nd, 2013

Ini bukan mo ngomongin Tempat Penitipan Anak ya, tapi Taman Pendidikan Al-Qur’an. Jadi, ceritanya, Azka dan Alisha tu taun kemaren sempet aku daftarin TPA deket rumah, namanya TPA Darul Ilmi. letaknya di ruko sebelah FO Levi’s. kalo pagi, ada TKnya juga. Jam 2 sampe 3.30 jadi TPA. Waktu ikutan, muridnya cuma dikit, Azka Alisha plus seorang kakak adek juga, jadi total 4 orang. Nah, ternyata murid TKnya makin ke sini juga makin dikit. Akhirnya, Juli 2012 udah ga nerima murid lagi alias bangkrut. Gimana nasip TPAnya? ya tutup juga. Hiks…sedih juga, soalnya Azka dan Alisha lagi semanget belajar ngaji. Waktu itu spp TPAnya 100 rb per bulan. Seminggu 3x. Sebenernya, di deket rumah ada juga beberapa mesjid yang nyediain TPA, sppnya juga murce cuma 25 ribu. Tapi Azka gak mau. Mungkin karena kalo di mesjid kan banyak ya muridnya, trus Azka suka dijailin-jailin gitu, jadi gak nyaman. Dia maunya klo TPA itu tempatnya di ruang kelas dan muridnya dikit.

Pernah juga datengin guru ngaji ke rumah, tapi ya gitu deh gak awet. Yang pertama, perempuan, berenti karena dia hamil anak ketiga, sementara anak pertamanya masi umur 4 taun dan nenek yang biasa tempat nitipin anaknya, meninggal. Trus waktu azka kelas 1, sempet manggil guru ngaji juga ke rumah, guru azka di sekolah. Tapi karena laki-laki, kok ya aku risih ya secara di rumah ga ada sapa-sapa. Ditawarin manggil hafidzoh ama temen, sempet tertarik juga, jadi selain belajar ngaji juga ngafalin isi quran. ..eeh ternyata dianya full. Ya sutra, satu-satunya pilihan ya nyari TPA. Kenapa gak diajarin sendiri aja di rumah? ya gitu dehhh….ga telaten akunya hiks…

Sejak lama sebenernya pengen daftarin anak-anak ke TPA Al-Azhar di Mesjid biru kalimalang. Belajar ngajinya di kelas TK Al Azhar. Banyak anak temen yang ngaji di situ, masi TK aja udah khatam beberapa kali..ckckck…Tapi ya gitu deh, mikirin nganter-nganternya kok ya malesss….mana ngajinya sore, jauh dari rumah, barengan macet ria ama orang yang baru bubaran sekolah dan ngantor. Hadeuuhh ini emak macam apa siy nganter anak ngaji aja males…

Akhirnya, minggu lalu, aku daftarin deh ke TPA Al Azhar. Alisha yang udah setaun ini gak mau pake jilbab eh tumben loh mau pake lagi. Bayar spp ngaji di TPA Al Azhar 90 ribu per anak. Gurunya ada 3. Ngajinya jam 4 sampe jam 5. Tapi diusahain sebelom adzan ashar harus udah dateng biar anak-anak sholat Ashar berjamaah. Ngajinya seminggu 3x. Oke deh pekerjaan bu Sopir nambah lagi. Abis jemput Azka dari sekolah jam setengah satu sampe ke malem emang ga ada apa-apa sih. Paling hari senin Azka ada les renang. Sementara ngajinya selasa rabu kamis. Awalnya Azka sempet protes, tadinya cuma senin aja yang ada lesnya, eh kok sekarang sampe kamis ada. Jumat doang yang libur. Tapi setelah aku bilang, TPA kan gak selamanya, klo ngajinya udah bagus, bacaannya bener semua, ya tinggal ngaji di rumah aja, Azka pun oke.

Di rumah Azka ngajinya surat ke 5. Di Sekolah surat ke 6. Eeehhh….begitu dites ngaji, kata guru TPAnya ngomong ke aku, “Bu, ini tadi saya udah dengerin Azka ngaji surat Al Maidah. Saya sih menilainya belom sempurna banget ya. Terserah ibu, mau lanjutin surat ke 5, ato di TPA ini mulai dari iqro lagi biar bacaannya bener-bener sempurna.” Deg!!! Tuuuh kan…tuh..kan….nyesel deh kenapa gak dari dulu ikut TPA di sini. Ternyata standartnya beda. Aku tadinya agak underestimate ama murid-murid TPA sini yang udah khatam iqro beberapa kali. Aku pikir, pasti ngajinya grasak grusuk cepet-cepet asal biar cepet selese, gak mentingin bacaannya bener apa gak. Doohhh udah su’udzhon….ampuni hambamu ini Ya Alloh….Akhirnya, aku bilang ke gurunya, yaitu Pak Agus, lebih baik diulang dari iqro lagi. Menurut pak Agus, dari semua iqro itu yang paling susah iqro 4, yang lainnya gampang. Jadi ya, Azka diulang lagi dari iqro 4, sodara-sodara! Padahal ya waktu TK dia dah dapet piala sebagai tanda lulus iqro. Masuk SD Al Azhar, dia juga disuruh ngulang lagi ke iqro ama sekolahnya. Iqro 2…euy! Aku sempet kaget banget waktu itu. Tapi semester 2 udah berhasil dapet sertifikat lulus iqro, lanjut ke al quran. Oke deh sekarang mulai lagi dari iqro, semangat ya Kakaaaaa……! Alisha sendiri, walopun di rumah udah mo iqro 2, ya ngulang juga dari awal iqro 1. yang ngajar guru TK bidang iqro. Azka diajar oleh Pak Agus, ada 3 murid SD kelas 2 semua, 2 dari SD Al Azhar, 1 lagi dari SD lain, aku lupa nama sekolahnya. Alisha sendiri diajar oleh bu Rini, ada 5 anak, rata-rata dari sekolah lain.

tpa5heboh ya hiasan deket tempat naro sepatu

tpa6

tpa7main jungkat jungkit

Nah yang bikin anak-anak suka ngaji di sini, soalnya karena TK ya, banyak mainannya. Sebelom dan sesudah ngaji, maunya main dulu. Kadang disuruh pulang aja susah bener. Trus, selama seminggu ini aku peratiin, guru-guru TK ini kok ya pulangnya jam 4 mulu ya. Mereka masi sibuk aja di kelas, nempel-nempelin hasil karya murid lah, meriksa-meriksa karya murid lah, malah hari rabu kemaren pada sibuk bikin hiasan-hiasan binatang, baguuus banget.

tpa 3

tpa 1ada pohon boongan

tpa 4salah satu kelasnya ada goa dan monyet bergelantungan

tpa2welcome to Mini Zoo

tpa9

tpa10kolam ikan boongan

Ada pohon boongan, kolam ikan boongan, mini zoo, kelasnya juga dihias, ada goa dan ada monyet bergelantungan. Waktu aku nanya ke salah satu guru, rupanya hiasan itu sesuai tema sekarang, tentang mengenal hewan-hewan. Bulan depan hiasannya tema Maulid nabi. iiihhh kreatif sekali ya guru TK di sini. Makin gak sabar pengen cepet-cepet mindahin Alisha ke sini Juli besok.

Tentang Sekolah

Monday, December 24th, 2012

Berhubung salah satu tujuan ngeblog ini buat mendokumentasikan hal-hal yang perlu disimpan, sekarang aku mau cerita tentang sekolahnya anak-anak.

AZKA

Aku sempet khawatir dengan umurnya Azka yang belom cukup. Dia sekarang kelas 2, padahal umur 7 tahunnya belom ada sebulan lalu. Alhamdulillah sejauh ini masi bisa mengikuti pelajaran dan kegiatan di sekolah. Belom ada perbedaan dengan temen-temennya yang umurnya sudah 8 tahun.

Hari sabtu lalu ambil raport, ini dia hasilnya…

photo

Masalah yang masih mengganjal paling dalam hal sosialisasi. Sejak TK Azka memang kalo berteman cuma dengan 1 orang aja yang menurut dia paling sreg. Waktu kelas 1, temennya namanya Nanda, kemana-mana berdua. Kelas 2 ini gak sekelas lagi dengan Nanda. Sekarang lengketnya sama Narend. Kemana-mana berdua. Kemaren aku udah ngomong ama gurunya, supaya Azka dipisah duduknya dan kelompoknya, biar dia bisa berteman dengan yang lain juga.

Dalam hal keberanian juga menurut gurunya, Azka masi suka malu-malu. Misal mau masukin uang ke celengan aja ragu-ragu dan malu. Ato disuruh ikut perlombaan, udah pesimis duluan, takut gak bisa. Yah mudah-mudahan ke depannya lebih baik lagi dalam hal keberanian dan percaya diri ya, Ka. Tapi Mama dan Papa tetep bangga sama Azka.

ALISHA

Sama dengan Azka, Alisha juga menurut guru Playgroupnya, masih kurang dalam hal keberanian dan percaya diri. Suaranya masih malu-malu. Tapi dalam hal lainnya, masih bisa mengikuti dengan cukup baik. Kalau raport anak PG gak ada nilainya, cuma Baik, Cukup, Kurang.

Nah, berhubung taun depan Alisha udah masuk TK A, mulailah kemaren ini aku dan papa diskusi soal TKnya Alisha. Apakah mau tetep di tempat sekarang, Fitria, ato pindah ke TK Al Azhar. Akhirnya, diputuskan pindah, dengan alasan:

– Sekolahnya dekat dengan sekolah Azka, lebih gampang buat antar jemput

– Kalo sekolahnya sama, liburan juga sama. Gak kayak sekarang. Azka masuk tanggal 2 jan, Alisha masuk tanggal 7 jan.

– Fasilitas lebih lengkap, sekolah dan halamannya lebih luas, ada rumputnya. Di sekolah lama gak ada rumputnya xixixi

– Kegiatan-kegiatan di luar sekolah lebih banyak, seperti family day, mother’s day, assembly

– Masuk ke SD yang dituju lebih gampang karena diprioritaskan dari TK yang sama. Tahun ini TK nambah 1 kelas, otomatis untuk SDnya nanti makin terbatas kemungkinan menerima siswa dari luar, diutamakan dari TK Al Azhar

– lebih profesional. Di awal tahun ajaran, orang tua sudah memegang parent’s handbook, jadi tau kegiatan selama setahun. Tiap hari orang tua dapat sms dari sekolah kalau ada info/pemberitahuan, selain dari buku penghubung

– Yang penting Alisha suka dan mau sekolah di situ

IMG04409-20121119-1320

Main ayunan depan kelas TK

IMG04680-20121220-1123

Sekolahnya ada mesjid biru yang besaar

IMG04411-20121119-1332

aku mau sekolah di sini…

IMG04678-20121220-1122

halamannya luas

Untuk pendaftarannya, sudah dibuka dari bulan November lalu. Tinggal 9 kursi lagi waktu itu, karena sudah terpenuhi banyak dari Playgroup. Pendaftaran mulai Desember ini, dengan perincian biaya untuk tahun ajaran 2013/2014:

– uang pendaftaran: Rp 200.000

-Uang pangkal + KBM selama 2 tahun: Rp 13.500.000

– spp per bulan: Rp 800.000

Biaya bisa dicicil 3x, yang penting, sebelum Juli 2013 sudah lunas. Kalau bayar spp sekaligus untuk 12 bulan, dapat free 1 bulan. Dan selama 2 tahun TK tidak dipungut biaya apapun lagi, termasuk kegiatan-kegiatan, field trip, family day, mother’s day, assembly, lomba-lomba. Mudah-mudahan dilancarkan semuanya, rejekinya juga dimudahkan. amin.

About Me
Vera, mamanya Azka dan Alisha. Dilarang copy isi tulisan dan foto di blog ini tanpa seizin pemilik blog ini. Email: pus_vera@yahoo.com
Archives
Label
Diary Azka dan Alisha