Day 2: Menikmati KL Hop on Hop off

busBus KL Hop on Hop off

Kenapa ya di negara-negara yang suka dikunjungi turis, kayak Singapur, Kualalumpur, Amrik, ada bus hop on hop off, tapi di Jakarta gak ada. Seru banget naik bus ini, bisa city tour dengan cara naik dan turun di tempat-tempat tertentu sesuka hati. Busnya selalu lewat tiap 30 menit, jadi jangan takut ketinggalan bus. Untuk di Kualalumpur sendiri, tiketnya bisa dibeli di busnya langsung. Untuk dewasa harganya RM 38, anak-anak umur 6-12 tahun bayar RM 17. Murah kaaan….busnya beroperasi dari jam 8.30 pagi sampe 8.30 malem, tiketnya berlaku 24 jam. Misalnya kita beli tiketnya hari ini jam 8.30, nah besok maksimal jam 9 pagi bisa naik lagi, gak bayar. Info lebih lengkap bisa liat di websitenya di sini. Pertama kali naik bus KL Hop on Hop off bisa dibaca di postingan yang ini.

Ke KL ini kita gak pake itinerary, gak pake tour dari travel, jalan-jalan santai aja. Gampang lah ke KL, transportasi lengkap dan nyaman, sama seperti singapur. Tempat wisata juga bertebaran dan lokasinya gampang dicapai. Aku cuma pengen ngerasain naik Bus KL Hop on Hop off lagi, soalnya seru banget, ama kepengen ke Putrajaya karena belom pernah, juga ke Pabrik coklat beryl’s sekalian mau main ke rumah Gege yang rumahnya deket pabrik coklat di Selangor sana. Sementara aku nanya Azka, dia mau kemana, dia bilang kepengen naik LRT (kalo di singapur namanya MRT), terserah mau kemana, kepengen naik bus KL Hop on Hop off, kepengen ke petrosains,kepengen liat Upin Ipin, kepengen ke pabrik coklat dan kepengen naik ke atas menara kembar lagi. Semuanya bisa kita penuhi kecuali yang naik ke atas menara kembar. Sekarang kena bayar RM 50 bo mahalnyaa…padahal dulu gratis. Trus menurutku kurang menarik aja cuma naik ke sky bridge, 10 menit foto-foto, serasa naik gedung tinggi biasa aja. Azka seneng naik liftnya sih. Aku bilang, naik lift mah di hotel ajalah. Aku nanya Alisha, dia belom bisa bilang pengennya kemana hehehe yang jelas, Alisha ini kegilaannya pada kereta api, melebihi Azka. Dan Alisha ini suka banget main ayunan. Azka waktu seumuran Alisha gak suka ayunan loh, baru sekarang aja ikutan Alisha. Si Papa aku tanyain kepengen kemana, dia mah pasrah, katanya ngikut aja, secara dia udah sering banget ke Malaysia. Malah Oktober nanti dia mau ada workshop di Penang. Oke deh, akhirnya kami sepakat, ke Malaysia kali ini jalan-jalannya seputaran Kualalumpur aja, kecuali yang ke pabrik coklat Beryl’s, trus skip ke Genting. Alesannya selain jauh, udah pernah, terus terang aku males ke sana. Tempatnya mirip dufan, anak-anakku belom begitu bisa main-main di wahana seperti itu. Aku juga orangnya penakut. Daripada ke Genting mending ke tempat lain yang aku dan anak-anak belom pernah.

kl 1Menunggu Bus datang

Hari senin pagi, Azka udah ribut aja kepengen ke Petrosains daaan tetep nanya kapan naik ke atas menara kembar. Aku bilang ke Azka, petrosains tiap hari senin tutup. Menara kembar juga gitu, tapi kali ini ke menara kembarnya gak usah, kan udah pernah. hari senin kita naik bus KL Hop on Hop off aja. Si Azka pun girang. Jam 8.30 kita udah stand by di depan Malaysia Tourism Centre (Matic), cuma tinggal nyebrang doang dari hotel. Aaahhh aku cinta banget ama hotelnya, bener-bener strategis, kecuali soal kuburannya itu hihihi…Gak lama, busnya dateng. Sebenernya bisa naik dari mana aja sih yang ada tanda nomer bus pemberhentian. Semuanya ada 23 tempat pemberhentian bus. Tapi pastinya jam 8.30 itu ya baru beroperasi, jadi dimulai dari Matic. Bener aja, waktu masuk bus, masi kosong melompong, cuma kita doang. Azka duduk di tingkat dua, paling depan pulak. Alisha masi ketakutan, minta pangku.

Dari Matic, kita menuju KL Tower. Kami udah pernah naik ke KL Tower. Kesannya, mahal dan cuma gitu doang, naik ke puncak paling atas dan melihat-lihat kota KL dari atas. Waktu gak dibatesin kayak naik menara kembar, bebas. Abis dari KL Tower, busnya menuju pemberhentian berikutnya, di KL City walk, lalu lanjut ke Aquaria, ke KLCC, Karyaneka. Waktu dulu sih, kita dikasi waktu 5-10 menit buat liat-liat ke dalam karyaneka. Isinya jualan kerajinan, souvenir. Nah kemaren ini mungkin karena penumpangnya cuma kita doang, jadinya ke karyaneka cuma berenti bentar trus jalan lagi, gak dipersilakan turun dulu kecuali kalo emang kita mau turun di situ.

kl 2Dalam Bus

Selanjutnya, bus menuju Bukit Bintang. Ngelewatin Sungai Wang Plaza, BB Plaza, Picolo Galleria, lot 10, Berjaya Times Square. Mulai banyak penumpang deh dari bukit bintang. Rata-rata turis, entah itu bule ato asia, nginepnya di daerah bukit bintang. Di sana banyak hotel dan mall. Yang aku sebutin tadi itu nama-nama mall. Aku cuma baru ke Sungai Wang Plaza aja, kayak ITC gitu. Itupun 2 taun lalu. Ke KL kali ini sama sekali gak ada rencana ke Bukit Bintang karena emang gak ada yang mau dibeli juga.

Dari Bukit Bintang, bus melaju menuju daerah china town yang katanya surganya belanja. Aku sama sekali belom pernah loh ke situ. Bukannya apa-apa, takut ntar anak-anak kepengen makan trus bingung cari makan halalnya. Dari china town, bus menuju merdeka stadium, lalu menuju Pasar Seni. Naaah..Pasar Seni ini tempat fav kami kalo beli oleh-oleh. Wajib ke situ pokonya. Tapi nt sore aja ke sininya, males gembol-gembol belanjaan, mending menikmati city tour dulu.

Dari Pasar Seni, bus melaju lagi melewati Sri Mahamariamman Temple, Little India, KL Sentral, dan National Museum.

muz nas

muzPoanasnyaaa…hauuuss

muz 1susahnya motoin anak-anak

muz 2

Kami turun di National Museum. Azka udah kehausan, pengen minum. Di dalam bus gak bole makan minum. Emang pengen juga ke National Museum ini, selain murmer juga di luarnya ada kereta api kuno, mobil kuno, kayak yang di musium transportasi Taman Mini. Masuk ke dalam museum kalo di bawah 12 tahun gretong, di atas 12 taun cuma bayar RM 2. Ada cafe juga di luarnya, bisa santai dulu minum milo sejuk, juga ada tandas (toilet) yang bersih, tapi bayar berapa ya, 20 apa 50 cent, gitu.

kudaAlisha takut ama kuda. Azka aja deh yang difoto

praNebeng foto ya, tante ๐Ÿ˜€

ististana negara

istana neg

Selesai liat-liat museum, foto-foto, gak lama kemudian bus datang, kita naik lagi. Kali ini menuju National Palace alias istana negara. Para penumpang dipersilakan photostop selama 10 menit. Duuuhh…waktu itu hari udah makin siang, panas banget deh di sana. Alisha maunya digendong mulu. Papanya Azka itu tiap bepergian paling anti bawa stroller. seumur-umur kita pergi-pergi naik pesawat, cuma sekali doang aku bawa stroller, itu pun ke Bali ama emak blogger, si Papa gak ikut. Bawa stroller juga gara-gara dipelototin mbak Prima, katanya wajib bawa stroller. Yang mana ternyata bermanfaat buat Azka, waktu azka di bali yang tiba-tiba sakit perut dan harus dioperasi. Ke KL ini, si Papa tetepkeukeuh sumeukeuh gak mau bawa stroller.Katanya mending Alisha digendong aja. Huhuhu udah gitu gak tau kenapa si alisha maunya digandong aku mulu. Itung-itung olahraga angkat beban deh *ngibur diri*

muz btkperjalanan menuju merdeka square

merdekaMerdeka Square

merdeka 1

Dari Istana Negara, bus melaju menuju Parliament Building, national Monument, Asen Sculpture Park, Botanical Gardens, Orchid Garden, Bird Park, Butterfly Park, national planetarium. Si Azka minta turun di planetarium, tapi akunya cape. Lain kali aja ya, Ka. Trus, bus melaju lagi menuju Islamic Art Museum, National Mosque, Merdeka Square. Nah di Merdeka Square ini, dikasi waktu lagi tapi cuma 5 manit buat photostop. Si Azka gak mau turun, cape. Tapi aku pengen turun dong, jadinya aku ama alisha turun, foto-foto. Lalu bus menuju Sultan Abdul Samad Building, Jamek Mosque.

kereta 1anak-anak suka heboh liat kereta api lewat

monorailmonorail

Sepanjang perjalanan, anak-anak seneng banget liat kereta api lewat. Heboh deh kayak yang belom pernah liat kereta api aja. Ternyata bahagia di mata anak-anakku itu so simple. Cuma naik bus, trus tereak-tereak kegirangan liat monorail lewat di atas jalan.

uiIstana Budaya

Selanjutnya, bus menuju Istana Budaya. Kebetulan di istana budaya ada Upin Ipin The Musical sampai tanggal 6 mei. Di depan Istana Budaya ada maskot Upin Ipin segede alaihim gambreng. Pengeeen banget difoto di depannya tapi sayang busnya gak berenti buat photostop. Bisa aja sih turun di situ dan nunggu 30 menit berikutnya sampe dateng bus lainnya tapi liat anak-anak kayak udah cape, udah laper. Udah kepengen cepet-cepet sampe di KLCC,ย  ke mal suria, makan siang.

eskrimsegernya makan es krim cone seharga RM 2

maksiMariii..makaan

Sampe di foodcourt mal Suria, wuidiiiih penuhnyaaa….pas jam makan siang sih, pegawai kantoran pada maksi di sana. Sempet bingung mau duduk di mana. Tapi akhirnya dapet juga. Saking lapernya, anak-anak makannya lahaaap. Alhamdulillah. Abis itu, kita jalan kaki menuju hotel, sholat, istirahat, tepaaarrr.

Sorenya, si Papa ada janji ama temennya di KLCC. Aku diajakin ke KLCC males. Tapi begitu si papa pergi, kok ya gak tau kenapa hasratku menggebu-gebu pengen ke Pasar Seni. Padahal ke Pasar Seni kan bisa kapan aja, naik LRT dari KLCC turun langsung di Pasar Seni. Gak tau kenapa aku gak mau rugi, mumpung tiket bus KL Hop on Hop off masi berlaku, aku pengen ke Pasar Seni naik bus itu, cuma ke Pasar Seni doang, itung-itung leyeh-leyeh di bus keliling KL lagi. Langsung deh aku mandiin anak-anak, aku gak bilang si Papa kalo kita mau ke Pasar Seni. Begitu nyebrang ke bus stop no 1, alhamdulillah busnya udah dateng, langsung naik deh. Berenti di bus stop no 9, di Pasar Seni. Giraaaangnya belanja di sini.

ptgAnak-anak pengen difoto depan patung ini, pdhl ada tulisan no camera ๐Ÿ˜€

ps 3suasana dalam pasar seni

Cuma beli souvenir ama coklat aja, trus ke bus stop no 9 lagi, udah deh gak mau turun-turun sampe di bus stop no 1 sebrang hotel. Bus stopnya sampe no 23, trus balik ke no 1 lagi.

psAzka kacapean

ps 2bangun tidur langsung ngemil coklat

Waktu di atas bus lagi, aku bbm-in si Papa kalo lagi naik bus KL Hop on Hop off lagi. Si papa nyuruh nyusul ke KLCC, artinya berenti di bus stop no23. Tapi aku bilang, anak-anak cape, ketiduran, jadi mau langsung ke hotel aja. paling minta bungkusin makanan buat makan malem.

Sampe hotel, langsung deh si azka liat-liat souvenir yang dibeli, itu buat temen-temen di skulnya. Ceritanya, di kalender akademik ditulis ujian sekolah itu tanggal 23-27 April. yang mana artinya, anak kelas 1 mpe 5 belajar di rumah alias libuuurr. Eeehhhh 2 minggu sebelomnya dapet surat edaran ternyataaaaa libuur US dimajuin tanggal 16-21 april. jadinya tanggal 23-27 itu Azka boloooosss seminggu. Padahal seminggu sebelomnya dia udah libur. Mana tanggal 26 April ada Puncak Tema, anak-anak kelas 1 tampil ke depan, perform. Harusnya puncak tema ini bulan maret tapi diundur-undur mulu eeh malah diundurnya waktu kita ke KL. Ampuun deh. Gak matching bangeeets. Sebelom berangkat ke KL pun tiba-tiba sang suami mendadak disuruh ngurus visa, ada meeting tanggal 23 april di negri yang jauh di sana. Aku sutresno. Tapi yaaahhh here we are…..di KL. Meeting gak jadi, puncak tema gak ikutan. Tapi alhamdulillah kita cukup senaaang di KL. Anak-anak makannya gampang, sehat-sehat, hepi. Itu udah paling bikin aku ama misua bahagia deh.

……..bersambung…….

Day 3: Jalan-jalan ke Petrosains

Day 4: Tour ke Pabrik Coklat Berylโ€™s di Seri kembangan

Day 5: Upin Ipin The Musical di Istana Budaya

Day 6: Cocoa Boutique dan Jalan-jalan ke Putrajaya

Day 7: menuju KLIA dan pulang

sebelomnya: Day 1: Touchdown Kualalumpur

8 Responses to “Day 2: Menikmati KL Hop on Hop off”

  1. Lidya says:

    coklatnya banyaaaak nih, kok gak bagi2 ya :)

  2. Di Jakarta gak ada soalnya udah keburu macet di mana-mana mbak..hihih…

    Ceritanya seru, panjang, tapi sukaa bacanya ๐Ÿ˜€

    Walo ada hal2 yang bikin sutresno, tapi yang penting tetep hepi ya mbak ๐Ÿ˜€

  3. BunDit says:

    Kalau gak salah inget, ini pernah ditulis di blog sebelumnya ya mam. Seru banget ke KL nya. Saya 2x ke KL gak bisa jalan2 dengan puas, namanya juga training heheheh

  4. Dwi Woelan says:

    weisss,keliling” KL-nya mantap verr.. Alishaaa, tante mau coklat Beryls nya donkkk ๐Ÿ˜‰

  5. Vera says:

    @lidya: siniiiii..main ke rumah azkalisha
    @Alissa: iya sengaja dibikin detail nulisnya, sapa tau ke KL lg, tinggal liat2 arsipnya :)
    @Bundit: betuuul banget, di arsip juni 2010 ada postingan yang kami naik bus KL Hop on Hop off.
    @Dwi: ayo tante siniii..coklatnya masi ada loh :)

  6. Mama kinan says:

    wah mbak mupeng coklatnya..:) give away dong..hehehe dasar emak kinan banci kontes ya mbak…kidding mbak..
    wah mbak keren…lengkap info dan ceritanya…..jadi mupeng juga pingin jalan jalan kesana….hueheuehu kapan…yang dekat aja blom disambangi…hehehhe
    wah itungangannya lumayan murah lah itu busnya ya mbak, wong 24 jam…bisa dipake…
    itu dari photo2nya kak allisha dan kak azka seneng banget…eh btw kak allisha ultah bulan ini kan mbak??

  7. […] dokumen2 tentang pabrik dari pagi hari ini…sudah sutrisno bo’..*baca stress yah..hehehe mbak vera pinjam istilah sutresno muย  yaย  […]

  8. Elsa says:

    seru banget Mbak jalan jalannya…
    hehehehhee iri deh
    pingin ke KL lagi jadinya

Leave a Reply

About Me
Vera, mamanya Azka dan Alisha. Dilarang copy isi tulisan dan foto di blog ini tanpa seizin pemilik blog ini. Email: pus_vera@yahoo.com
Archives
Label
Diary Azka dan Alisha