Jalan-jalan ke Kuala Lumpur (Part 2 – TAMAT)

Hari keempat: Petrosains, KL Central, Bukit Bintang

a36 gondola petroGondola Petrosains

a35 petroAntre Naik Gondola

Hari Rabu, yaitu hari keempat, aku bangun kesiangan. Semalem bobonya padaal udah pules banget. Tadinya hari ini mau nyobain ke menara kembar petronas, kudu antri ambil tiketnya dari jam 7 pagi tapi karena bangunnya telat, belom mandi pulak dan beberes, akhirnya hari itu diputuskan mo ke mall Suria di KLCC, di lantai 4 ada Petrosains, bagus buat anak-anak dan dewasa.

a37 petro 1

a38 petrojaya

a39 petro 2

Abis mandi dan sarapan, trus beberes bentar nyisihin baju-baju kotor yang mo dicuci laundry hotel, kita berangkat naik taxi bertiga. Dari hotel concorde naik taxi ke mall Suria cuma RM 3,7 doang dengan harga buka pintunya aja udah RM 3. Kebayang kan deketnya tapi klo jalan kaki mayan jauh, nanggung. Sampe Petrosains, langsung beli tiketnya, alhamdulillah Azka yg belom 5 tahun usianya belom bayar, jadi yang bayar cuma aku aja, RM 12…murah yah. Masuk ke dalam, antri dulu, kita mo naik gondola. 1 Gondola itu paling banyak ada 4-5 orang lah. Antrinya ga lama karena gondolanya juga banyak. Tiba giliran kita, naik gondola sama seorang ibu dan 2 anaknya. Selama naik gondola, dilarang ambil foto. Selama naik gondola itu kira-kira ga sampe 10 menit, kita disajikan beberapa cuplikan film tentang hutan, minyak, dll. Jadi serasa nonton di bioskop tapi kursinya bisa gerak-gerak, seru deh. Abis itu kita turun, baru deh boleh foto-foto dan masuk ke ruangan yang serasa ada di pameran…klo aku bilang siy mirip-mirip sama yang di taman pintar Jogja lah. Di sana ada ruangan-ruangan, ada yang tentang antariksa, minyak, transportasi, gempa, banyak lah pokoknya. Gak semuanya kita liatin..klo semuanya diliat kira-kira memakan waktu 2-3 jam selama di dalem petrosains. Gak sampe 2 jam, si Azka mulai ga betah akhirnya kita nanya-nanya ke petugas pintu kluar yang ambil jalan pintas, alhamdulillah dianter keluar. Sampai di pintu luar, anak-anak dikasi susu UHT dari sponsor.

Abis dari petrosains, aku nyari-nyari toko yang jual alat gunting kuku berubung kuku kakiku panjang belom dipotong dan rasanya sakit kena sepatu. Keliling-keliling mall bingung juga mo beli di mana. Inget ada Body Shop di lantai C paling bawah, akhirnya aku kesana aja deh niatnya beli gunting kuku hahahaa….sampe sana, coba liat-liat parfum. Parfum yang aku pake, Aqua Lily biasa beli di Body Shop jakarta Rp 149 rb, di sana harganya RM 55 tadinya mo beli tapi kayaknya lebih murah di jakarta, jadi gak beli. Eh tapi liat ada parfum limited edition, Lychee Blossom, mayan murah RM 39 dan biasanya di Body Shop Bekasi ga jual yg limited edition, akhirnya aku beli itu aja deh daripada cuma beli gunting kuku doang hehee….Bener aja, minggu depannya waktu aku ke Mall Metropolitan, iseng-iseng ke Body Shop, ternyata emang gak jual yang limited edition..tau gitu aku beli lagi buat oleh-oleh mumpung harganya miring hiks…

a51 wangdepan plaza singei wang bareng temen papa

Sorenya, abis selese treining, Papa Azka ngajakin keluar sama temen-temennya yang 3 cowok itu, belom tau tujuannya mo kemana, kita menuju stesen Dang Wangi. Tadinya mo langsung ke Bukit Bintang (ada pertokoan dan plaza) tapi akhirnya diputuskan ke stesen KL central dulu liat jadwal bis/taksi ke Genting Highland, ceritanya hari Jumat kan Papa Azka treningnya setengah hari, jadi kita semua mo ke Genting highland. Stesen KL central mayan tertata rapi, stesennya luas banget. Dari sana kita menuju ke Bukit Bintang tapi mo nyobain naik Monorail…asyiiik akhirnya kesampean juga naik monorail. Nyampe Bukit Bintang, langsung ke Plaza Sungei Wang. Keliling-keliling dulu liat-liat. Mirip mangga dua gitu lah. Trus, mampir ke toko Vincci, para bapak-bapak itu sibuk beli oleh-oleh buat istrinya, ada yang beli dompet, tas, sepatu. Aku sendiri beli tas. Di suria ada juga toko Vincci. abis itu kita nyari makan, trus kembali ke hotel naik monorail, turun di Bukit Nanas, jalan kaki ga sampe 5 menit udah sampe hotel.

Hari kelima: Cocoa Boutique, Mall Suria

a55 di blkg hotel

Hari Kamis ini niatnya mo jalan-jalan seputaran hotel aja yang ga ngabisin duit, berubung uang ringgit udah makin menipis. Tadinya pengen ajakin anak-anak ke Aquaria di KLCC, mirip Seaworld gitu lah, tapi tiketnya RM 45/orang mayan mahal. Belom lagi besoknya kan mo Genting, pasti banyak kluar uang buat transport dan tiket masuk, jadi yah ga jadi ke Aquarianya.

a52 HRdepan hard rock cafe

a53 monorail

a60 concordeKliatan hotelnya

a58 main al

a56 kedai coklat

a57 dlm butik

Jalan kaki dari hotel ke Cocoa Boutique, ga sampe 10 menit. Aku ga bawa gendongan, karena kupikir kan deket aja..eh ternyata jadi pegel-pegel deh gendong Alisha. Kluar hotel foto-foto dulu depan Hard Rock Cafe yang di sebelah hotel. Sampe Cocoa boutique, masih jam 10-an cekrek-cekrek dulu di luarnya, begitu masuk dalem ternyata ga boleh cekrek-cekrek. Di dalemnya kita bisa liat proses pembuatan coklatnya. Coklatnya macem-macem, mahal amir…dan karena aku suka banget ma coklat, aku beli beberapa coklat yang menurutku ga banyak-banyak amat ternyata abisnya RM 50 huhuhuhu..tau gitu mending ke Aquaria, niatnya cuma mo liat-liat biar irit jadi kluar duit juga. Abis itu kita ke hotel, makan siang trus main-main aja di kamar, nonton DVD.

Sorenya, Papa Azka ngajakin ke mall Pavillion sekalian makan malem. Aku udah pernah lewat mallnya, waktu naik Bus KL Hop-on Hop-off,  mall gede gitu lah jual barang-barang branded. Makanya daripada ntar tergoda buat belanja-belanja, jadi aku usulin ke Mall Suria ajalah kan bisa jalan kaki dan makanan di foodcourtnya juga aku ma anak-anak udah cocok di lidah dan di dompet. Ya akhirnya kita jalan kaki ke mall suria. Ambil jalan pintas lewat belakang hotel eeeh ternyata ga jauh juga, Azka juga kuat jalan kaki. Di Suria cuma makan doang sama ke supermarket cold storage beli minuman ma cemilan, trus pulang ke hotel lagi jalan kaki.

Hari keenam: Naik skybridge Menara Petronas, Batu Caves, Genting Highland

a67 tomboltombol lift menara petronas

a70 sky mama

a71 azka buledi atas skybridge

a71 tampak atastampak dari atas

Malem sebelomnya aku udah niatin pokoknya hari Jumat ini mesti ke Petronas, ga usah sarapan, begitu bangun, mandi dan langsung ke sana naik taxi. Soalnya udah hari itu aja satu-satunya kesempetan. Tiap hari Azka nanyain mulu kapan naik ke menara Petronas.

Jumat pagi, abis mandi, aku bangunin Azka, tu anak ga dimandiin dulu, ganti baju aja ma cuci muka dan sikat gigi. Alisha yang masi bobo langsung kugendong, trus kita pamitan ma Papanya anak-anak yang geleng-geleng kepala. Naik taxi cuma RM 3,4. Sampe didepan tower 2, langsung ke lantai Basement tempat antre tiket. Tiketnya gratis, tapi harus ambil dari pagi karena dijatah. Ada dua shift naik ke atas, shift pagi jam 9-12, shift sore jam 3-5. Jam 7 pagi itu antreannya udah menguler, kebanyakan bule-bule. Loket ternyata baru dibuka jam 8.30..huaddduuuh kebayang deh berdiri terus selama 1,5 jam! Klo yang lainnya, anak istrinya pada duduk di tangga, suaminya yang antre. Sedangkan aku kan cuma sendiri brikut ma anak-anak. Aku juga ga berani nyuruh Azka duduk di tangga, karena takut terpisah, jadinya Azka kudu ikutan antre, kasian deh. Si petugasnya juga nanya, kenapa ga suaminya aja yang antre, aku bilang aku dateng cuma ma anak-anak aja. Jam 8.30 loket dibuka, aku kebagian naik yang jam 9.15. Di atas tuh kita cuma dikasi kesempatan 10 menit aja. Huhuhuhu….nunggunya 2 jam, visitnya cuma 10-15 mnit, gak lagi-lagi deh antre di sana klo gak bawa suami.

Sebelom naik ke atas, kita masuk ke ruangan, kayak bioskop, nonton dulu tentang proses pembangunan Twin Towers. Trus, baru antre masuk lift. Tombol liftnya kecil-kecil segede unyil. Di atas skybridge, langsung deh cekrek-cekrek. Seperti biasa aku gantian foto ama Azka hahahaa..lama-lama Azka terlatih juga ngambil foto. Alisha keenakan digendong malah bobo mulu.

Abis dari petronas, kita ke mall suria yang nyambung ma petronas. waktu menunjukkan jam 9.45. Sebenernya masi kekejar balik ke hotel dan sarapan, kan sarapan di hotel sampe jam 10.30 tapi aku putuskan makan di suria aja trus liat-liat mall.

Jam 11 dapet sms dari Papa, dia nanya aku lagi di mana, bentar lagi Papa selese treningnya dan kita mo siap-siap ke Genting, berangkat jam 2 siang. Yawdah, abis makan itu ga jadi ngemall, langsung ke hotel soalnya anak-anak belom pada mandi hihihihi…

Jam 2 kita semua berangkat ke stesen KL Central naik kereta. Akhirnya aku ketemu juga ma Andi dan istrinya, selama ini kan sejak nyampe KL belom ketemu temen mas Bagus yang 1 lagi karena beda jenis kamar dan beda pesawat. Aku udah 2 kali ketemu istri Andi (mama Risa), waktu nengok Mama Risa melahirkan (beda sebulan ma Alisha) sama waktu di kondangan 2 bulan lalu. Akhirnya, aku ma Mama Risa ngobrol-ngobrol kemana aja kami selama di KL ini. Mama Risa udah pernah sebelomnya ikut suaminya ke KL, jadi ini perjalanan yang kedua. Ternyata selama seminggu ini dia di kamar aja gak kemana-kemana, paling nunggu suaminya selese kursus baru deh jalan, itu juga paling ke Bukit Bintang ma KLCC. Dia ternyata ga berani keluar sendiri, takut. Nanyake suaminya, tentang aku, suaminya bilang klo Mama Azka banyak temennya di KL jadi jalan-jalan mulu ma temen-temennya di KL hahahaa..ini pasti Andi nanya ma Papa Azka dan Papa Azka yang bilang gitu klo selama di KL, aku bakalan jalan mulu sama temen-temenku yg tinggal di KL, padaal aku jalan-jalannya ma anak-anakku doang. Emang sih, mbak emma sempet nawarin mo ngajakin jalan-jalan tapi ternyata mbak Emma juga kedatengan ponakannya dari medan dan jakarta, jadi ga jadi ngajakin aku jalan-jalan. Mama Risa langsung deh ngrasa nyesel juga kenapa ga berusaha ngubungin aku, tau gitu katanya dia ikut jalan-jalan ma aku, dia sama sekali ga berani, naik taksi juga takut sama sopir-sopir yang orang India itu hahaha..trus naik Bus KL Hop-on Hop Off juga gak PD klo sendirian.

a78 batu cavesBatu Caves

a80 dlm cabledalam cable car

a81 barisan cable

a86 antre tiketAntre Tiket

Ke Genting Highland kita sewa mobil innova RM 350 PP berikut supirnya. Perjalanan ke sana, kita mampir dulu ke Batu Caves, photostop aja, ga naik ke atas. Abis foto-foto, perjalanan lanjut ke Genting. Berenti di stasiun yang mo naik Cable car, bayar RM 5 per orang. Seru juga naik cable car, tinggi banget dan panjaaaang lintasannya.

a89 flying

a90 genting

Trus, abis itu kita masuk ke Taman Tema Outdoor, bayar RM 41 karena peak season. Temen-temen Papa Azka mulai mencar, mereka pengen nyobain aneka wahana yang menantang adrenalin ciyeeeh…aku ga nyobain wahananya, cuma duduk-duduk aja ngawasin anak-anak main, palagi Alisha ga mau digendong pengen kesana kemari. Mirip wahana di Dufan lah, udaranya dingiiiiin kayak Puncak. Malemnya, kita makan di dalem gedungnya, di Kopitiam semacem pujasera gitu. Abis makan, perjalanan dilanjutkan menuju hotel naik mobil yang kita sewa tadi. Sampe hotel, anak-anak kagak ada capek-capeknya malah terus aja main ga mau bobo padaal kita mo packing-packing, besoknya kan mo naik pesawat yang jam 11 siang. Kalo Andi naik pesawat Airasia jam 3 sore, karena gak kebagian tiket Garuda. Jadi Mama Risa katanya mo nyari oleh-oleh lagi sabtu paginya.

Hari ketujuh: Pulaaaang

a91 al depan kamar

a93 cek otsebelom ninggalin kamar

Abis mandi, sarapan, langsung beberes. Sebelom ninggalin hotel, Azka ngomong gini, “Mama, besok kita ke Kualalumpur lagi ya?” aku jawab gini, “Iya, Ka, tapi harus ngumpulin uangnya dulu baru bisa kesini lagi.” Azka nimpalin lagi, “Kalo uang Papa sudah 60 rupiah kita baru bisa ke sini lagi ya? sekarang uang Papa kan ada 50 rupiah.” hahahaha..mana cukup atuh, Ka, 60 rupiah ke Malaysia.

Kesanku selama di KL, ternyata orang KL ramah, gak seperti yang aku bayangin. Kirain mereka sentimen ama orang Indonesia, ternyata gak juga. Selama aku di tempat umum, kayak stasiun, mall, dalem kereta api, selalu aja ditawarin tempat duduk. Beda banget ma di Jakarta, orang suka cuek liat ibu-ibu gendong anaknya. Terbukti beberapa hari setelah aku nyampe Bekasi, aku ke Mall Metropolitan mo nyari kado buat guru Azka. Trus Alisha rewel, aku gendong-gendong, sebelahku ada tempat duduk tapi terisi semua ma ibu-ibu dan bapak-bapak mereka cuek aja ga nawarin tempat duduk. Besoknya juga waktu anterin Azka les ke EF, di ruang tunggunya semua kursi didudukin para ibu dan mbak-mbak yang nungguin anak, aku dicuekin aja berdiri sambil gendong Alisha….:(

Transportasi di KL juga enak, walopun macetnya ampir sama kayak Jakarta tapi ada transport lain yang bisa ngatasin kemacetan, selebihnya sih ampir sama aja, harga makanan sama kayak Jakarta, bahasa juga ampir sama, jadi asyik aja lah ga asing-asing banget di negri orang, nyari makanan halal juga gampang, makanannya enak-enak sampe aku naik 2 kg hehehe. Beda banget waktu aku ke singapur, ga nafsu makan sama sekali.

15 Responses to “Jalan-jalan ke Kuala Lumpur (Part 2 – TAMAT)”

  1. Lidya says:

    selesai sudah jalan2nya ya :) cape tapi seneng kan

  2. motik says:

    mabak vera… asik liburannya………
    ternyata orang KL cukup empati juga ya mbak. aku jaman waktu hamil dulu aja naik bis penuh nggak ada yang mau ngasih tempat duduk :( memang makin kejam deh orang2. akhirnya malah si kenek yang nyuruh seorang lelaki untuk gantian ngasih tempat duduk ke aku. si cowok itu pasti kesel disuruh berdiri hehe…
    Azka nabung dulu ya sayang biar bisa ke KL lagi ajak mamapapa :)

  3. Vee says:

    seru banget ver, thanks buat oleh2 nya ya, akhirnya tamat juga, kirain kayak cinta fitri ga abis2 hehehehe… kemaren posting ini ada masalah ga ver?

  4. ke2nai says:

    jalan2 7 hari naiknya 2kg.. Nikmat berarti jalan2nya 😀

  5. puti laksmi says:

    kunjungan balasan… :)

    seruuuu banget jalan jalannya… kapan yaa bisa ksana??? hehhehehe

    • Vera says:

      @lidya: seneng banget dong @motik: iya ternyata baek2, yg ngasi kursi itu perempuan loh bukan bpk2 @vee: kebanyakan crita juga cape nulisnya, ini juga udah disingkat2 loh. posting yg ini lancar, ga ky yg sebelomnya ngadat mulu pas aplod foto ma save draftnya @ke2nai: makanan hotelnya enaaaaak

  6. astien says:

    senengnyaaa…seruu banget deh jalan2nya, komplit plit ceritanya..
    2 jempol deh buat vera, jalan2 sendiri tanpa suami + 2 anak lagi….

  7. Desy Noer says:

    wah mantef roadshow nya nich… lempar juga oleh-olehnya donk kesini.

  8. Waaaahhhh, gw ajah belom pernah ke KL, Teh. Soalnya mo kesono Ayahnya Zahia masih sibyuk mulu. Padahal pengen poto2 di Petronas hehehe wong ndeso katrooooo :-)

    Seneng yah Teh jalan2nya. Lain kali di jadwalin ke Miri atuh. Gpp walopun Papanya anak2 udah pernah. Nah dri situh kita JJs dah ke Brunei :-)

  9. senangnyaa…and puas juga niy yg ikutan bacaa..abis mengenang kembali memori daun pisan jadulku wkwkwkwk..dah lebih dr 5thn meninggalkan malaysia,tapi rasanya br kemaren..apalagi smua tempat yg diceritakan adalah tempat2 pelesirku setiap hari/minggu dan bulannya selama tinggal di Malaysia,makasih yah mama azka.emang enaknya byk siy kalo tinggal di KL/Mlys..at least gak sutrest bgtz dgn kemacetan dan tdk tertibnya org2 dgn aturan,krn biar gimana disana org2 nya masiy taat aturan,ya contohnya itu tadi..prioritas tempat duduk..org dgn sendirinya bakal ngasih tempat kalo ngeliat ibu2 dgn balita or ortu yg memang butuh duduk,nah kalo di kita sense utk itu krg skaleee.dan satu lagi dgn adanya MRT and monorail mengurangi macet yg ada…coba kalo indonesia tercintah kita bisa punya fasilitas demikian…bisa mengurangi byk permasalahan yg ada terutama di Jakarta.siip dah..rasanya pengen mudik dan pelesir lagi secepatnya…pokoke kalo aku mudik kita kopdaran ya;-)

  10. vera says:

    @desy: yok main sini masih ada oleh2nya @susan: hehehe…drpd ke miri, ke bekasi aja yuks sekalian mudik kan @mommy fayesha: iya, di kl lebih tertib ya. duh…ga sabaran nih pengen ketemu Farah, Ayesha dan mommynya..pokoknya klo udah sampe indonesia, kabar2i ya, mom…ntar aku samperin deh ke hotelnya, ato ketemuan di kidzania ato di rumahku juga bowleeeh:)

  11. azka ma alisha hebat ya gak rewel diajak jalan 2 nya .. jadinya seneng , update ya kalo jalan 2 lagi..

  12. BunDit says:

    Mama Azka ini pemberani ya? pergi2 pas di negeri orang cuma sama anak2 hehehe. Walau ternyata kalau gak ajak suami, giliran ngantri2 gitu lumayan capek ya. Pokoknya mama Azka Top deh :-)

  13. faidzaky says:

    mantab bener jalan2nya …

  14. lina sukadi says:

    habis liburan banyak cerita buat teman2 nanti… kelihatannya asyik banget… :)

Leave a Reply

About Me
Vera, mamanya Azka dan Alisha. Dilarang copy isi tulisan dan foto di blog ini tanpa seizin pemilik blog ini. Email: pus_vera@yahoo.com
Archives
Label
Diary Azka dan Alisha