Kuliner di Bandung

Minggu kemaren ada kesempatan lagi ngikut Papanya anak-anak ke Bandung. Tapi aku sama anak-anak berangkat ke Bandungnya nyusul hari rabu naik travel cipaganti berubung rabu paginya harus ngurus administrasi skulnya Azka ma ngukur seragam SD. Yup, Azka alhamdulillah keterima di SDI Al Azhar 6 Jakapermai, tanggal 9 itu harus udah bayar-bayar sama ngukur seragam. Gile ya, sekolahnya baru mulai Juli tapi Februari harus udah bayar dan Azka udah dapet kelas, kelas 1 A. Setelah urusan beres, kita menuju Bekasi Cyber Park, sekarang shuttle cipaganti udah pindah ke sana, bukan di Metropolitan Mall lagi. Jam 10.30 udah berangkat….eeeh ternyata di km 125 ada truk terguling, sementara jam 12 siang itu kita masi di km 116, walhasil semua kendaraan pada berenti kira-kira ampir 2 jam. Nyampe hotel jam 4 sore hiks….mana lapeeeerr…kali ini kita nginepnya di Hyatt, samping Bandung Indah Plaza. Tadinya mau makan di BIP sebelom masuk kamar. Tapi dipikir-pikir mending sekalian nunggu Papa selese kerja aja, abis magrib pengen makan di Madam Sari – Kartikasari. Sop buntutnya juara.

Besoknya, aku suruh adekku ma anak-anaknya main ke hotel. Biar Azka ma Alisha ada temen main. Kebetulan kalo di Hyatt, playgroundnya buka setiap hari. Biasanya kan kalo hotel lain playgroundnya bukanya cuma weekend ma tanggal merah.

a play

a outdoor

Trus siangnya aku mo ketemuan ma temen-temenku, blogger juga, ada Mia, Ochan, Dwi Wulan, janji mau ketemuan kangen-kangenan dan ntraktir di Suis Butcher. Mereka ini udah lamaaa banget ga apdet blognya, udah bulukan kale tuh. Ayoo rajin ngeblog lagi duoongs….aku ma mereka kenalnya udah lama banget, mpe sekarang masi suka chatt. Niatnya, Alisha ga akan aku bawa biar bebaaasss hahhaha…mumpung ada tantenya yang jagain. Ketemuannya sebentar sih, 1 jam saja, soalnya pada mo balik ngantor, kecuali aku ama Ochan, langsung ngacir ngajak anak-anak main di playground hotel. Kebetulan Ochan bawa anak juga, Nadya, seumuran Azka. Ohya yang bikin kita tuh pada kompak mungkin karena kita semua seumuran, satu angkatan dan sama-sama dari Bandung sekolahnya.

179819_1840058679346_1176925750_2180810_1557460_n

Foto diambil dr FBnya Dwi

Yah, selama aku di Bandung 4 hari sih kegiatannya gitu-gitu aja, ngajak anak-anak main di playground, berenang, jalan-jalan ke BIP ma FO seputaran jl.Riau, ga lupa juga belanja baju anak-anak di Lavie.

Ngiler liat postingan makanan di blognya Bundit, kali ini aku mau cerita kuliner di Bandung aaah..kayaknya belom pernah posting. Kalo kuliner di Jogja, udah pernah. Bisa diliat di postingan ini. Nah, yang kuliner Bandung ini, semua makanan yang pernah aku coba tapi bukan selama 4 hari kemaren di Bandung loh ya, bisa mabok aku makan sebanyak ini hihihi…beberapa ada yang aku coba pas kapan hari ke Bandung. Oke, siap-siap ambil sapu tangan biar ga ngeceeeesss…..

1. Sop buntut, iga bakar, nasi goreng Madame Sari – Kartikasari

a sop

a nasgor

ini tempatnya di Gedung Kartikasari jl. Dago. Kartikasari selain terkenal sama pisang molen dan browniesnya, di daerah dago jualan masakan juga, menumya ada traditional, china, eropa. Paling juara iga bakar ma sop buntutnya. Kalo Azka paling suka ama nasi gorengnya.

2. Nanny’s Pavillon

a nannys

Ini tempatnya di jl. Riau No. 112. Kemaren kita pesen nasi bakar tuna pake topping keju di atasnya, nasi bakar ayam, spaghetti bolognaise, sama waffle coklat. Di sini menu favoritnya pancake dan waffle. Harganya menurutku mahaaal, secangkir teh aja 9 rebu. Kayak resto di mall high end aja padahal ini bukan di mall tempatnya, sederetan factory outlet.

3. Atmosphere Cafe

a atmosphere

Tempatnya di jl. Lengkong Besar no. 97, mayan luas, ada yang di dalem juga ada yang di luar. Cocok buat ngumpul-ngumpul bareng temen. Harganya mayan juga sih agak mahal tapi makanannya enak. Baru nyobain beef snitzel, chicken steak, zuppa soup.

4. Mie Lengkong Kecil

a mie

Tempatnya nyempil di jl. Lengkong kecil, pinggir jalan tapi enaaakkk banget mie nya. 1 porsinya buanyak. Aku selalu pesennya mie yamin manis. Uniknya, di mangkok baksonya, selain ada baso, tahu, ceker, juga ada wortel loh. Pangsitnya juga enyaaak…

5. Cilok a k a Aci Dicolok

a cilok

Sapa yang ga kenal cilok, coba, rasanya kenyal-kenyal dari tepung kanji. Banyak ditemukan di pinggir jalan, terutama di sekolah SD hihihi..ini jajanan dari jaman SD tetep aja suka pengen nyobain. Isi cilok juga sekarang bervariasi, ada isi kacang, sosis, ayam, polos, kreatif deh. Ditaburi saus kacang dan sambal..yummy..dimakan selagi hangat.

6. Surabi Imut Sebrang Enhaii

a surabi

Tempatnya di jl. Setiabudhi, sebrang Enhaii. Di sana banyak berjejer jualan surabi dengan berbagai topping. Paling suka surabi ayam,sosis, telur….yummy…harganya ringan di kantong dan mengenyangkan.

7. Kupat Tahu Singaparna

a kupat

Ini dijumpai di mana-mana, paling sering ya di pasar tradisional ato kalo ga di gasibu tiap minggu pagi pasti ada. Mirip ketoprak tapi ga pake bihun. Dari kecil, selalu suka ama kupat tahu ini. Dulu waktu hamil Azka, pengen banget makan kupat tahu ini tapi apa daya, di Samarinda ga ada yang jualan. Isinya ketupat, tahu goreng, tauge, disiram bumbu kacang.

8. Martabak San Francisco

a mrtbk

Ini martabak dari jaman aku kecil, udah terkenal banget tapi harganya mahaalll banget menurut kami waktu itu. Tempatnya di jl. Burangrang no 42, ada cabang lain di jl. Karapitan. Waktu aku kecil, ga pernah kebeli ni martabak. Akhirnya pas udah punya anak baru coba, emang enaaakk sih. Selain martabak manis, ada juga yang asin.

9. BMC (Bandoengsche Melk Centrale)

a bdg melk

a BMC

Ini tempatnya di jl. Aceh no.30, deket mesjid Balai Kota. Sebenernya, sesuai namanya, menu andalannya ya segala produk susu ya kayak yoghurt, milkshake, tapi juga banyak menu pilihan tradisional ama menu eropa. Yang di gambar itu menunya gado-gado, batagor dan nasi timbel lengkap. Kalo diliat, BMC ini udah ada dari tahun 1928 wowww…legendaris.

16 Responses to “Kuliner di Bandung”

  1. astien says:

    mmmm ngiler bener deh…palagi ma sup buntut ma iga bakar, favoritku banget tuh…

  2. Lidya says:

    kopdar=makan2 ya ver hehehe

  3. entik says:

    ngiler mie ayamnya…

  4. Dzakyfai says:

    wah …ngeces liat smua makanannya dech….

  5. bunda farras says:

    wah azka dah mo masuk SD, slamat yaa .. deuuh meni ngiler liat makanannya .. kapan ateuh saya di traktir mbak vera .. hehehhe

  6. Vera says:

    @Astien: toossss aaah
    @Lidya: ketemuuannya pas jam maksi, say, pada kerja soalnya
    @Entik: mie baksonya emang enaaak
    @Dzakyfai: samaaaa….saya juga ngeces liatnya xixixi
    @Bunda Farras: hayu atuh iraha nya?

  7. BunDit says:

    Waduuuh…dr sekian banyak yang mam tampilkan hanya cilok dan surabi imut setiabudi yang pernah beli. Lainya bikin ngileeeer. Ah, jadi pengin ke Bandung nih.

    Maaaam…aku akhir2 ini pengin banget makan cilok. Cuma gak pernah ketemu yang jual. Biasanya di depan sekolahan ya? hrs hari kerja dong hehehe

    Ohya, pgn tahu aja, masuk SD Al-Azhar uang pangkal dan SPP nya brp ya? Siap2 buat ancer2 biaya SD Dita hihihi 😀

  8. Vera says:

    @bundit: waaahh klo di bekasi di mana ya nyari cilok…
    Al azhar 6 jakapermai uang masuknya 21 juta belom termasuk spp 800 rb. Tiap kenaikan kelas ga ada bayar2 lg. Yg di jakapermai udah standar internasional. Sama yg di kemangpratama satu yayasan, tp yg di kemang blom standar internasional. Uang masuknya sama 21 juta tp sppnya 750 rb, bun.

  9. Malena says:

    Aduh..jadi ngiler, pengen ke bandung euy…

  10. Glekkkk….foto2 makanannya bikin ngiler mbakkk… Azka juga kliatan semangat banget ya makannya, pasti enak banget deh 😀

  11. Elsa says:

    ya ampuuuuun Mbak Vera
    bener bener raja tega yaaa…
    bikin banyak orang ngiler dengan postingannyaaa
    hehheeee

  12. Diyan says:

    mbaaa,meuni bikin ngiler gambar2 makanannya..Bandung is the most favorite town,tp belum pernah lama disitu,jd belum terlalu ngerasain kulinernya,he2..makasiihh dh mampir k mbaa,saya ijin link blognya yaa :)

  13. Sumpe deh liat poto2nya langsung nyari anduk buat ngelap iler *slrruuuppphhh*

    Emang bandung mah juaranya kuliner dah!

    ntung pas kemaren mudik ngidam martabak San Fransisco kesampean. Tapi haarganya dah naek beberapa puluh ribu dari terakhir gw beli.

    Kalo Lavie mah emang teteup tempat pencarian baju number one yah Teh, soalnyaa murah2 seh :-)

  14. motik says:

    mbak ver….. lagi-lagi ngintil papa azka yang dines ke bandung nih 😀
    ya ampun mbak makanannya biki ngiler euy… naek brp kilo mbak pulang dr bandung hehe *kabooor* 😀

  15. zee says:

    Mbak,
    Aku juga suka deh sama sop buntut.
    Tapi kalo udah makan kok ya takut ya.. hehee.. takut kolesterol, padahal aku gak ada koles…
    Bandung memang gudangnya kuliner ya mbak… asoy deeeehh…

Leave a Reply

About Me
Vera, mamanya Azka dan Alisha. Dilarang copy isi tulisan dan foto di blog ini tanpa seizin pemilik blog ini. Email: pus_vera@yahoo.com
Archives
Label
Diary Azka dan Alisha