Long Wiken di Bandung

Liburan imlek kemaren kita habiskan 3 hari di Bandung. Pas banget Azka 4 hari kemaren pekan ulangan, tiaap ari ada ulangan. Aku juga 6 hari kemaren sibuk ngurus perpanjangan paspor ke imigrasi, rempong bin butuh kesabaran tingkat dewa. Makanya begitu ketemu long wiken rasanya butuh liburan biar fresh lagi.

Sebenernya sejak adekku melahirkan tanggal 19 januari, udah gatel aja pengen booking hotel di Bandung buat wiken. Pengen nengokin ponakan baru. Tapi mas Bagus sibuuk melulu. Dari sebelom adekku lahiran, aku udah sibuk browsing2 hotel di Bandung, sibuk bbm-an ama temen yang kerja di biro travel, banding-bandingin harga di travel ama harga di agoda. H-3 baru ada kepastian kalo mas Bagus bisa ke Bandung.

H-2 banjir melanda Jakarta lagi. Mas Bagus mau ngantor aja 5,5 jam baru sampe di kantor. Alisha baru juga sampe sekolah, disuruh pulang lagi karena listrik mati dari subuh dan hari itu adalah perform lomba nari dan nyanyi lagu daerah. Lombanya diundur minggu depan. Sementara sekolah Azka juga mati listrik. Sekolah cuma sampe jam 9, trus disuruh pulang. Liat situasi kayak gini aku jadi ragu mau ke Bandung. Belom lagi km 72 Cipularang yang Jumat lalu ambles, belom juga rampung diperbaiki. Akhirnya aku kontek temenku itu, bilang pending dulu hotelnya. Emang belom aku bayar juga sih.

H-1 cuaca cerah. Aku jadi kepengen lagi ke Bandung. Kangeeenn.ย  Nelpon ayahku nanya, sebaiknya aku ke Bandung apa gak ya. Ayahku bilang, ke Bandung aja. Bbm mas Bagus, nanya, jadi ke Bandung ga ya…dia bilang ya udah hayok aja. Langsung deh browsing hotel lagi di agoda. Lah kok sold semua. Aku telpon langsung ke beberapa hotel yang aku incer. Jawabannya sama. SOLD. Huhuhuhu…..namapun long wiken ya, jadi susaaahh dapetin hotel H-1 gini.

Tadinya aku ga akan ngehubungin temenku itu. Malu euy, gagal mulu mau booking. Tapi apa boleh buat. Hotel yang aku incer pada penuh semua. Sapa tau temenku itu masi punya info hotel yang kamarnya masi available. Dia kasi beberapa pilihan. Yang sesuai kriteria aku cuma 1, Novotel. Ada 11 lantai, ga jadul banget hotelnya, letaknya di tengah-tengah, ga jauh dari rumah adekku, ga jauh juga ke Lembang. Dan ga jauh ke Saung Angklung Mang Udjo. Aku emang rencana kalo ke Bandung pengen ke De Ranch di Lembang ama Saung Angklung Mang Udjo di Padasuka. Aku tanya mas Bagus, gimana kalo nginep di Novotel. Dia bilang sih terserah aku aja. Mas Bagus juga belom pernah nginep di Novotel Bandung. Siipp…aku bilang temenku, oke deh Novotel aja. Temenku itu nanya ama aku, udah yakin belom? hihihi saking aku berubah-ubah mulu ya. Dia bilang soale kalo udah booking, ga ada garansi. Uang ga bisa dibalikin. Bismillah…aku bilang yakin. Sambil berdoa semoga hotelnya ga mengecewakan, si Azka suka, Papa ga komplain, cuaca mendukung, ke Bandungnya lancaaarr ga pake macet. Langsung deh aku transfer ke temenku. Voucher hotelnya dikirim via email. Mayan harganya lebih murah dari agoda. Udah termasuk sarapan buat kita berempat. Kalo menginap di hotel Novotel Bandung, anak-anak di bawah umur 16 tahun masi free sarapan. Asyik ya. Biasanya si Azka suka kena bayar loh kalo di hotel lain.

Jumat pagi cuaca ceraaah. Kita berangkat jam 7 pagi dari rumah. Alhamdulillah jalanan di tol cipularang mayan lancar. Jam 9 udah keluar tol Buah Batu. Sengaja keluarnya bukan di Pasteur, takut macet. Mampir dulu ke toko Harvest yang baru buka di Buah Batu, beli Triple Chocolate Cake buat adekku yang baru melahirkan dan mau berulang tahun. Keren ya di Buah batu sekarang makin rame aja. Dulu jaman aku masi sekolah di Smandel Buah Batu, itu jalanan masi sepi. Yang jualan juga ga gitu banyak. Eh sekarang sampe Harvest aja ada di sana. Jadi di Bandung sekarangย  ada 2 Harvest. Satunya lagi di Dago, di sebelah hotel Holiday Inn. Sementara di Bekasi kok ya belom buka iiihhh.

Ternyata di Harvest juga sekarang ada cronut (croissant donat). Pengen cobain, apa seenak cronut yang di Union. Tapi ternyata cronutnya baru ada jam 10. Sementara waktu itu baru jam 9.30. Kapan-kapan deh cobainnya. Aku, Azka ama Alisha suka banget cronut. baru coba yang di toko Union aja sih. Di sana namanya Flaky donuts. Aku ama Alisha suka yang rasa cinnamon. Azka suka yang coklat. Kalo mas Bagus sih biasa aja.

Dari toko harvest, langsung menuju rumah adekku. Di sana udah ada ayahku juga. Jadi kumpul semua deh. Azka ama Alisha hepi banget ketemu para sepupu. Abis jumatan, pamitan, kita menuju Bandung Indah Plaza (BIP). Aku pengen beli baju ama rok di toko langganan. namanya toko Emira. Masuknya dari pintu BIP belakang yang nempel ama akses menuju hotel Hyatt. Sempet beli beberapa pashmina juga di toko sebelahnya. Di sana emang berjejeran toko-toko yang jualan perlengkapan pakaian muslimah dan harganya terjangkau.

Setelah itu kita menujuuu hotel. Lokasinya di Jl Cihampelas, deket RS Cicendo. Agak jauh sih dari Ciwalk (Cihampelas walk mall). Azka udah ga sabaran banget. Dapat welcome drink, ga sampe 5 menit, kita udah dapat kunci. Padahal belom jam 2. Begitu masuk kamar…..alhamdulillah kamarnya bersih, gak bau.

a1

a2

Antara kamar mandi dan ruang tidur ada kaca transparan. Mirip kamar di hotel Hilton. Untuk kamar yang kita ambil, selain udah termasuk sarapan jugaย  free minibar, juga snack yang di atas meja dan dapat buah-buahan.

Sebenernya sih kalo ke Bandung, pasti seharian pergi-pergi. Hotel ya buat numpang bobok aja. Abis naro barang-barang, mumpung cuaca cerah, kita berangkat ke Lembang dengan tujuan De Ranch. Biasanya paling males deh ke Lembang apalagi long wiken gini. Males ama macetnya. Tapi dipikir-pikir, udah lama juga kita gak main di De Ranch.

Harga tiket masuk De Ranch ternyata masi sama. 5000 perak, udah termasuk free susu. Mayan rame juga di sana. Suasananya enak banget, ceraahh.

a4

a5

Naik perahu bertiga

a6Naik delman berempat

Naik perahu bertiga dan naik delman berempat itu total semuanya abis 70 rebu. Abis itu Alisha minta naik gerobak dorong, tiketnya 10 rebu. Naik gerobak dorong ini maksimal berat badannya 25 kg. So, Azka ga bisa. Berat Badan Alisha sekarang ini 17 kg. Bulan Mei nanti ulang taun ke 5.

a7

a8Gerobak Dorong

Ohya kita juga cobain jajanan yang ada di De Ranch. Harganya mayan murmer. Ada mendoan, lotek, pofertjes, gorengan, bakso, roti. Makanan berat juga banyak.

a9udaranya segeeer

a10

a11

Setelah puas main di De Ranch, kita mampir ke toko tahu tauhid yang ada di depan. Beli batagor buat dicemilin di perjalanan menuju hotel. Mayan macet menuju Cihampelas. Soalnya udah malam juga sih, makin rame. Nyampe kamar, mandi dan tepaaarr bobok.

Besoknya, hari sabtu, sepupu Azka main ke hotel. Kita ajakin main di kids clubnya ama berenang. Kolam renang Novotel kecil aja sih. Tapi ada bagusnya, jadinya orang-orang pada males berenang ya. banyaknya malah anak-anak aja hihihi. Tapi aku agak heran juga sih kok hotel segede gini kolam renangnya cuma seuprit.

a12kids club

a14kolam renangnya sepi

Hari itu rencananya mau ke toko buku “Rumah Buku” yang ada di samping hotel Mitra Jl WR Supratman. Trus sorenya mau ke Saung Angklung Mang Udjo (SAMU) di Jl Padasuka no 118.

a13Siap-siap ke Rumah Buku

Bener deh kata mbak Dey yang pernah komen di postingan ini, ternyata di toko buku “Rumah Buku” boanyaakk diskonnya. Buku WHY yang selalu dibeli Azka tiap bulan, harganya 75 rebu, di Rumah Buku didiskon 20 persen jadi 60 rebu. Huaaaah langsung deh beli 7 bijik.

a15

a16

Itu buku malah langsung deh dibaca ama Azka. Pengenya sih semua serinya dikoleksi. Tapi bisa bangkrut ntar Mama, Ka. Belinya nyicil dikit-dikit aja ya, Ka. Sekarang Azka udah punya buku WHY udah ada 14 buah.

Sorenya kita pergi ke saung angklung mang Udjo. Tapi aku ceritain terpisah aja ya di postingan berikutnya. Hari sabtu itu Bandung masi ceraaah.

Hari Minggu pagi, ujan rintik-rintik tapi langit terang. Pengennya sih sebelom pulang ke Bekasi, ke Floating Market di Lembang. Tapi Papa males nyetir ke Lembang lagi, takut pulang ke Bekasinya macet. Jadi kita putuskan pergi ke tempat yang deket aja, yaitu Lactasari Mini Farm di mall Paris van Java. Cerita selengkapnya bisa dibaca di sini.

So, gimana kesannya liburan di Bandung kali ini. Alhamdulillah puas banget. Ketemu ortu, ketemu adek-adek, ponakan, sempet main juga ke beberapa tempat. Cuaca juga ikut mendukung. Hujan turun dengan lebat waktu perjalanan menuju Bekasi. Tapi alhamdulillah perjalanan ke Bekasi juga relatif lancar, 2 jam.

Azka juga seneng banget ama hotelnya. mentang-mentang hotelnya tinggi ada 11 lantai. Makanannya enak-enak. Menunya variatif, standart lah ada nasi goreng, mie ayam, lontong sayur, bubur ayam, wafel, salad, buah, gorengan, aneka kue, menu western breakfast, trus juga yang unik, ada jamu lengkap dengan sepeda dan mbok jamunya. Aku sempet cicipin jamu kunyit asemnya, segeerr.

20 Responses to “Long Wiken di Bandung”

  1. Lidya says:

    wah ada rumah buku ya disana, kaya toko buku gitu ya Ver?

  2. fitri3oys says:

    asik ngt jalan2nya ya..ke Bandung gak pernah ngebosenin…anak2 wkt berenang di Novotel cuman kuta bentaran doank…dikit bgt euyyy

  3. arman says:

    de ranch itu seru ya keliatannya… ntar kalo kapan ke indo mau juga ah kesana.. ๐Ÿ˜€

  4. dian sigit says:

    waaah seru bgt!! noted ah, udah dicatet yg asyik2 buat kelak klo main ke bandung

  5. Ver,
    Gw malah mo nanya Hyatt Ok gak sih ?
    Gw rencana mo ke Bandung lagi nih pertengahan Februari. Tapi kalo ke Padma lagi ato di Hilton, ratenya lagi mehong nih.
    Gw belon book hotel hiks. Apa musim Valentine ya makanya rate pada mehong ?

  6. dani says:

    Wuiiiih, serunya Mba Vera. Jadi pengen deh liburan ke Bandung lagiii.
    Makasih ya dah dikasih link-link nginep di hotel lainnya pas baleisn komennya Indah. ๐Ÿ˜€
    Eh btw dah coba cronutnya mandarin?kalo udah enakan mana sama Union? ๐Ÿ˜€

    • Vera says:

      cronut mandarin belom coba, Dan. Aduuuhh cronut cinnamon Union aja udah enaakkk apalagi mandarin kali ya. Katanya J Co central park ama citos juga udah ngeluarin cronut. Tapi aku br coba yang union aja sih. Harvest juga aku belom coba cronutnya.

  7. rhey says:

    waaah,, 65 ribu buku why?? kemarin di gramedia kendari lg diskon buku why dan harganya jadi 20rb heheheheheh seneng banget saya beli beberapa untuk ponakan dirumah. liat hrga aslinya segitu nyesal ga ngambil banyak ๐Ÿ˜€
    btw,, seru ya liburannya azka sama alisha….. :)

    • Vera says:

      huaaahhh 20 rebu buku WHY, di gramed? jarang2 tuh. asyik banget diskonnya menggila gitu ya. aku pasti langsung borong seri yang belom ada tuh.kmrn 60 rebu aja serasa beruntung banget, soalnya biasanya beli 75 rebu, Rhey.

  8. Pypy says:

    Asikk bangett longwikenan ke bandung ๐Ÿ˜€

    Akuhh juga suka baca2 buku Why di Gramed.. Pengen beli tp dikamar udah ga ada tempat..haha ๐Ÿ˜€

  9. dey says:

    Pasti nanti lagi kalau ke Bandung langsung ngeborong WHY di Rumah Buku ya … hehehe

    Kalau long wiken, orang Lembang nya sendiri malah ngga kemana2, penuh sama orang kota :D.

    • Vera says:

      iya yang di rumah buku itu mayan murah, yang di online aja diskonnya 15 persen.

      Lembang makin banyak sih ya tempat wisatanya. kalo di kota bandungnya kan bingung tempat wisatanya kemana lagi, paling shopping.

Leave a Reply

About Me
Vera, mamanya Azka dan Alisha. Dilarang copy isi tulisan dan foto di blog ini tanpa seizin pemilik blog ini. Email: pus_vera@yahoo.com
Archives
Label
Diary Azka dan Alisha