Spring Holiday ke Dubai

Sekolahnya anak-anak dalam setaun ada 3x libur. Ada winter break di bulan Desember, selama 3 minggu liburnya. Yang mana kita mudik kemaren itu ke Indonesia. Truuss….spring break, di awal April, selama seminggu. Nanti ada summer break di bulan Juni sampe Agustus, libur ampir 3 bulan deh tuh.

So, kemana spring break kita taun ini, setelah spring break taun lalu kita sekeluarga berangkat umroh, nah taun ini kita putusin jalan-jalan ke Dubai. Ini ketiga kalinya kita pergi ke Dubai, dan selalu excited..! ya namanya juga liburan ya…pasti seneng…entah itu pergi kemana. Apply visanya via online. 1 orang kena OMR 27. Aku tulis disini harga-harganya buat ngingetin aku aja karena blog ini sifatnya kayak diary buat aku. Klo aku perlu apa-apa ato nginget-nginget tinggal liat lagi, ga ada maksud pamerin harga buat nyombong-nyombongin yah…bener-bener cuma buat inventaris data aja sapa tau suatu saat aku perluin lagi dan karena aku orangnya pelupa jadi aku tulis disini aja di jurnal pribadiku.

Kita ke Dubai 4 malam aja, pake mobil. Dari Muscat ke Dubai kira-kira 6 jam naik mobil. lancar jayaaa Alhamdulillah.

Berangkat hari kamis 30 Maret jam 3 sore. Sampai hotel jam 9 malam. Kita pilih kali ini Holiday Inn Express Safa Park deket stasiun metro bussines bay. Taun lalu kita nginep di Millenium Plaza aduuhh surgaa banget deh tuh…keluar hotel udah tinggal masuk pintu stasiun metro. Anak-anak kan ngefans banget ama metro. Tapi millennium mihil bingits..sayang ah uangnya. Mending dipake buat main-main. Holiday Inn Express ini klo buat di Indo juga mayan mehong….setara kali harganya ama hotel bintang 4 ato 5. tapi yaaahh jangan dibandingin harga Indo ah ntar sakit ati. 4 malam nginep di holiday inn Express totalnya OMR 242, 1 OMR 34 rebu. Kita sih seneng aja di hotel ini, karena beberapa alasan:

• ga perlu buka 2 kamar rata-rata hotel lain nyuruh buka 2 kamar ga mau sekamar 4 org
  • sarapannya mayan enak
  • kamarnya bersih, kamar mandi juga ga bau
  • ada sofa bed yang bisa dijadiin extra bed
  • lokasinya strategis
  • di lobby ada mini shop, klo ada apa-apa bisa belanja cemilan ato minuman di situ
  • parkirannya gampang
  • deket ke stasiun metro

Hari pertama di Dubai, ga kemana-mana. Langsung istirahat aja ngumpulin tenaga buat besok pagi.

Hari kedua, jatuh di hari Jumat. Tadinya mau ke Legoland tapi bingung ntar jumatannya dimana. Jadi kita putusin ke mall of emirates aja deh main di ski Dubai. Ntar sholat jumatnya ada di dalam mall. Tiket masuknya beda-beda harganya tergantung paket yang mau kita ambil. Kita pilih paket express yang ada main-main di salju, nonton penguin, naik kereta gantung. Berempat totalnya 1080 AED (1 AED sekitar 3500 rupiah). Udah dapat perlengkapannya, baju hangat, celana training, sarung tangan, kaos kaki. Tapi kaos kaki dan sarung tangannya tipis banget. Bisa beli yang agak tebel di shop sebelahnya. beli kupluk juga di sana.

bdubai3

Masuk ke arena ski Dubai sekitar jam 10 pagi. Masi agak sepi. Suhunya minus 3 derajat. Si papa cemas nih, doi kan ga kuat dingin…suka alergi kulitnya merah-merah ato kadang pengsaann. Alisha begitu masuk udah tereak bilang aku kedinginaaan…trus minta tukeran sarung tangan ama papanya yang lebih tebel. Kalo aku sendiri alhamdulillah masi tahanlah….tapi biasanya klo kedinginan suka pengen beser bawaannya hahaha…

dubai 1

Selama di dalam arena, kita puas-puasin lah naik kereta gantung, main seluncuran yang pake ban, trus Alisha juga main yang duduk di kuda-kudaan trus kita Tarik kudanya, trus main apalagi ya…..jam 12 kurang kita break dulu siap-siap jumatan. Sekalian pengen cari minuman anget dan cemilan di foodcourt. jam 14.30 masuk lagi karena siap-siap mau ketemu penguin jam 14. Ciyeeehh mau ketemu penguin aja pake janjian yak ketemu jam 2. Arena dalam penguin lebih dingin lagi. minus 4 derajat. Di sini kita dikasi tau tentang kehidupan penguin, trus foto-foto ama penguin dan boleh meluk, pegang penguin. Kira-kira 40 menit lah. hayaahh segitu doang…kirain nonton pertunjukkan kayak di gelanggang samudra Ancol. Abis dari arena penguin, masuk lagi ke arena ski. tapi cuma main teu puguh. Trus kita akhiri aja permainan ini..tsaaahhh…

Belom makan berat….males makan di mall boseen. Kita mau makan di resto Betawi aja di daerah Karama. Kangen makanan Indonesia. Cusss meluncurlah mobil kita ke daerah karama. Pesen makanan sate kambing buat papa, sop buntut buat aku ama Alisha, cah kangkung buat bersama, nasi goreng buat Azka. Minumnya es teh manis beli 1 pitcher. Enaaakkk. Alisha ditawarin makan tadinya ga mau. Dia masi kenyang ama mcd di mall of the emirates. Tapi akhirnya mau juga cicip-cicip nasgor nya kakak ama cicip-cicip sop buntut. Total AED 140. Sama lah ama harga makan di Oman.

Dari Karama, deket situ ada alfamart. mampir bentaar tapi barang-barangnya ga banyak. Azka beli bakmi mewah ama jajanan snack. Aku beli sambal. Udah gitu doang. Trus balik ke hotel, istirahat.

Hari kedua, hari sabtu. Abis sarapan kita siap-siap ke LEGOLAND yuhuuuu…ini wahana baru buka akhir taun kemaren. LEGOLAND itu tempatnya di pinggiran Dubai deket Gunung Ali (Jabal Ali.) Deket perbatasan Abu Dhabi dan kota Ghantoot. Daerahnya juga disebut Dubai Resort Park karena ada beberapa resort di sana.  Abis parkir di Dubai resort ada tram yg mengantar kita ke LEGOLAND. Di Dubai Resort Park itu ada 4 tempat wisata, LEGOLAND Dubai, LEGOLAND Water Park, Motion Gate (Kyk Universal studio) dan Bollywood. Kita rencananya mau ke  LEGOLAND aja, ya mirip dufan laaah… Wahananya kyk roller coaster, 4D mirip sama dufan.  Dan cuaca sangat puanaaas sekale. Disitu ada miniatur UAE dan miniatur bangunan yang terkenal di seluruh dunia kayak Taj Mahal, Piramida Mesir (indoor) dan kyk pabrik LEGOLAND, ada jg model bangunan di Dubai dlm lego.  Wahananya kebanyakan untuk anak anak.  Antrian pun Ok lah, nggak terlalu puanjaang.  Abis ke LEGOLAND, kita belanja di Dubai Outlet tapi nggak bawa apa apa habis kesitu sodara sodaraaaa.  Mallnya kyk bangunan dr batu bata, jadul tapi banyak toko toko.  Habis itu kita ke IKEA Dubai untuk belanjaaaaaaaa dan makan malam di restoran khas Swedia yg enak sekali.  Makananya kyk Ikea Alam Sutra gitu.  Kita pulang ke hotel hampir jam 10 malam waktu Dubai (GMT+4) dan kita tidur.

bdubai 2

Hari keempat, hari minggu, kita ke Dubai Mall untuk belanja di Pylones dan Alisha pingin dibeliin mainan di Toys R Us.  Abis itu, kita jalan2 u melihat lihat ke Dubai Marina naik Metro dan Tram Dubai.  Kebetulan si Papa pingin makan siang di Kafe Betawi lagi guys……. jadi makan disitu lg. Ngak makan di mall.  Abis itu, kita ke Dubai Outlet Mall, beda kyk kemarin, belanja dan pulang ke hotel.

Hari senin, kita pulang ke Oman. Sblm pulang, kita belanja di alfamart Dubai dan beli maksi buat makan di jalan.  Brgkt jam 12.30 siang, sampai jam 6.30 malam.  Perjalananya 6 jam, lancar, di perbatas lancar. Dari tempat beli maksi lgsg ke apartemen kiti Oman. Liburanya belum selasai buat anak2. Sampe hr sabtu depan liburnya, kita ke Dubainya gak seminggu karena papa ada meeting.