Wisata Bukittinggi dan Sekitarnya

Udah sejak lama pengen banget ke Sumatra Barat. Azka, Alisha dan papanya malah belom pernah sama sekali nginjakin kaki di sumbar. Sementara aku trakhir kali ke Padang mmmmhh….tahun 97….udah lama banget kan. Klo ke Bukittinggi belom pernah sebelomnya. Denger-denger cerita orang, katanya pemandangannya baguus banget trus wisata kulinernya mantap. Huaahhh…makin kepengen.Bandara

Akhir januari lalu waktu baca TLnya @mandalaair, ternyata ada tiket promo 88 ribu, untuk tujuan ke Surabaya, Padang, Pekanbaru, Medan. Cuma satu hari itu aja promonya. Langsung aja deh beli buat tujuan ke Padang. Masa penerbangannya dari mulai feb ampe juli 2013. Liat kalender akademik Azka, ternyata awal Mei ada libur seminggu soale anak kelas 6 ujian nasional, 3 hr, trus kamisnya tanggal merah plus jumatnya ada rapat guru jadi murid diliburin. Jadilah dipilih berangkatnya awal mei itu saja, dengan berdoa harap-harap cemas semoga Papa bisa diijinin cuti ama bosnya. Pesen hotel seminggu sebelom berangkat aja kalo udah pasti bisa berangkat.

Dari mulai januari sampe ke mei itu rasanya seabad ya, sodara-sodara….saking udah ga sabarnya. Trus juga deg degan, apa pesawatnya nyaman buat anak-anak. Mandala sekarang kerjasama ama Tiger Airways. Yang bikin kurang sreg sih jam penerbangannya. Namapun tiket promo ya, jam berangkatnya itu jam 6 pagi sementara jam pulangnya jam 9 malam. Cuma ada itu aja, ga ada pilihan lain.

Browsing-browsing hotel, tanya-tanya temen dan sodara, dapatlah hotel the hills di Bukittinggi, dulu namanya novotel. Tapi ga tau kenapa, belom berani booking. Ntar ajalah deket-deket hari H.

Mendekati hari H, Papa bilang lagi sibuk kerjaan karenaaa…ada test sumur. Huhuhu….mo test sumur kek mo test apa kek, pokoknya HARUS jadi berangkat ke sumbar *mulai panik dan makin deg degan*. Antara yakin bisa cuti ato ga, kita putusin, pesen hotel aja deh. Hotel yang kita pilih berubah. Jadi milih Grand Rocky, cuma karena liat di webnya, di hotel itu ada lift bening dan Azka kan sukaa banget ama lift bening. Cetek banget ya alasannya hihihi..sengaja milih hotelnya di Bukittinggi, soale tempat wisatanya emang banyakan deketnya dari Bukittingi. Udah gitu udaranya sejuk, enak, gak panas kayak Padang.

Alhamdulilah juga mendekati hari H, dapat konfirmasi dari Mandala, via email, ada perubahan jam penerbangannya. Jadinya berangkat jam 11, pulang ke Jakarta jadi jam 13. Asyiikk…ga kepagian, ga kemaleman. Udah gitu pas hari H, pesawatnya on time. Di pesawat Azka pesen Nasi goreng dan minta beliin mainan pesawat.

So, puas banget rasanya liburan kemaren ini, anak-anak sehat, makanannya pada suka, menikmati liburannya, pesawatnya nyaman, hotelnya bagus, wisatanya keren-keren pemandangannya. Aku tadinya mikir, si papa bakal ngerasa biasa aja tuh liat pemandangan, sungai-sungai, toh di kampungnya di Sleman sana juga banyak sawah, sungai, yang ijo-ijo. Eh ternyata dia malah excited dan berkali-kali berdecak kagum liat view di perjalanan dan tempat wisata *sambil sesekali bertelpon ria, ngecek test sumur dan nerima laporan dr temen kantor hihihi tetep yak sambil ngurusin kerjaan* trus bilang ke aku, kapan-kapan pengen ke Sumbar lagi, ke tempat yang belom sempet kita datengin kemaren, kayak ke Solok, Payakumbuh, Sawahlunto, Danau Atas Bawah, trus pengen cobain nginep di penginapan sekitar Danau Maninjau. Hohoho….berarti berkesan ya, sampe pengen balik lagi. Selama di sana, kami sewa avanza, tanpa supir. Jadi…siapa yang nyupir? Tentu saja si Papa, sengaja kita ajak sepupu buat jadi guidenya. Kemana aja tempat yang kita kunjungi….yukkk…mareee…siapkan minuman dan cemilan, postingann ini bakal panjaang…

TEMPAT WISATA DI SUMATRA BARAT

1. Pantai Padang

Waktu kami ke sana, udah mulai gelap jadi ga sempet liat sunset. Letaknya tentu aja sepanjang Kota Padang. Di pinggir jalan banyak kios dan warung makanannya. Agak tak terawat sih ya..

2. Jembatan Siti Nurbaya

jemb2Sepanjang jembatan banyak yang jualan jagung bakar dan minuman. Dari atas jembatan, kita bisa liat sungai lebar yang dipenuhi kapal dan perahu. Alisha kepengen banget tuh naik kapalnya. Tapi ga kita turutin.

s9jembatan Siti Nurbaya

3. Pantai Air Manis

mk1MK2Naahh yang ini pantainya terkenal banged soale ada batu si Malin Kundang. Kebetulan di buku pelajaran Azka, ada dongeng si Malin Kundang. Jadinya Azka seneng banget bisa liat batunya kayak apa, kapal batunya kayak apa walopun sebenernya itu kan direkayasa doang hihihi…

s10pantai air manis

4. Lembah Anai

anaiIni letaknya di pinggir jalan menuju Bukittinggi. Pemandangannya baguus banget. Tiket masuknya lupa, pokoknya ga sampe 10 rb. Kita bisa liat pemandangan air terjun dan sungai Jernih dengan bebatuan yang gedeee.

s11Letaknya di pinggir jalan

s12

5. Ngarai Sianok

sianok

s1

s2

Ini lokasinya di Bukittinggi. Viewnya aslik keren banget. Udara di bukittinggi juga enak, dingin. Ada juga great wall a la Bukittinggi, tapi jalanan turunannya jauuuh banget, takut ana-anak kecapean.

6. Panorama

sianok2

s3

Ini juga di Bukittinggi. Baguuss banget viewnya, lembah dan gunung gitu deh.

7. Lobang Jepang

jeanglokasinya masi di panorama juga. Tiket masuknya 8rb udah termasuk tiket masuk ke panorama. Lobang Jepang ini mirip Goa Jepang yang ada di Dago Bandung. Masuk ke dalam gelap-gelapan gitu deh.

8. Museum Perjuangan

museum perjKalo ke sini waktu itu karena mau makan rujak, ada rujak padang yang enak dijual di halamannya. Antriannya panjang banget, untungnya anak-anak enjoy main di halamannya. Ada ayunan juga. Waktu itu udah sore jadi udh tutup museumnya.

9. Istana Pagaruyung

s4

Lokasinya di Batu Sangkar. Kira-kira 2 jam dari Bukittinggi. Sepanjang perjalanan menuju Batusangkar, disuguhi view ijo royo-royo yang menyejukkan mata. Baguus banget. Trus juga ngelewatin pemakaman panjang. Dinamain gitu soalnya kuburannya panjang-panjang.

pagar2pagar3pagar

Istana Pagaruyung ini yang aslinya udah ludes terbakar. Yang sekarang istananya baru aja selese dibangun, tapi waktu kita ke sana belom bisa masuk liat-liat dalamnya karena belom diresmikan. Tapi di bawah istana ada tempat persewaan baju adat Minang dengan pilihan model dan warna yang super lengkap. Harga sewanya juga murah, harus nawar ya. 1 orang sewa 25 rebu. Mayan puas-puasin deh foto-foto pake baju adat Minang plus suntiangnya. Gak berat kok di kepala, ringan banget, kayak bando aja. Kita langsung pake baju dirangkap, dibantuin ama uni yang nyewain baju. Trus di sana juga ada pelaminan Padang buat foto-fotoan.

Di belakang istana Pagaruyung ini viewnya gunung-gunung. Walopun kita sampe sana ampir tengah hari, tapi udaranya gak panas.

10. Danau Singkarak

singkarakbersama sepupu

Perjalanan setelah Istana Pagaruyung, dilanjutkan ke danau Singkarak. Kira-kira 1 jam. kami makan siang di pinggir danau dan sholat di musholanya. Sayang banget tempatnya kurang terawat dan gak bersih. Sepupuku bawain makan siang boanyaakk banget hasil masakannya sendiri. Ada ayam bakar, ikan bakar, ayam goreng, gulai ayam, sambal lado tanak isi jariang dan teri, sayur tauge tahu, gulai ikan, lalaban, maknyuusss….

s5danau Singkarak

Di Danau Singkarak banyak yang jualan ikan bilis. Ikannya enak, digoreng kering terus dibalado.

11. Jam Gadang

gadangIni ikonnya kota Bukittinggi. mirip alun-alun gitu deh di tengahnya ada jam gadang, di sekelilingnya ada Plaza Bukittinggi, ada Pasar Ateh dan Pasar Bawah Bukittinggi, ada istana Bung Hatta. Banyak yang jualan makanan. Ada badut-badut juga yang ngajakin foto ria.

s15

Tetep ya yang namanya anak-anak, liat arena main di halaman Plaza Bukittinggi, langsung minta main. Tempatnya masi seputar Jam Gadang

s16

12. Istana Bung Hatta

hatta

13. Danau Maninjau

s17

kelok3maninjauAslik ini danau terkereeennnn yang pernah aku liat. Bener-bener indaahhh banget..masya Allah…sampe kita tuh berdecak kagum. Sepanjang jalan ada 44 kelokan. Kita itung rame-rame dari mulai kelok 44. Seruu banget…jalanannya berliku-liku.

s6PLTA maninjau

s7

Di Maninjau juga ada PLTA Maninjau. Katanya sih masi berfungsi.

REVIEW HOTEL GRAND ROCKY-BUKITINGGI

s13lobby hotel

Gak salah pilih, ternyata hotelnya masi baru..kamarnya berkarpet, cocok buat udara Bukittinggi yang sejuk, walopun ga sedingin puncak. Karpetnya juga ibaratnya masi bau toko hihihi…

Azka seneng banget ama liftnya yg belakangnya kaca, bisa liat pemandangan di luar, juga kliatan kolam renangnya di lantai bawah lobby. Sama kayak hotel Padma di Bandung, sambil naik turun lift, liat pemandangan ijo royo-royo.

Kamar yang kami pesan, tipe deluxe. Walopun ratenya termurah, tapi kamarnya luaass banget. Tapi kamar mandinya ga ada bath tub. Kalo rate hotelnya, untuk harga weekday, kamar deluxe 910 ribu ++ (belom sama.pajak, tp udah termasuk sarapan). Kita pesen via agoda mayan dapat harga 800 ribu udah nett, udah gitu Azka ternyata ga ditagih bayar sarapan. Waktu check out gak bayar apa-apa tuh di front desk.

hotelIMG-20130505-00536

Makanannya sendiri banyak pilihan. Disediain makanan jajanan pasar khas minang, trus ada gulai daun pakis tuh yang rasanya endang bambang gulindang, si papa sampe nambah-nambah.

pakisgulai daun pakis

Dari hotel juga gak jauh jalan kaki ke pasar atas, ke jam gadang, ke istana bung Hatta. Kalo malam banyak yang jualan sepanjang RS deket hotel. Nasi gorengnya enaakk…12 ribu dapatnya segabruk.

hotel2

Sekitar hotel juga banyak laundry kiloan. Masukin baju-baju jam 9 pagi, jam 3 sore udah bisa diambil. Harganya juga murmer, baju setumpukan punya kita-kita, ga sampe 20 ribu sekali cuci, express pulak. Kebersihan sih ga jamin ya hahaahaa…

hotel kolam

Dari hotel juga deket tuh ke atm bca. Pokoknya strategis dan memuaskan. Dari jendela kamar kliatan hotel the hills…iihh ternyata udah tua hotelnya, untung aja ga jadi nginep situ. Trus lingkungan sekelilingnya kayak crowded gitu.

WISATA KULINER SUMBAR

Bisa dibilang, selama di Sumbar ini perut diisi ama makanan yang enak-enak mulu. Udah bikin list pengen coba resto ini itu, apa daya perut ga muaatt, sepupuku yang tinggal di Bukittinggi, begitu aku bilang mau mampir ke rumahnya, jreng…jreng….begitu kita datang, udah disuguhi aneka macam lauk pauk layaknya restoran padang.

makanAku terharuuu banget.. sambutan buat aku dan sekeluarga begitu mengesankan. Bahkan mereka juga yang sibuk cariin mobil sewaan,.trus selama kita di bukittinggi, mereka suami istri sampe bolos ga kerja, demi nemenin kita jalan-jalan. Jarak umurnya mayan jauh ama aku. Beda 14 tahun. Walopun trakhir ketemu udah lama banget, mereka masi baik sama aku. Waktu kita pamitan pulang aja, mereka sampe nangis…hikss…

Selama di Sumbar, makanan apa aja yang kita cobain makan di luar?

1. Pical Padang

picalIni semacam pecel ya kalo di jawa. Bedanya kerupuknya pake kerupuk merah, trus juga ada tambahan mie kuning. Rasanya enaakk….yang terkenal Pical Sikai di Bukittinggi.

2. Sate Padang Mak Syukur

sate1Di Jakarta sih banyak ya, tapi ga afdol dong klo ga coba di pusatnya. Kebetulan waktu kita berangkat dari Padang ke Bukittinggi, lewat Padang Panjang, tempat sate Mak Syukur. Langsung aja mampir, padahal udah ditelp ama sepupu, jangan makan dulu, dia udah masak-masak hihihi…tenaaang…kita klo makan rakus kok, masi ada space di lambung.

sate3Rasanya gimana? Ampir sama sih ya ama yang di Jakarta. Harga per porsi 18 ribu, sama juga. Tempatnya luas, ada mushola, parkiran luas. Jual aneka oleh-oleh khas padang juga ada kue basah khas Padang, aneka kerupuk.

3. Rujak Panorama

rujakSeumur-umur aku ga suka rujak. Bahkan waktu aku hamil pun, ga kepengen tuh makan rujak.

Tapi waktu kita di Panorama, sepupuku ngajakin cobain makan rujak. Tinggal nyebrang aja dari pintu masuk/keluar objek wisata. Letaknya di halaman museum perjuangan. Aku liat banyaakk yang antri. Penasaran juga pengen coba. Tapi aku minta buahnya jangan yang asem, gak suka asem-asem.

Ternyata..uwenaakkk….sampe sekarang kebayang-bayang itu bumbunya. Ada tekstur kasar dari gula merah dan kacang, itu bedanya ama rujak di Jawa. Harganya ga sampe 10 ribu. Ludes deh sepiring makan sendiri, malah punya si papa juga aku embat.

Waktu mau pulang ke Padang, sebenernya aku pengen beli bumbunya buat dibawa ke Jakarta. Tapi aku check out kan jam 9, sementara rujaknya baru buka jam 11 hiksss….tadinya juga mau mampir ke Bika Si Mariana yang tersohor itu, tapi berhubung waktu ninggalin Bukittinggi, tujuan kita ke Padang melewati danau Maninjau dan rupanya ga ngelewatin Bika Si Mariana huhuhu…

4. Nasi Kapau Uni Lis Pasar Bukittinggi

uni lisIni wajiib aku datengin. Penasaraaan bok. Kayaknya orang-orang kalo ke Bukittinggi pasti mampir. Tempatnya blasak-blusuk di dalam pasar. Tapi gampang kok nemunya.

uni lis nasiUkurannya 1 porsi jumbooo…isinya ada gulai kapau, balado kentang, dendeng, sambalado, trus terserah lauknya mau apa. Aku pilih gulai usus ama ayam goreng. Kata sepupuku, gulai ususnya itu yang khas. Pilih ayam goreng juga, takut si papa ga suka usus. Beli 1 aja soalnya perut udah kenyaang abis makan-makan di pinggir danau singkarak, makanannya dibawain dan dimasakin sepupu.

Emang enaakk ternyata nasi kapaunya. Ukurannya aja yang maa tahaaan…ngliatnya udah bikin kenyang…

5. Pisang Kapit

pisang kapitIni ada di dalam pasar Bukittinggi juga, semacam pisang yang dijepit jadi kayak telur dadar bentuknya trus dipanggang, nanti dikasi topping kelapa yang kayak isian dadar gulung. Berhubung aku penyuka pisang, mo diapain aja aku doyan, jadinya aku sukkaaaa…..anak-anak sih ga suka. Harganya murmer…10 ribu dapet banyaak…

Sempet beli juga es durian, tapi ga ada fotonya. Waktu ke Bukittinggi kemaren lagi ga musim duren. Iihh untung aja, klo ga, bisa pesta duren terus nih aku ama si papa.

6. Sala Lauak

Ini cemilan gorengan dimakan anget-anget enaakk banget. Semacam bakwan tapi dari tepung beras dan ikan, trus gak pake daun bawang tapi pake daun kunyit. Entah di Bekasi di mana yang jual ini ya…belom nemu….si Azka ampe ketagihan, kepengen. Di daerah Pariaman banyak banget.

s8

Mau cobain yang lain-lain, kayak itiak lado mudo di Ngarai Sianok yang kesohor itu, perut udah begaahh…ga bisa nampung. Pengen coba jajanan yang di gerobak-gerobak yang suka berjejer tiap malam, apa daya perut juga udah penuh.

OLEH-OLEH SUMBAR

Kalo belanja souvenir, bagus-bagus di pasar bawah Bukittinggi, deket jam gadang. Ada tuh berjejer yang jualan kaos, gantungan kunci, hiasan jam gadang, hiasan rumah minangkabau, tempelan kulkas. Di pasar atasnya banyak yang jualan mukena-mukena, jilbab berbordir yang bagus-bagus.

Nah, kalo buat oleh-oleh makanannya, aku pilih beli di Padang. Ada 2 tempat yang aku datengin.

1. Rendang Asese

s20

aseseTau rendang asese ini waktu ada festival kuliner Minangkabau di Serpong. Rendangnya kumplit, ada rendang daging, rendang tuna, rendang daun singkong, rendang paru, rendang telur, hmmhh…apa lagi ya. Nah aku suka banget ama bumbu rendangnya, garing dan ga terlalu pedes. Buat temen makan nasi anget-anget ditaburin bumbu rendangnya aja udah nikmaaat…Azka ama Alisha bisa nambah berkali-kali.

So, mumpung di Padang, aku belain deeeh datengin tempatnya. Alamatnya jl. Thamrin no 14 alang laweh, Padang. Begitu masuk toko sekaligus rumah tempat bikinnya, harum semerbak wangi rendang daging yang lagi dimasak. Waktu itu rendang dagingnya belom bisa dipacking karena masi panas, harus nunggu 1 jam dingin dulu. Aku beli rendang paru ama rendang telur aja. Harga rendang telur di sini 17 ribu 1 kotak. Di jakarta ada resellernya juga, jual 25 ribu 1 kotak. Kalau rendang parunya 43 ribu 1 kotak, sementara di toko christine hakim, dijual dengan harga 50 ribu, untuk merk asese.

2. Toko oleh-oleh Christine Hakim

cristin hakimcristinDi sini gak cuma jual semua merk christine hakim, tapi juga jual aneka merk dan aneka makanan kering. Lengkap dan langsung bisa dipacking.

critin hqkim2

Bye…bye…Sumbaaarr….sampai ketemu lagi…..

34 Responses to “Wisata Bukittinggi dan Sekitarnya”

1. dea says:

waaa aku juga belom pernah ke SUMBAR .. itu Jembatan siti nurbaya ahaha pengen liat jembatan nya kaya apa ..

2. Lidya says:

mau rendang telornya dong ver hehehe

3. martina says:

assalamualaikum.. salam kenal bwt mbak vera dari martina…
    from kota tahu kuning..

4. martina says:

kyknya asyik tu tempatny smoga kapan2 bisa kesana

5. Zipora Maria says:

Aduh ngiler dengan semua makanannya…asyik ya, jadi kepengen travelling juga kesono 😀

6. febrie says:

Istana Pagaruyung itu memang bagus banget ya. Rasanya gimana gitu di tengah sawah yang datar tiba2 ada bangunan gede banget bentuknya begitu pula. Kirain waktu itu ga boleh masuk, jadinya kami cuma poto2 di luar. Makin pengen kesini dan nyobain wiskulnya..!!

7. Berkesan sekali ya mbak Ver, sampe pengen balik lagi.

Kemarin2 waktu liat PP mbak Ver yang ada Azka sama Alisha pake baju Minang, sebenarnya udah mo nanya, mbak Ver baru abis jalan2 ke Padang ya? 😀

8. fitri3boys says:

hiks hiks hiks Rindu banget pengen pulkam lagi….aku ingat nanya ketupat ini sama Vera ..hu hu hu mupeng kelas berats….Aku terakhir pulang waktu kelas 3 SMA bersama keluarga Ortu dan 4 orang adik+ temennya bokap buat Back up driver tahun 1995 ver…asli mupeng berat deh, pastinya suaminya bakalan kayak papanya Azka-Alisha excited ma pemandangannya yg indah alias kagum ya karena SUMATRA ITU BEDA BANGET ma Jawa ya….PS: Kalau ada promo tiket pesawat lagi ke Padang let me know ya ver…hi hi hi

O iya, waktu aku kesana, IStana Pagaruyung masih belum kebakaran, banyak yg bs kita liat, skrg beda ya??

9. Yeye says:

Padanggg.. aku pecinta masakan padang tp blm pernah ke padang hikshiks

Seru yah Ver jln2nya, wisata kuliner sekalian hehehehe

10. De says:

saksessss bikin gw ngiler liat foto2 makanan dan jadi pingin liat pemandangan Sumatera Barat juga.

Nanti kalo Candra mudik, pingin ikut sekeluarga aaahh.

Mama Papa udah diajak Candra kesana, aku belum nih.

11. nunik says:

vera….aku mupeeeeeng
    itu tempat yg dikunjungi banyak bener ya….
    suruh bapaknya fikri baca postingan ini ah, biar tergugah..ha..ha..ha

12. Moeti says:

Beberapa bulan yang lalu ke Padang. Tapi ngga ke Bukit tinggi, bagus banget ya Ver disana…

13. yulisa therusdy says:

keren bgt ya mama azka, pemandangannya,,,,kt naura ma kpn2 kita kesana ya, apalagi wiskulnya,,,naura kan suka bgt nasi padang gulai ayam,,,,,walaupun maen ke mall tp mkn seringnya ke luar mall di warung padang,,,,,apalagi kl di pim ada warung padangnya,,,,,,hehehehe,,,,,ajaran omanya yg ngga suka mkn junk food,,,,,jd keterusan deh,,,,,,

• Vera says:

Waahhh naura hebat banget ya, udah terbiasa ngindarin junk food. Iya sih makanan padang tu enak2…tambo ciek lai….hihihi

14. Whoaaaaa….
    asyiknya yang abis liburaaaaan 🙂
    Keliatannya puas banget liburan kali ini yah Ver 🙂

Duh, sepupumu itu baik sekali yah, padahal udah lama gak ketemuan 🙂

Dan semua makanan nya bikin ngileeeeer …

duh, jadi perasaan pengen makan nasi padang sih iniiiih…

15. Mrscat says:

Wah nyenengin banget liat makanannya (plus pemandangan juga, tapi makanan lebih penting). Itu toko christine hakim, punya si ch beneran? Sungguh menggoda ngebayangin cemilan bermerk arteizzz hihihi

16. Vera says:

Hihi…bukan, mbak…kebeneran aja namanya mirip

17. keke naima says:

waa byk bgt yg dikunjungin. Kebayang kl sy ke sana bakal naik berapa kilo BBnya hihi

18. wah mbak dirapel jadi satu..:)
    masyallah mbak cantik…alhmadulilah aku juga kebagian oleh olehnya…lagi lagi hanya berucap Jazakillah mbak vera dan keluarga semoga sehat sehat dan dalam lindungan Allah SWT dilancarkan rejekinya yang barokah…
    wah jadi keingat ajakan kawan untuk singgah kerumahnya di bukittinggi…:)
    aku lihat photo yang pake baju padang yang didepan rumah adat minang bang azka dan kak allisha…wah kok nggak dipasang mbak disini..:)
    seru seru photonya keren..:) liburan ini kemana mbak??….

19. Lengkap banget ceritanya..
    Kayanya kalo nanti jadi jalan2 ke Sumbar bisa jadi bahan refensi nih..