Winter Break Des 2019: Jalan-jalan ke UK – Edinbrugh dan London Part 2

Lanjutan dari sini Part 1

23 Desember 2019

Kami sampai di stasiun King Cross sebelom pukul 5 sore. Sesampainya di sana, beli kartu oyster untuk naik tube dan bus. Menuju hotel naik tube turun di stasiun earl’s court, lalu jalan kaki dan sampailah di Sara Hotel.

Malamnya kami naik tube lagi, pengen cari makan ceritanya. Pergilah kita ke stasiun knighbright, begitu keluar stasiun kliatan deh itu mall Harrods yang super mewah palagi suasana malam hari lampu-lampu menyala di semua dindingnya, makin nambah gemerlap.

Mau masuk Harrods aja agak minder secara penampilan kita kan kayak kusut dan gembel wkwk. Tapi penasaran pengen tau isinya kek apa, kali aja ada foodcourt di dalamnya. Pengunjung mallnya aku liat banyak banget wajah-wajah Arab dengan nenteng belanjaan yang banyak. Begitu masuk, langsung disambut aneka tas branded high end….jalan menyusuri tiap lantainya, semakin yakin ini isi mall ga terjangkau ama dompet kami wkwkwk. Ada sih resto dalamnya, tapi ga pede masuk. Akhirnya keluar dari Harrods, mau cari tempat makan di sekitarnya aja, kebetulan di sebrangnya ada beberapa resto halal Arab. Kami makan di resto Turki namanya Arez. Beli mix grill dan shawarma, enaaak….pa karena lagi lapar dan udara dingin ya. Alhamdulillah malam itu cerah, jadi bisa pepepotoan dengan latar belakang Harrods.

Depan Harrods

24 Desember 2019

Hari ini tujuan utama ke Buckingham Palace dan London Eye. Udah browsing, selama kami di London, tanggal berapa aja ada upacara Pergantian Penjaga di istana. Aku penasaran pengen liat. Ternyata ada di tanggal 24 dan 27. Jadi sesudah beres sarapan di hotel, cuss lah kita ke tube lagi naik kereta menuju Buckingham Palace. Jam 10 an udah sampe padahal upacaranya mulainya jam 11. Sengaja datang cepet, kan posisi menentukan prestasi hihi…biar dapat posisi di depan jadi enak ntar liatnya. Begitu jam 11, mulai deh. Diawali dengan datangnya pasukan berkuda. Bisa di liat di banyak chanel youtube ya upacara the changing guard ini. Walopun kesannya mungkin bagi sebagian orang, “yaah cuma kayak gitu doang….” Tapi buat aku ini berkesaan banget, bisa liat dari dekat istana Buckingham yang biasanya cuma aku liat di TV, bisa liat para penjaga istana dengan seragamnya yang dengan penutup kepala unik. Para pengunjung juga banyaaak banget, dan ini semua gratis ya sodara-sodara. Jam 12 selese.

Buckingham Palace. Sudah ramai dipadati pengunjung yang mau nonton upacara Changing The Guards

Di deket London eye mayan ada beberapa resto halal. Sekalian aja kita nanya, tanggal 25 buka ga. Soalnya menurut yang aku baca-baca, tanggal 25 Des di London, semua tube tutup, mall tutup, resto pada tutup. Ternyata kata pelayan restonya, mereka tetep buka besok.

Big Ben masi direnovasi
Depan London Eye
Di dalam London Eye

Kami menuju London Eye karena udah beli tiket online buat naik London Eye jam 2 siang. Mau sekalian cari makan di deket-deket sana.

25 Desember 2019

Hari ini seharian mau naik bus hop on hop off secara ya hari ini semua tube tutup karena natal. Pagi itu cuaca cerah, kami seperti biasa sarapan dulu di hotel, menunya continental breakfast kayak bread toast, telur, teh, sereal, buah.

Suasana sekitar Hotel

Jam 9.30 taxi yang kami pesan sudah datang. Untuk menuju pemberhentian big bus emang mesti naik taxi dulu. Sopir taxinya ramah banget dan ngajakin kami ngobrol.

Naik big bus ini pak suami udah beli tiketnya secara online waktu kami di Muscat, bisa sih beli langsung, tapi karena ini natal, dan banyak transportasi yang tidak beroperasi kecuali Taxi hitam dan big bus, kami putuskan beli tiketnya jauh-jauh hari karena takut penuh. Bener aja sih walopun semua atraksi, wahana, mall pada tutup hari itu tetep aja banyak turis yang berseliweran dan mereka pun memakai big bus untuk keliling-keliling London.

Di dalam big bus

Setelah puas berkeliling, kami putuskan berhenti di Tower Bridge. Sebenernya malam sebelumnya udah ke sana, tapi karena udah gelap, hasil fotonya kurang memuaskan. Jadilah pagi itu kami ke sana lagi buat pepotoan.

Cuaca cerah tapi anginnya bikin dingin. Suhu 8 derajat
Jembatannya bisa buka tutup kalo ada kapal lewat, tapi ada jadwalnya. Sayang ga cocok jadwalnya sama hari2 kita stay di London

Setelah itu kami naik big bus lagi menuju area picadilly circus karena anak-anak tadi waktu lewat daerah sana, liat ada toko Kingdom of Sweet dan buka. Toko lainnya banyak yang tutup, termasuk M&M’s world.

Di dalam big bus

26 Desember 2019

Hari ini boxing day, banyak sale dimana-mana. Jauh-jauh hari sebenernya kami rencana mau ke Bicester Village, tempat toko outlet terbesar yang banyak jualan bareng branded tapi lebih murah daripada di London, karena barangnya udah last season. Sekalian mau ke Oxford University. Tapi mengingat perjalanannya 2 jam pp naik kereta, akhirnya kami batalkan aja.

Jadi hari itu kami putuskan mau shopping aja di London. Dari kemaren-kemaren belom sempet shopping. Hari itu akhirnya hujan turun juga, setelah sebelomnya cuaca selalu cerah. Udah gitu ujannya mayan awet, ampe sore on off aja ujannya.

Toko-toko emang banyak yang sale tapi ga semua toko dan ga semua barang. Anak-anak pengen ke toko mainan Hamleys, tapi sampe sana ternyata tulisannya baru buka jam 11. Yaudah deh kita liat-liat dulu ke toko lain. Ke Ted Baker, Tx Maxx, Primark, lalu akhirnya ke Hamleys.

Mainan sylvanian families lengkap banget
Bersama Ratu dalam bentuk lego

Bagaikan sorga dunia itu toko Hamleys buat anak-anak….dan bapaknya. Rasanya kalap aja pengen beli ini itu, tapi sayangnya ga ada yang diskon. Abis nenteng belanjaan dari Hamleys kami naik bus menuju China town, pengen makan di sana sekalian mau ke M&M’s world yang kemaren tutup.

Di M&M’s world pun anak-anak dan bapaknya kalap belanja. Tokonya 4 lantai dan semua serba M&M temanya. Pak suami dong beli selimut M&M. Anak-anak beli aneka coklatnya aja.

Wajah hepi abis syupink

Lalu kita makan siang di Resto Malaysia dan Singapore namanya “Rasa Sayang” ada tulisan halalnya. Aku pesen nasi lemak plus ayam gulai dan teh tarik, Alisha pesen nasi ayam hainan dan milo dinosaur, Azka pesen kwetiaw goreng dan milo dinosaur, pak suami pesen nasi goreng. Porsinya ternyata besar. Rasanya enaaak, penyajiannya juga mayan cepet. Toiletnya juga bersih dan nyaman.

Yummmi semua
Nasi gorengnya pak suami

Lalu dari china town lanjut pengen ke Harrods lagi…belenjong dong kali aja boxing day banyak sale.

Hasil belanjaan kita hari ini

27 Desember 2019

Berhubung dari tanggal 24 sampai 26 kemaren musium banyak yang tutup, hari ini diputuskan mau ke British Museum dan National History Museum keduanya masuknya gratis. Tapi sebelomnya kami jalan-jalan dulu liat Emirates Stadium.

Sempet lewat ini, foto dulu deh
Depan British Museum
Natural History Museum

Natural History Museum baguuuss banget dan luaaas. Antrian masuknya mayan lama. Tapi pak suami ketemu temennya yang dulu pernah sekantor di Jakarta tapi udah pindah kerja ke Paris, dan dia sama keluarganya lagi liburan ke UK juga. Jadilah selama antre masuk, pak suami asyik ngobrol sama temennya.

Di dalam museum juga enak ada tempat sholat, ada cafetaria. Anak-anak betah banget di dalam museum. Setelah itu kami menuju stasiun lagi, rencananya mau ke mall nyari makan, ga taunya di deket stasiun ada chopstix lagi…yeaaayy…kami makan di situ aja deh. Tempatnya cukup ramai, nyaris ga dapat tempat duduk. Ini kayaknya resto favorit kami selama di UK, emang menunya enak-enak semua.

Abis makan, kami menuju winter wonderland naik kereta. Sayang banget, sampai sana berjejalan orang-orang yang antri masuk. Liatnya aja udah muless, saking penuhnya. Akhirnya kami cuma duduk-duduk aja di park sambil menikmati suasana malam. Setelah itu naik bus menuju mall westfield. Ini mallnya kayak mall di Jakarta, ada banyak toko-toko, resto, foodcourt, dan ada kidzania juga. Anak-anak disuruh foto depan British Airways di Kidzania, kaga mau, mungkin udah cape dan ga mood juga udah lama. Di dalam mall ga ada yang dibeli, aku juga udah ga mood, ngantuk banget. Jadinya cuma nongkrong aja di cafe Pret a Manger, lalu pulang ke hotel.

28 Desember 2019

Hari ini kami mau ke:

-London Transport Museum

– Science Museum

– Imperial College London

– Mall Westfield lagiiih

Untuk menuju London Transport Museum, kami berhenti di stasiun Covent Garden. Begitu sampai, tampak Covent Garden Market yang cakep banget. Beneran pasar, tapi bersih dan tertata rapi. Di sepanjang jalan juga ada toko-toko kayak toko tas, toko coklat, dan ada juga toko Pylones. Biasanya klo kami ke Dubai pasti mampir dan beli aneka perintilan lucu di Pylones. Sebenernya waktu itu aku pengen juga masuk tokonya kali ada yang lucu-lucu, tapi mengingat koper udah full jadi aku tahan-tahan ga masuk tokonya. Semoga ada kesempatan ke Dubai lagi, jadi ntar belanja di Dubai aja secara dari Oman ke Dubai biasanya kami pake mobil jadi klo belanja-belanja udah ga mikir isi kopet, langsung taro di bagasi mobil aja beres.

Covent garden market
Depan toko pylones

Masuk ke London Transport Museum bayar tiket. Umur 17 tahun ke bawah masi gratis.

Dalam museum

Dari covent garden, kami naik kereta lagi menuju Science Museum. Sebenernya Science museum ini letaknya sebelahan sama Natural History Museum, tapi kemaren udah kesorean dan ga sempat. Karena di stasiunnya ada resto chopstix, lagi- lagi kami mampir makan ke situ hihi ga bosen-bosen. Ya abisnya selain enak, juga ada sertifikat halalnya, jadi makannya juga tenang.

Nyam..nyaam enaak

Masuk Science Museum ga bayar, antrian juga ga begitu rame. Setelah itu ke Imperial College di sebelah Science Museum. Cuma liat-liat kampus dan foto-foto aja, kali aja Azka tertarik mau kuliah di sana ntar…aamiin.

Semoga nanti bisa kuliah di sini…aamiin

Malamnya, karena malam terakhir di London, kami jalan-jalan sekitar hotel. Enak juga tempatnya, banyak minimarket kayak scoop, dan toko-toko souvenir, trus ada resto ayam Jollibee, KFC, Mcdonald, resto arab, daaann kami nemu resto Chopstix lagi deket stasiun Earl’s court. Setelah melalui perdebatan panjang mau makan di mana, akhirnya milih Chopstix lagi tuk yang trakhir kali secara besok kami udah meninggalkan London. Jadi total 5x nih kami makan di Choptiks selama 10 hari di UK.

29 Desember 2019

Malamnya udah pesen taxi buat ke bandara. Ini hari trakhir kami di London. Sampai di Heathrow airport masi subuh. Setelah cek in, kami masuk lounge dan sholat di musholanya, lalu sarapan sambil nunggu boarding.

Alhamdulillah….liburan kami ke UK ini terbilang lancar dan menyenangkan. Udara dan cuaca cukup bersahabat, makanan halal ada di mana-mana, tempat sholat pun gampang, jika tidak ada mushola, bisa gelar sajadah di mana pun. Banyak kok aku liat org sholat di taman, di pinggiran toko. Semoga ada rejeki lagi bisa kesini lagi…aamiiin….

Kumpulan oleh-oleh dan souvenir buat koleksinya si papan magnet di rumah kami