Cerita Mudik

Liburan lebaran ampir usai. Azka dan Alisha kembali masuk sekolah tanggal 11 agustus nanti. Sementara Papa udah mulai ngantor lagi minggu ini, terus cuti jumat besok karena kita mau liburan lagiih….yeay.

Sebelomnya, kami sekeluarga mau ngucapin: Happy Eid Mubarak “Taqobbal Allahu Minna Wa Minkum” (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian). aamiin…taqobbal yaa Kariim…

Jadi, gimana cerita mudiknya? well…taun ini ga berasa mudik sih. Kalo taun kemaren kan kita mudik ke Jogja via darat, Papa yang nyetir. Itupun singgah dulu di Bandung dan Semarang nginep semalem. jadinya perjalanan ke Jogjanya mayan lamaaa ngindarin anak-anak kecapean. Taun ini, kita nanya ama anak-anak, mudiknya mau naik mobil lagi apa pesawat. Azka bilang pengen naik pesawat, soalnya taun ini dia belom naik pesawat, gitu alasannya. Dipikir-pikir iya juga sih ya…anak-anak taun ini belom pergi-pergi yang naik pesawat hihihi. Sementara kalo buat anak-anak tuh, naik pesawat itu kayak super excited banget lah, seolah-olah tempat tujuan kita jauuuh banget.

Berhubung sekarang citilink buka penerbangan ke Jogja via bandara Halim, so…kita mudik nyobain perdana berangkat dari halim. ternyata enaakk banget, sodara-sodara. Biasanya perjalanan dari rumah ke Cengkareng udah makan waktu di jalan. H-2 kita berangkat ke Jogja, dari rumah ke halim cuma 30 menit aja udah sampe. Sampe sana juga pesawatnya on time banget. Gak pake nunggu lama. Bandaranya aku suka, walopun kecil tapi ga secrowded Soetta. sampe Jogja 50 menit, trus perjalanan ke rumah Eyangnya anak-anak juga lancaarrr ga pake macet. alhamdulillah. Anak-anak juga puasanya ga keganggu.

Nah kalo mudik gini, yang paling anak-anak suka adalah…ketemu para sepupu. Tiap malam main kembang api. Pagi siang malam tiada hari main muluk. Ya walopun mainnya main anak jaman sekarang sih ya…mainin gadget *tutup muka* tapi mainnya rame-rame. Bisa ngumpul-ngumpul gini kejadian langka, cuma setaun sekali aja kumpul semua di rumah Eyang.

a4

Formasi lengkap

a2

Alisha

a3

Kata anak2: “ada frozen…salju”hadeuh ini yg abis main petasan, sampah numpukkkk…tapi sorenya udah ada yg nyapuin dan beresin

Hari H lebaran seperti tradisi pada umumnya, pergi ke mesjid deket rumah, sholat ied. Lalu ke makam Mbahnya anak-anak, trus di rumah sungkeman ama Eyang. Abis itu keliling rumah tetangga dan sodara-sodara. Hari ke dua ga kemana-mana secara nerima tamu dari pagi mpe malam dan masak-masak buat para tamu. Hari ketiga lebaran, keliling-keliling lagi ke rumah sodara yang belom dikunjungi. Hari keempat balik ke Bekasi. Sampe Bekasi langsung manggil tukang pijat langganan wkwkwwk….

Hari Jumatnya beberes, nyuci nyetrika. tadinya mau ke Bandung aja sorenya, tapi takutnya masi pada cape. Ya sutralah akhirnya sorenya ke Summarecon aja kepengen makan sate padang mak syukur, netralin lidah yang selama di Jogja makan masakan yang manis-manis hihihi….

Sabtu paginya barulah ke Bandung. Berangkat jam 7.30 sampe rumah kakek nenek Azka Alisha jam 10. Terbilang lancar ya. Sementara yang arah ke jakarta, agak macet. Di rumah kakek nenek, yang paling dinanti adalah ketupaaatttt lebaran. Soalnya di keluarga Papa di Jogja ga ada tradisi makan ketupat lebaran. Sementara di keluargaku, sejak malam takbiran udah siap tuh yang namanya ketupat, sayur tauco, opor ayam, rendang. Tapi karena aku biasanya mudik ke Bandungnya H+5, jadinya kakek nenek bikin ketupat lebaran lagi special hihihi. Seenggaknya, aku pengen anak-anakku punya kenangan kalo lebaran itu ya mudik ke rumah eyang, kakek nenek trus ada ketupat lebaran. Walopun makan ketupatnya H+5.

30 Responses to “Cerita Mudik”

  1. waw menyenangkan bgt ya mudiknya Azka dan Alisha..

    Taqabbalallahu minna waminkum, Shiyaamana wa shiyamakum. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H Minal Aidzin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir & Batin ya Vera..

  2. Aninda says:

    Taqobbal Allahu minna wa minkum Mba Vera dan keluarga..
    Kalo di rumah ibu maupun di rumah eyang tiap lebaran harus bikin ketupat mba. Kalo ngga rasanya ngga afdol. Hehehehe..

  3. arman says:

    ya ampun sampah petasannya sampe penuh gitu.. jadi kayak frozen ya. hauhaha.

    selamat lebaran ya…

  4. dian sigit says:

    mba Veraaaa, maap lahir batiiin yaaah

    waktu itu jadi ke raminten engga?
    wuiii itu sampah petasanya byk benerrrrr :O

    • Vera says:

      ke raminten penuuhh bingits, Dian. jadi mampir ke sebelahnya aja ke mirota belanja topeng2 gitu deh azka ama alisha. makan2nya jadinya di jejamuran

  5. waaa,,,kumpul semua ya,,keluarga besar,,indahnya,,,

  6. Wih petasannya banyak sekalee sampai kayak salju beneran lho Mbak VEra..
    Klo boleh tau ini Jakarta mana mbak, kok suasananya adem banget.. gak terlihat seperi ibukota, beneran..

  7. De says:

    Mohon maaf lahir batin ya Ver. Mohon maaf juga gak kebalas msg WA nya. Agak ribet banget trus kesini nya lupa balesin 1-1.

    Senangnya yang bisa mudik lebaran, kumpul bersama keluarga tercinta.

    Aku gak mudik di Jakarta aja.

  8. soeman jaya says:

    Ooo… citilink buka penerbangan ke Jogja via bandara Halim ya … dulu juga ada Merpati .. dari Halim – Jogja paling 45 menit ya?
    Memang mbak nya tinggal dimana kok 30 menit dari rumah – saya malah cuman 10-15 menit …karena dekat banget. 😛

  9. Keke Naima says:

    ya, ampuunn itu bekas petasan. Udah kebayang jedar-jedernay kayak gimana hihihi

    Taqobbal Allahu minna wa minkum, Ver :)

  10. Noorma FMZ says:

    Mohon maaf lahir bathin ya Mbak

    lama banget gak bewe, masih kenal gak ya?
    😀

    kalau aku gak mudik, rumahe deket 😀

  11. Ositus says:

    semoga bisa ketemu lebaran lagi tahun depan yaa

  12. Mrscat says:

    Itu sampah bekas petasan kok jadinya bagus ya? Karena putih semua

  13. Yeye says:

    Mba Vera, mohon maaf lahir dan batin yah..

  14. Zizy Damanik says:

    Maaf lahir batin Mba….
    wah itu main petasan sampai sampahnya segitu yaaa…

  15. Oh gw pikir tradisi makan ketupat itu tradisi semua di Indonesia lho.
    Di Bangka setiap lebaran juga bikin ketupat.
    Eh iya, di kampung mertuaku makan ketupat gak ya pas hari H. Lupa juga gw

Leave a Reply

About Me
Vera, mamanya Azka dan Alisha. Dilarang copy isi tulisan dan foto di blog ini tanpa seizin pemilik blog ini. Email: pus_vera@yahoo.com
Archives
Label
Diary Azka dan Alisha