Jalan-jalan Ke Kota Salalah-Oman

Setiap tanggal 23 Juli, pemerintah Oman ngasi libur. Kebetulan pas long wiken. Trus ya udah Papa nambah cuti sehari biar makin long…looong wiken..mumpung anak2 masi libur sekolah juga. Jadilah kita berangkat ke Salalah hari Kamis pagi sampe Minggu Malam. Naik pesawat 1 jam an. Bandara Salalah ternyata lebih bagus dari bandara Muscat. Tiba di bandara salalah, mobil sewaaan sudah datang. Kita sewa sedan, sehari 15 OMR. Lepas kunci. Papa nyetir tergantung GPS aja deh secara masi buta ama Salalah.

Kenapa kita kepengen banget ke Salalah, karena di sini ada makam nabi-nabi, trus pemandangannya bagus serasa di kota Bogor, palagi lagi musim summer di Oman ini, di Salalah malah adem. Selama di Salalah kita nginep di Hotel Hilton. Sengaja pilih yang model resort biar bisa main-main di pantainya juga.

Hari pertama di kota Salalah, kita pergi ke Ain Garziz. Mestinya di sana ada air terjun tapi sayang airnya lagi kering. Udah gitu banyak nyamuk. Pantesan banyak yang jualan lotion nyamuk. Gak pake lama di sana, kita menuju makam nabi Ayub. Perjalanan naik ke arah gunung. Sepanjang perjalanan ujan rintik disertai banyak kabut. Nyaris nyetir mobil ga bisa liat sama sekali. Agak mencekam sih suasananya…bener-bener ga bisa liat apa-apa. Alhamdulillah sampe sana, kabut mulai berkurang. Di sepanjang jalan deket makam banyak orang jualan. Waaah serasa di puncak Bogor.

salalah 3

Makam nabi ayub as panjangnya 4 meter. Ada di dalam suatu bangunan kayak rumah. di depan rumah itu ada jejak telapak kaki nabi. Orang jaman dulu memang tinggi-tinggi ya.

salalah 4

Perjalanan dilanjutin lagi ke arah kota. jarak dari gunung ke kota kurleb 37 km. Di sepanjang jalan kita harus hati-hati menyetir karena suka ada hewan yang tiba-tiba melintas di jalan, seperti sapi, keledai, unta. Sebelum ke hotel, kita ke Salalah Gardens Mall dulu cari makan siang. Kita makan di foodcourtnya aja, ada subway, chicking, KFC, McD.

Abis itu lanjut ke hotel. Dari luar kliatannya hotelnya kayak udah lama dan agak kusam. Tapi ternyata dalamnya mayan udah banyak renovasi. Kamarnya luaaas banget. Sukkkaa deh sama Hotel Hilton Salalah Resort ini. Ratenya per malam 70 OMR. Sampe hotel,anak-anak kepengen renang. Ya udah cusss aja ke kolam renang. viewnya beach. mirip lah suasananya ama hotel Shangrilla Barr Aljizzah Oman.

salalah 8

Besoknya, seabis sarapan kita menuju makam nabi Umran. waah ternyata lebih panjang lagi makamnya. Trus, kita menuju masjid raya sultan qaboos karena papa dan Azka mau sholat Jumat. Setelah itu kita maksi di resto China Palace deket masjid Sultan Qaboos. Masakannya ternyata ga otentik china ya tapi ada rasa india arabnya. Alisha suka ama nasi gorengnya karena warnanya putih. Klo aku over all ga gitu suka ama masakannya.

salalah 5

Perjalanan dilanjut ke al Mughsail Beach. Lokasinya mayan jauh ampir ke perbatasan Yaman, kira-kira 40 km dari kota. Di sana konon pantainya bagus ada air mancur alami dari pecahan ombak  dan ada cave juga. Sesampainya di sana, mayan banyak orang, banyak penjual2 makanan juga. waahh ini sih serasa di Indonesia ya. Masuk ke tempat wisata ini tidak dipungut biaya sama sekali.

salalah 6

salalah 1

Dari pantai al Mughsail perjalanan menuju kota, mampir dulu di Salalah Festival, semacam pasar malam banyak org jualan. Aku beli abaya syiria di sana 2 biji totalnya 22 OMR. Trus makan malam di sana. Abistu lanjut pulang ke hotel.

Hari sabtu, seabis sarapan, kita pergi ke pegunungan apalah aku lupa namanya. Sepanjang perjalanan masya Allah pemandangannya ijo royo-royo baguuss banget. Sesampainya dipuncak, kita turun. Tapi di sana ga ada apa-apa, cuma penjual makanan aja. Trus juga banyak nyamuk. Ga pake lama, kita lanjut ke wadi darbat. Masya Allah…kali ini pemandangannya baguusss…di kanan kiri banyak orang-orang lagi piknik. Sapi-sapi berkeliaran. Suhu udaranya sejuk padahal siang bolong. Ada air sungai dan perahu-perahu. Konon kalo bukan khareef season, wadinya ga ada airnya. Lalu kita menuju anti gravity spot. Tempatnya deket Mirbat. Kita posisikan mobil di netral, angkat kaki kita, mobil bias jalan dengan sendirinya. Si Azka seneng banget ke jabal magnet ini.

salalah 2

Setelah itu kita menuju tempat makan. Bingun juga mau makan di mana lagi. Browsing resto asia china yang enak dimana, kata google ya china palace yang kemaren. Alisha pengen makan nasi goring lagi di sana, yaudah deh kita makan di sana. Coba pesen menu lain selain yang kita pesen kemaren eh tetep aja rasanya ga cocok di lidah.

Tadinya kita mau pergi-pergi lagi ke tempat wisata lain, tapi anak-anak udah minta ke hotel katanya pengen renang. yaudah deh balik ke hotel.

Hari Minggu adalah hari terakhir kita di Salalah. Pesawat akan membawa kita kembali ke Muscat nanti sore. Mumpung masi ada waktu, selesai sarapan kita cek out trus kita menuju Frankincense Museum. Di sana ada al Balid archeological park juga. Jadi mayan tuh ada 2 tempat wisata dalam 1 lokasi. Tiket masuknya 2 OMR per orang. ini udah termasuk ke dua wisata itu. Tempatnya baguuss banget…serasa lagi belajar sejarah.

salalah 7

Akhirnya kita harus ke bandara. Setelah mengembalikan mobil sewaaan, kita pun harus cek in pesawat. bye..bye..salalah kota yang cantik….