Bermain sambil Belajar di Kampung Wisata Cinangneng

Ayoooo coba…sapa yang ga tau apa itu kampung wisata Cinangneng? *nunjuk diri sendiri* yap! sehari sebelom kita berangkat, sama sekali blank apa itu kampung wisata Cinangneng. Malah sebelomnya belom pernah denger. Tau juga karena gak sengaja, gara-gara liburan akhir taun kemaren eyangnya Azka dari Jogja mendadak datang.  Tadinya kita yang mau ke Jogja. Karena datangnya mendadak, gak ada planning apa-apa mau ajak jalan-jalan kemana di Jakarta ini.  Kalo iya kan bisa booking hotel sejak jauh-jauh hari. Langsung kepikir apa liburan ke Sariater ato ke Bandung. Kalo ke puncak langsung coret, soalnya baru 2 minggu lalu kita ke sana.

Hari jumat itu aku seharian browsing hotel di Bandung dan Sariater, buat keesokan harinya, hari Sabtu. Sudah bisa dipastikan, penuh, sodara-sodara! kalopun ada yang kosong, ratenya mihilnya minta ampyun, naik 100 %. Sampe Jumat sore itu bener-bener udah putus asa deh. Pengennya emang cari tempat nginep yang banyak pemandangan trus gak usah keluar hotel, cukup leyeh-leyeh di area penginepan aja.

Trus, aku buka websitenya Liburan Anak. Di situ ada tentang Kampung wisata Cinangneng. Baca-baca sepintas kayaknya seru juga dan kebetulan ada penginepannya,semacem guest house ada 9 kamar. Langsung deh ajuin ke Papa, ke sana aja, kan deket tuh ke Bogor, pasti gak macet. Si Papa awalnya gak setuju. Katanya, anak-anak takut gak suka ke tempat begitu. Tau sendiri, Azka ama Alisha itu anak mall, kena kotor jijikan. Belom lagi liat penginepannya kayaknya bener-bener nuansa pedesaan gitu, takut anak-anak gak betah tidur di situ. haiyaahhh…trus aku usulin ke Ecopark aja. Cari penginepan seputaran Ancol, penuh juga. Rata-rata mulai kosong tanggal 2. Tapi kan klo tanggal segitu eyangnya keburu balik ke Jogja. Tapi akhirnya Jumat malem diputuskan  ke Ecopark aja gak pake nginep-nginep. Tidurlah aku malem itu, biar besoknya bisa bangun pagian nyiapin sarapan.

Paginya, abis selese masak, si papa tiba-tiba ngusulin ke Kampung wisata Cinangneng aja. Trus, pagi itu dia nelp apa masi ada kamar buat nginep semalem. Katanya ada tinggal 1. Harganya pun masi tetep, gak pake naik, mentang-mentang peak season. Sippplah. Sebetulnya pengennya sih 2 kamar biar leluasa kan orang dewasanya aja ada 3. Tapi apa bole buat. Langsung deh packing super kilat. jam 8 cusss berangkat. Perjalanan ke Bogor lancaaarrrr. Lokasinya deket IPB Dramaga. Keluar tol Jagorawi masi sekitar 20-an km.

Jam 10-an sampe sana, nanya-nanya kamar, alhamdulillah masi ada 2 kamar. Ada yang cancel. Ahhh..senengnyaaa…Harga kamarnya 450 rebu, kali 2 jadi 900 rb. Udah termasuk makan siang, makan malam, makan pagi dan snack sore, juga tour kampoeng. Aku wanti-wanti ke Azka, jangan banyak mengeluh, kita mau bersenang-senang menjadi anak desa. Trus, jangan jijikan. Gak apa-apa kotor-kotoran, nanti dicuci lagi, mama bawa baju ganti banyak. Si Azka mengangguk tanda setuju.

Nah trus petugasnya nawarin kita ambil program “Poelang Kampoeng”. tadinya gak kepikiran ambil program itu, soalnya acaranya mayan padet, tiap orang bayar 115 ribu udah termasuk makan siang dan renang. Tapi berhubung kita menginap di sana, yang mana salah satu eh dua fasilitas menginap di sana itu dapat makan siang juga dan renang, jadinya per orang yang ikut program “Poelang Kampoeng” bayar 100 rb. Program lain ada juga. kalo mau ikut program Poelang Kampoeng tapi cuma si anaknya doang, ortunya gak mau ikutan, pendamping tetep  bayar 60 ribu tapi dapat makan siang dan fasilitas free renang. Ya mending sekalian ikutan aja, seru kok acaranya, cocok buat semua umur.

Si petugasnya bilang, acara programnya akan dimulai 1 jam lagi, soalnya nunggu keluarga lain yang mau datang. Selama 1 jam itu kita jalan-jalan aja liat-liat suasana. Kamar kita dapetnya di Kamar Gede dan Kamar Salak. viewnya kolam renang. Totalnya ada 9 kamar. Kamar Tebing viewnya garden yang ada ayunan, kamar Desa dan Sawah viewnya sawah-sawah dan pedesaan, deket situ juga ada kamar Gabah dan kamar Padi. Kamar Sungai dan kamar pangrango viewnya sungai.

Sebelom program “Poelang Kampoeng” dimulai, petugasnya nawarin makan siang sekarang apa nanti. Berhubung programnya selese kurleb 3 jam, ya kita milih makan siang aja dulu dong. Biar anak ntar gak rewel. Tempat makannya outdoor gitu deh, namanya Balai kampoeng. Ada model gubuk buat lesehan, ada juga meja kursi seperti biasa. Menu makan siang kita waktu itu nasi, ayam goreng, ikan asin, tempe, tahu, sambal, kerupuk, sayur asem. Buahnya semangka. Nikmaaattt banget.

a lunch

Selese makan, acara pun dimulai. Total rombongan tour kita ada 13 orang, udah termasuk 2 orang kru dari MNC TV. Memang waktu itu ada syuting juga dari MNC TV, jadi mereka ngikutin kita selama 3 jam-an itu. Rombongan tour dipandu oleh 1 orang petugas.

Pertama-tama, kami diajak ke suatu tempat kayak saung besar gitu, di sana udah disedian topi caping kosong, kuas, cat air. Kita diajak melukis topi caping bebas dan dibawahnya ditulis: Cinangneng Bogor 2012. Setelah selesai, topi capingnya dijemur.

a1melukis topi caping

a2

Lalu kami diajak ke tempat main gamelan. Di sana diajarin cara mainnya. Alat musik sunda itu nadanya bukan do-re-mi, tapi da-mi-na-ti-la. Kami dikasi instruksi untuk memainkan nada 5-1-5-5-1-5-2-1-2-2-1-2. Lalu setelah diberi aba-aba, kita semua memainkannya, sampe nunggu perintah berenti. serruuu banget. Diulang sampe 3x.

a3belajar gamelan

Setelah bermain gamelan, kami menuju pendopo. Di sana akan diajarkan tarian tradisional sunda yaitu menari jaipong. Letak pendopo ini di sebrang kamar kami. Waah, ternyata badanku yang kaku ini mayan susah juga ngikutin gerakan tariannya xixixi….tapi asli seneng banget, ketawa-ketawa. Yang perempuan pake selendang, yang laki-laki pake semacem penutup kepala dari kain.

a4

a1-4

Setelah itu, kami diajak ke taman. Di sana sudah disediakan batang dan daun singkong yang banyak. Rupanya, kami akan diajari membuat permainan anak desa, yaitu wayang daun singkong. Kreatif ya. Masing-masing peserta membuat 1 wayang daun singkong.

a1-3

a5wayang batang daun singkong

Setelah itu kami ke area tempat makan. Di sana sudah disiapkan alat dan bahan untuk membuat kue bugis dan minuman wedang jahe. Setelah jadi, kami boleh mencicipi makanan dan minuman tradional ini…lezaaatttt….

a6membuat kue bugis

a7giliran mengaduk adonan kue bugis

a8membuat minuman wedang jahe

Acara yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba, yaitu….tur kampoeng. Topi caping yang kami buat tadi, dibagiin buat dipake. Kami diajak ke Kampung seputaran Kampung Cinangneng, yaitu kampung Cihideung udik dan kampung Kondang.

a9suasana desa

a10ijo royo-royo

Kami berjalan melalui pematang sawah. Mayan jauh juga jalannya. Trus, diajak juga ke tempat home industry tempat pembuatan tas dan kerajinan dari bambu dan batok kelapa.

a12tour kampoeng

a11kerajinan bambu dan batok kelapa

Setelah itu kembali ke kampung Cinangneng, siap-siap menanam padi dan memandikan kerbau di sungai. Ini dia puncak acaranya. Seumur-umur baru kali ini mandiin kebo hihihi….

a13

a14

a15

a1-1

Azka dan Alisha ternyata mau masuk ke sawah dan gak jijikan..horeee

a19memandikan kerbau

a16

a17

a18

diwawancara MNC TV

Waktu menanam padi itu, tadinya aku ragu tuh Azka dan Alisha mau masuk ke sawah, kotor-kotoran kena lumpur dan air sawah. Eh ternyata mereka malah excited. Alisha sempet jatuh tuh nyemplung sawah, sampe bajunya kena lumpur semua, tapi tu anak malah ketawa-ketawa…kirain bakal nangis. Setelah menanam padi dengan cara mundur, kami menuju sungai. Di sana sudah ada beberapa anak kerbau yang berendam di sungai. Alisha diajak naik ke atas punggung kerbau masi takut-takut. Azka sempet diwawancara ama kru MNC TV, ditanya acaranya tadi ngapain aja. Entahlah buat acara apa, aku juga gak nanya-nanya soalnya di rumah ga ada MNC TV.

Harusnya ada 1 lagi, yaitu main angklung. tapi liat kondisi baju, celana basah semua, trus kita juga udah capek, jadinya program “Poelang Kampoeng”nya udah cukup sampe di situ. Acara selanjutnya..tentu saja masuk kamar. Ternyata kamarnya mayan bersih. Gak seperti yang aku pikirkan. Ada handuk, sabun dan sampo sachetan. Showernya ada air dingin dan air anget. Cuma kamar mandinya agak bau apek, gak ada exhaust fan. Penginepannya udah ada sejak taun 1996. Udah lama, jadi jangan bayangkan kasur yang empuk ya hihih…tapi segitu juga aku udah puas. Apalagi depan kamar kita ada kolam renang. Azka dan Alisha udah gatel aja pengen renang dan main ayunan. Emaknya gempooorrr…jadilah anak-anak berenang sama papanya. Sementara Eyang duduk-duduk di teras kamar sambil menikmati snack sore. Yap, kami dikasi snack sore berupa teh manis panas, kue bugis dan bola-bola ubi yang masi anget. Sedaaaap….

a1-2depan kamar

a20

a21

a22

Alhamdulillah sepanjang hari itu cuaca bersahabat, cerah. Abis berenang trus main ayunan depan kamar Tebing. Malemnya kita ke Balai kampoeng buat menikmati makan malam. Menu makan malamnya: nasi, ayam bakar, perkedel, bihun goreng, tumis buncis wortel, sambal, kerupuk dan buah semangka. Yummiiii….

a23makan malam di Balai Kampoeng

Besok paginya, Azka minta renang lagi. Kalo Alisha bangunnya agak siang. Alhamdulillah malamnya anak-anak tidur nyenyak. Papa ama eyang tidur di kamar sebelah, yang kasurnya twin bed. Aku bertigaan ama anak-anak di kamar single bed. Abis mandi-mandi, sarapan di Bale Kampoeng. Menu pagi itu nasi goreeeeng. Anak-anak makannya lahap, itu emang makanan kesukaan mereka. Menurutku, makanannya enak-enak. Bener-bener selama di sana gak usah keluar cari-cari makanan. Di deket Balai Kampoeng juga ada toko souvenir dan toko yang jual snack, minuman.

a24sarapan

Selese makan, acaranya foto-foto deket taman dan sawah. Harusnya sih ikut tour kampoeng. Kalo nginep disitu memang paginya ada tur kampoeng. Berhubung kita kemarennya udah, waktu ikut program “Poelang Kampoeng”, jadi gak ikutan lagi, males. Jadinya duduk-duduk aja menikmati semilirnya angin di pedesaan….tsaah…

a25

a26

a27

a28

a29

Selese jalan pagi, beres-beres, cek out. Lalu menuju…..kota Bogor, berwiskul ria. Puas bangeeet deh hari itu. Udara cerah, jalanan lancar gak pake macet. Padahal malemnya kan mau malem taun baru.

26 Responses to “Bermain sambil Belajar di Kampung Wisata Cinangneng”

  1. Howweee…direview.
    Thank ya, Ver.
    Gw tertarik nih. tapi mungkin awal liburan pertengahan tahun aja kali ya

  2. Lidya says:

    boleh juga info liburannya ver, gak harus ke mall kan hehehe

  3. Nike says:

    akhirnya di review juga…
    seru ya kegiatannya.. tapi kayanya lebih seru klo anaknya udh segede azka.. harganya juga ga terlalu mahal ya mba..

    makasiihhh reviewnya ya :)

  4. arman says:

    wah seru banget ya kegiatannya….
    gua belum pernah denger juga lho tentang kampung wisata cinangneng ini. padahal udah dari th 1996 ya? huahahaha….

  5. pitaloka says:

    Thank u vera review nya, menarik sekali yaa…mau ngajak anak2 juga next time, tp kemaren anak2 bilang ga mau :( …ga tau juga nih anak2 ku juga jijian, sarah pernah kecebur ke sawah aki nya di bandung, langsung nangiis kejer teriak2 hehe

  6. rinal says:

    tahun baru..
    pulang kampung..
    suasana kampung..
    udara fresh di awal tahun

  7. meyrinda says:

    Waaa seru bangedddddd ?ªªª
    Lain kali kudu ksana nihhhhh
    Mantepp ver

  8. dea says:

    waaa seru banget yaaa … kapan kapan kesitu juga aaaahhh ..

  9. Zizy Damanik says:

    Huaaaa seru banget itu. Pengen juga ah ke sana nanti….

  10. easy says:

    asik banget.. pengen deh bisa kesana..
    seumur-umur belom pernah menanam padi walo mbah saya di jogja seorang petani.

  11. Kalo mbak aja baru denger, apalagi aku mbak…hihihi…

    Btw, bisa pas gitu ya mbak pas ada liputan dari MNC juga, berarti nanti nongol di TV dong mbak? kabarin yak, hehe..

  12. Vera says:

    Iya, lis, udah tayang di tv. Tapi aku jg gak liat soalnya di rumah langganan tv kabel, ga ada rcti ma mnc tv. Aku taunya waktu tgl 7 kmrn hr pertama Alisha Sekolah, gurunya cerita, liat Alisha ada di tv, lagi melukis topi caping, menanam padi, memandikan kerbau. Trus dia liat, Alisha lg nangis ketakutan waktu disuruh papanya naik kerbau 😀

  13. BunDit says:

    Waaah seruuu… kapan2 bisa di coba. Saya aja belum pernah mandiin kerbau :D. Fto Alisha yang lg nengok itu, cute banget… suka :-)

  14. -de- says:

    makasih reviewnya. Gw udah cerita ke Masguh ttg tempat ini, kapan2 mo ksitu ah.

    Grand Ussu sudah gw sambangi. Laporan selesai.

    Eh belum diliput di blog sih. hahahaha

  15. Orin says:

    Aku jg baru tau skrg nih mba Ver hihihihi.
    Tapi seru ya disana, semoga suatu saat bisa jg main2 kek Azka n Alisha 😉

  16. Pinisi Edutainment Park says:

    Hai mba, kami dari Pinisi Edutainment Park. Boleh minta emailnya nggak? kami mau mengundang mba vera.
    Terimakasih

  17. febrie says:

    Dijadiin checklist buat liburan Alif n sepupunya. Makasih liputannya Kak Vera :*

  18. retma says:

    Huaaaa… wayang itu, wayang itu. Waktu dulu masih kecil di kampung, aku suka bikin begitu2, Ver. Terus bisa juga tuh buat ngerol rambut. Ntar jadi keritinggggg. :))
    Eh, itu kamar dibatasi gak Ver? Maksimum berapa orang gitu?

  19. silvi says:

    alisha makin cantiiiik… :) seru banget yaa…mau deh kayaknya buat liburan nanti…review nya as usual kompliit…pliit…plit pliiiit… :)

  20. deva says:

    ciieee masuk tv 😀
    asik ni tempatnya buat liburan + hiburan anak2 ya…

  21. Vera says:

    @Bundit: iya, cobain deh seru…

    @de: gimana grand ussu…oke kan hihihi…

    @Orin: hayuuu main ke bogor :)

    @Pinisi: makasih undangannya ya

    @Febrie: ayo cobain hehhe…

    @Retma: waktu kecil aku juga suka main rol rambur pake batang taneman singkong ini. sekamar maks 2 dewasa, say

    @silvi: saayyyy..apa kabar? br keluar dr RS ya….gmn skrg

    @deva: iya mayanlah, ga cuma main di mol mulu xixiix

  22. mama kinan says:

    wah mbak keren…mantep..liburannya pasti berkesan banget..memperkaya pengalaman anak anak dengan kegiatan tadabur sama alam…
    cinanneng pernah lihat liputannya di trans tv beberapa waktu lalu..asli mbak awalnya pas lihat nggak kepikiran misalnya buat pergi ngajak kinan kesana gitu..eh tapi asli setelah melihat dan membaca testimoni dan tulisan mbak disini jadi pingin lho…semoga one day bisa kesana…
    photonya cantik cantik mbak…itu yang kak allisha mau nari pake selendang di kepala itu lutju..hehehe natural khas anak anak dengan segala polah tingakahnya

    like this post mbak keren…

  23. Vera says:

    @Mama Kinan: Yahhh..mungkin sebenernya sih biasa aja ya, di kampung kakek nenek juga banyak kegiatan kayak gini, tapi mungkin karena udah diprogram acaranya, trus yang nglakuinnya bareng-bareng rame-rame gitu, bawaannya jadi seru.

    Azka waktu mudik ke kampung eyangnya pernah ikut ke sawah tapi ya gitu deh jijikan. Tumbenan dia mau tuh terlibat waktu ke kampung cinangneng dan juga mau ikut nyemplung ke sawah.

  24. Kids Party says:

    waaah seruu yaah sepertinya :)

  25. Waaw 4 taun kuliah di IPB Dramaga dan gue cuma sebates ngedenger ini hihi ternyata seru yah, apalagi buat anak anak kota kayanya seru kotor2an maen di lumpur gitu hihi :)

  26. […] tak ajak ke kampung cinangneng seperti cerita tante vera mama-nya kak allisha di Bekasi yang ada disini itu lho..yang mandiin kerbau, main disawah…hua..kebayang kayak apa kinan jejeritannya karena anak […]

Leave a Reply

About Me
Vera, mamanya Azka dan Alisha. Dilarang copy isi tulisan dan foto di blog ini tanpa seizin pemilik blog ini. Email: pus_vera@yahoo.com
Archives
Label
Diary Azka dan Alisha