Archive for the ‘Azka’ Category

Hmmmm….

Monday, September 16th, 2013

Udah lamaaa banget ga nulis di blog. Kangeeenn euy. Bener-bener blank juga sih mo nulis apa. Waktu berasa kayak bergerak secepat kilat, tau-tau udah ketemu senin lagi. Masa-masa perubahan, yang tadinya Alisha sekolahnya cuma seminggu 3 kali, sekarang jadi tiap hari. Yang tadinya berangkat dari rumah jam 8, sekarang harus berangkat jam 6.15 bareng Azka. Azka juga gitu, yang tadinya pulang sekolah abis dzuhur, nah kelas 3 ini harus pulang jam 14.10. tentu aja semua perubahan jadwal ini ngefek banyak ke aku, sebagai soprinya mereka.

Kegiatan dalam satu hari juga padat merayap. Masukin kluarin mbl dari garasi aja bisa lebih dari 5 kali dalam sehari…fiuuhh…Coba yah kita itung.

jam 06.15 anter Azka

jam 7.00 antar Alisha

jam 7.30 ke pasar

jam 8.00 sampe rumah

jam 10.30 jemput Alisha

jam 11 nengok kantin (bisnis baru ama temen)

jam 12 sampe rumah

jam 14.15  jemput Azka

jam 14.45 sampe rumah

jam 16.30 anterin ke TPA/les renang

jam 17.30 sampe rumah

*Lap kringet*

Mending ya kalo sampe rumah udah tinggal gegoleran, liat anak udah mandi, rumah udah rapi, makan udah tersaji….*mimpi kali yeee…* yang ada malah grabak grubuk nyiapin makan malam, nyuruh anak-anak mandi, yang mana anak-anak tuh kalo disuruh ga bisa cuma sekali tapi bisa berkali-kali sampe mulut berbusa huahaua….

Trus malamnya kudu nyiapin baju seragam buat besok, cek buku pelajaran yang mo dibawa, nemenin ngerjain PR, ngajarin kalo ada ulangan.

Tapi ga tau kenapa ya, aku enjoy aja sih ngejalanin semuanya. Mungkin kalo ga enjoy, aku udah tereak-tereak kali dari dulu minta resign *lebaydotcom* serasa aku nih dibutuhin banget lah sama anak-anak.

Me timenya kapan? waktu nungguin anak-anak les, bisa duduk-duduk santai sambil ngobrol ama sesama ibu-ibu ato sambil browsing. Ato malam, waktu anak-anak udah tidur, aku bisa berselancar di dunmay, mengikuti perjalanan berita-berita yang lagi heboh.

Postingan ini ditulis sebelom jemput Azka sekolah. Oke deh..cabut dulu mo jemput si anak ganteng ciaooww…..

Sekolah Lagi…yeaayy!

Thursday, July 11th, 2013

Tanggal 8 Juli hari pertama Azka dan Alisha sekolah, setelah libur dari tanggal 12 Juni. Udah ga sabaraaan…pengen cepet sekolah. Apalagi Alisha, sekolah baru, temen-temen baru. Kali ini karena harus anter Azka dulu ke sekolah, otomatis Alisha juga harus bangun pagian. Naahh ini nih yang agak susah.

alHari pertama sekolah

Azka masuk sekolah  berangkat dari rumah jam 06 lebih 15 menit, beberapa menit sampe dan alisha masuk jam 07.15 tapi beda tempat. Mulai taun ajaran kali ini, nama kelasnya ganti, bukan kelas A, B, C, dan D. Tapi nama-nama ilmuwan muslim, seperti Ibnu Sina, Ibnu Kholdun, Ibnu Rusydi, Alkindi.

Banyak adaptasinya nih buat Azka dari kelas 2 ke kelas 3. Temen-temen sekelasnya banyak yang baru, walopun sebagian udah kenal karena pernah sekelas waktu kelas 1 ato 2, kelas 3 ini kelasnya ada di atas, mayan juga naik turun tangga bawa tas agak berat, kelasnya juga suasananya berubah. kalo kelas 1 dan 2 kan susana kelasnya kayak kelas TK, murid-murid duduk di karpet, ada juga yang duduk di kursi meja bulat, gurunya juga 2, sementara kelas 3 ini gurunya cuma 1, ga ada guru pendamping. Meja kursinya juga udah kliatan serius, 1 meja 1 kursi. Dannn pelajaran pastinya makin berat, apalagi Azka masuk kelas bilingual.

Selese nganter Azka sekolah, aku ke sekolahnya Alisha, kira-kira 5 menit by car. Telaaat ternyata, murid-murid udah baris. Alisha masi tampak malu-malu. Semuanya belom ada yang dia kenal.

al3

Hari pertama sekolah, Alisha aku tinggal. Dia sih anaknya berani ditinggal, berani maju ke depan kelas tapi ya gitu deh ga ada suaranya, saking malunya. Padahal di rumah ceriwis. Mudah-mudahan di TK ini mulai berani ngomong ya, Dek.

Tanggal 9 dan 10 Juli libur awal Ramadhan. Masuk lagi tanggal 11 Juli. Untuk murid TK selama bulan Ramadhan pake baju muslim bebas, sementara kalo SD, cuma kelas 1 dan 2 aja yang pake baju muslim bebas. Kelas 3-6 tetep pake baju seragam sekolah soalnya bajunya juga udah panjang.

Sekolah di bulan Ramadhan lumayan rempong. Abis sahur tidur lagi, walhasil hari ini telat deh ke sekolahnya. Sebelom berangkat, aku suruh foto dulu, awalnya Azka gak mau, soalnya udah jam 7 sementara 30 menit lagi masuk.

al2siap-siap berangkat sekolah

Tadinya mau anter Alisha dulu, dia juga masuknya jam 7.30 selama bulan Ramadhan. Azka juga kepengen tau kayak gimana kelasnya Alisha. Tapi ternyata berubung udah mepet jamnya, jadi nganter Azka dulu. itu pun antrian mobil yang masuk gerbang juga udah mengular. Anak-anak SD didrop di depan gerbang.

Bener aja deh, sampe TK, ternyata Alisha telat dan disuruh baris di luar, jadi ikrar paginya barengan sama murid yang telat lainnya. Huahuaha…baru tau ternyata anak TK juga udah diberlakukan disiplin gitu ya, perasaan sekolah lamanya Alisha sante aja tuh klo telat 30 menit juga. Ini padahal cuma telat 5 menit. Abis itu Alisha dicatat namanya, kelasnya, dan alasan telatnya kenapa. Oke deh semoga besok ga telat.

Setelah Alisha masuk kelas, aku pun pulang ke rumah. Jemput lagi jam 10. Parkiran penuuuhh, udah gitu aku liat anak-anak lain udah pulang sama ortunya. Huaahhh masa telat lagi? Ada apa hari ini ya, telat nganter, telat jemput. Ga taunya, waktu masuk sekolah, ternyata Alisha masi baris di depan kelasnya, belom pulang.

al4

al5

al6

al7

al8

al9

Sebelom pulang ke rumah, aku ajak dulu main di playgroundnya, yang lainnya udah pulang. Alisha langsung sumringah…lari-larian dan semanget…

al11

al10

Dadaaah sekolah…sampe ketemu lagi besok

His Special Day

Sunday, July 7th, 2013

Tanggal 6 Juli ini mas Bagus ultah yang ke – 36….huaaaa udah makin tuir ya, Pa. Semoga dengan bertambahnya umur, makin berkah sisa umurnya, selalu dilindungi Allah, dijauhkan dari hal-hal yang buruk, diberi kesehatan. aamiin.

d1

Pagi-pagi anak-anak belom mandi, udah ngeluarin kue ultah buat Papanya. Udah ga sabar pengen makan. Belinya sehari sebelomnya. Sengaja aku umpetin di freezer kuenya biar surprise. Kebetulan mas Bagus emang jaraaang buka-buka freezer. Eh…malam pulang kantor, waktu dia mau ambil minum di kulkas, Azka dooong dengan polosnya bilang gini, “Papa…..papa ga boleh buka pintu kulkas yang itu (sambil nunjuk freezer).” Ini mah kode atuh Ka…Papa kan jadi tau ada something di sono hahahha…Kado ultahnya udah dikasiin minggu lalu. Sengaja, soalnya pas beli itu aku ragu, apa warnanya cocok apa nggak. Jadi dikasi aja langsung ke mas Bagus. Klo dia mau ganti kan tinggal datengin tokonya, belom telat.

d2suasananya cozy

d3Daftar sebagian menu (ada logo HALAL)

Kebetulan di rumah ada Omnya Azka dan Alisha, siangnya kita makan-makan di luar. Pilihan jatuh ke restoran baru di Tebet Green, namanya Seigo Dakgalbi, masakan korea. Kebetulan aku kenal ama ownernya, anaknya sekelas ama Azka. Nama anaknya pun sama, Azka. Daaann kelas 1 ama kelas 3 sekelas. By the way, si Azka kelas 3 besok sekelas ada 3 yang namanya Azka. Sama kayak waktu kelas 1. Kalo kelas 2 sih dia sendiri doang yang namanya Azka di kelas.

d4

d13

Kita pesen dakgalbi seafood yang reguler, nasi goreng bulgogi, sengsoon duikim, chapjae, strawberry smoothies, dan dapat hidangan pencuci mulut free dari yang empunya,  Nun sungi ice. Makasih ya mbak Erny, dessertnya. Moga usahanya berkah, lancar, trus suaminya yang lagi dirawat di RS diberi kesembuhan. aamiin.

d5dakgalbi sebelom dimasak

d7masak dakgalbi 6 menit sajo…

Dakgalbi seafood ini rasanya pedeees. Tadinya kita ga pesen nasi. Tapi emang ternyata makan dakgalbi itu emang pasnya pake nasi sih jadi ga gitu kentara pedesnya. Akhirnya pesen nasi putih deh. Isiannya, selain seafood ada ayam juga ama sayuran. Ditumis pake minyak wijen. Ludesss…desss…kita santap. Ownernya ngejamin, dakgalbi di restonya ini rasanya masi original sama dengan rasa dari negeri asalnya. Rata-rata masakan korea emang pedes-pedes.

d8chapjae ini enyaakk…mie nya terbuat dari kentang

Chapjae ini sekilas mirip bihun/mie goreng. Mienya terbuat dari kentang. isiannya ada daging dan sayuran, ditaburi telur dadar. Rasanya manis.

d9Nasi goreng Bulgogi

Nasi gorengnya dimasak pake minyak wijen juga. Di atas nasi juga ditaburi wijen. isiannya daging sapi. Azka dan Alisha doyaaan…

d10sengsoon duikim (ikan goreng tepung)

Sengsoon duikim ini ikan goreng tepung. Rasanya krispi, langsung deh ludes dicemilin. Kimchinya dapet free.

d11strawberry smooties

d12nun sungi ice

Buat kita sekeluarga yang hobi makan dan cuma ada kata enak dan enaak banget, ya menurut kita sih emang enak ya masakannya. Gak terlalu aneh di lidah. Sepertinya cita rasanya emang udah disesuaikan dengan lidah orang indonesia. Azka sampe bilang gini, “Aku nanti mau ke sini lagi ya, Ma…” dia sih resto yang nyediain nasi goreng pasti berkesaaan hahhaha….Ini bukan postingan berbayar loh yaaw…hihihi…

Sebelom ke Seigo Dakgalbi, kita ke BSD dulu. Jalanan dari BSD ke Tebet super macet deh lewat Pasar Minggu. Tapi alhamdulillah itu ga ngurangi kebahagiaan kita di hari ultahnya Papa. We love u, Papa….makasih juga ya, Pa, traktirannya hihi…

Museum IPTEK TMII

Friday, July 5th, 2013

Minggu lalu, pulang dari Bandung, sepupu Azka dan Alisha, yaitu Luthfan, ikut ke Bekasi. Luthfan ini seumuran dengan Alisha. Seneng banget denger mereka ngobrol, bercanda bareng, secara Alisha tuh kalo sama selain Azka, pemalu dan pendiem.

Mumpung masi liburan sekolah, aku ajak ke Taman Mini, sama bundanya Luthfan juga. Berangkat dari rumah jam 8.30. setengah jam kemudian sampe Taman Mini. Tiket masuk TMII per orang 9 ribu, mobil 10 rb. Karena kita datang ber 5, jadi total semua 55 ribu. Mayan masi sepi suasananya, udara juga cukup cerah. Cuma di Snowbay kliatan antrian panjang banget.

Sampe Taman Mini, leyeh-leyeh dulu di depan Danau Indoesia sambil…makan…!! Hahaha…kita belom sarapan bo dari rumah, sengaja beli nasi kuning dan mie goreng di Mirama trus makan di tepi danau. Serasa piknik deh cuma kurang tiker aja.

t1Pagi hari yang cerah

t2Menikmati udara pagi di tepi danau

t3Nyam..nyam…

Trus, keliling-keliling naik kereta yang kayak monorail itu, bayar seorang 15 rb. Setelah itu barulah kita menuju museum IPTEK. Tiket masuknya 16.500 seorang.

t4di dalam museum IPTEK

t5Anak-anak paling suka di arena ini

t6Alisha bingung kok jadi banyak

t7Luthfan bingung kenapa yang di cermin orangnya kebalik

t8Azka seperti terbang

m2Azka

m1Alisha

m3

Meja ajaib

m4Jadi dokter gigi

t9Hmm..liat apa lagi ya..

t10liat peluncuran roket aja deh…

Mayan lamaaa banget di dalam museum IPTEK. kira-kira sampe jam 1 an. Setelah puas menjelajahi seluruh isi Museum Iptek, kita sholat dzuhur di mushola anjungan Sumatra Barat, sekalian mau liat-liat di situ.

t11Anjungan Sumatra Barat

t11

t12

t13

Tadinya mau ke museum transportasi, tapi liat anak-anak udah kecapean, akhirnya pulang aja deh…

Ocean Dream Samudra Ancol

Thursday, July 4th, 2013

Rabu kemaren Papa cuti. Super yayyy! Udah lama pengen ajakin anak-anak ke Gelanggang Samudra (belakangan aku baru tahu kalo namanya udah ganti jadi Ocean Dream Samudra). Trakhir aku ke sana waktu anterin Azka Field trip jaman TK A, Alisha juga masi setaun umurnya waktu itu. Sementara Azka trakhir ke sana tahun lalu diajakin om tantenya. Dan…Papa belom pernah loh ke sana. Tadinya Papa mau cutinya hari selasa. Tapi karena Azka kepengen nonton Despicable me 2, yang mana filmnya baru tayang di bioskop rabu 3 Juli…sooo…Papa cutinya tgl 3 Juli aja ya…walopun sehari doang cutinya tapi mayan lah bisa nyenengin anak-anak yang masi libur sekolah. Tanggal 8 Juli mereka udah masuk sekolah.

an1jam 9 terlihat masi sepi

an2narsis dulu

an4Jadwal Pertunjukkannya

Pagi sebelom berangkat, suasana masi mendung abis ujan semalem. Tapi kita tetep semanget dooong. Jam 8 brangkat, sampe Ancol jam 9. Lancar jaya. Parkiran juga masi sepi. Sempet bengong kok sepi gini yah..padahal kan masi musim liburan anak sekolah. Gak taunya waktu kita masuk wahana pertunjukkan aneka satwa yang mulainya jam 09.45, udah penuuuhhh ternyata, sodara-sodara. Untung aja masi dapet tempat duduk yang enak posisinya. Tiket terusan masuk Ocean Dream Samudra 110 ribu per orang. Anak yang minimal tingginya 80 cm udah harus bayar. Kita baru nyadar, kalo kamera ketinggalan di rumah huhuhu….ya sud pake hp ajah fofotoannya.

an5

Pertunjukkan  pertama, aneka satwa. Ada Beruang Madu, Linsang, Burung, Itik, Kuda Nil. Cukup terhibur.

an6Beruang Madu sedang beraksi

an7burung Macau beraksi

an8

an9

Abis itu lanjut ke arena lain, mau nonton pertunjukkan singa laut. Sebelomnya atraksi dari badut ancol dulu sebelom pertunjukkan dimulai.

an11badut ancol

an10singa laut beraksi

Trus lanjut ke arena lain, Pertunjukkan Lumba-lumba.

an12

an13

an15

Lumba-lumba termasuk hewan mamalia air, bedanya sama ikan, bisa dilihat dari gerakan ekornya. Kalo lumba-lumba gerakan ekornya atas bawah, sementara ikan, gerakan ekornya kiri-kanan.

Lanjuuut lagi ke nonton 4D, antriii. Kapasitas 300 kursi. Waktu kita antri, tinggal 60 kursi lagi. Filmnya tentang Petualangan Dora dan teman-temannya yang sedang mencari kupu-kupu robot. Seruuuu banget. Tempatnya bersih, efek airnya kerasa banget, beberapa kali kena semburan air.

Setelah nonton 4D, kita lanjut mau nonton pertunjukkan Underwater. Tempatnya paliiing luas di antara wahana lain. Dan bersiiih banget. Efek pertunjukkannya juga canggih serasa nonton bioskop 3D.

an18

Saking terkesimanya ama tarian dan gerakan para putri duyung, jadinya males foto-foto. pengen nikmatin acaranya.

Lanjut lagi ke arena Scorpion Pirates. Udara cukup enak, gak panas, agak mendung tapi gak ujan.

an20

an21woohoooo…menembus api

an22

Di arena ini mayan bikin sport jantung, ada efek ledakan-ledakan bikin kaget, udah gitu juga ada tembakan-tembakan. Komentar Azka, “aku paling takut di arena ini”

Nah…semua arena pertunjukkan udah ditonton, saatnya naik ubur-ubur. Azka udah ga sabaran pengen naik ubur-ubur. Mareeee…..kita berpusing-pusing dan bermual ria. Eh itu sih berlaku buat aku aja ya. Aku tanya Azka, menurut dia biasa aja tuh hihihi ga pake pusing dan mual.

an23Naik Ubur-ubur

Selese sholat dan maksi, saatnya ninggalin Ancol. Waktu menunjukkan ampir jam setengah 3. Tadinya waktu mau ke pintu keluar, ngelewatin Rumah Pintar, masi di area Ocean Dream samudra juga. Azka pengen masuk situ. Tapi karena kita buru-buru mau nonton film di bioskop ngejar yang jam 16.50, ga ngebolehin anak-anak masuk ke Rumah Pintar. Mau nonton film di Bekasi aja biar sekalian pulang.

Bener aja deh macetos gilatos dari Ancol ke Bekasi. tadinya mau nonton di Metmal, tapi kayaknya mikirin parkirannya yang penuh, jadinya di grand mal aja. Sampe sana udah jam 5 aja gitu, lari-lari ke lantai 4 naik lift. Film udah diputer 10 menit.

Despicable Me 2 ini filmnya seru dan kocak, tapi kalo menurutku sih emang sesuai sih, kategorinya buat Remaja. Emang ga gitu cocok buat anak-anak, ada adegan kissing waktu Gru ama Lucy merid.

Selama liburan sekolah ini Azka udah 3 kali nonton. Pertama Coboy Junior Movie, trus Leher Angsa, baru deh Despicable Me 2. Aku tanya kesan-kesannya gimana, menurut Azka, Coboy Junior agak ngebosenin. Yah emang sih dia gak kenal ama Coboy Junior, pun lagi ga tau lagu-lagunya. Waktu itu sengaja ditonton karena emang abis Ulangan Kenaikan Kelas, cuma itu aja yang film cocok buat ana-anak. Sementara Leher Angsa, kalo menurutku aslik deh cerita bodorrr alias kocak, aku sampe ketawa-ketawa kenceng, kayaknya udah lama ga ketawa ngakak kayak gitu. Menghibur sih iya, tapi jalan ceritanya biasa. Sampe mikir, kok ya adaaa ya orang yang kepikiran mau bikin film yang nyeritain tentang orang buang hajat sampe diceritain detil itu si pupnya wkwkwkw untung pas lagi nonton aku ga beli makanan dan ga sambil makan. Bisa ilfil abiisss. Menurut Azka, film yang paling seru ya yang kemaren dia tonton.

Bandung Carnival Land

Monday, June 24th, 2013

Libur tlah tibaaa….libur tlah tiba….horee…horeeee….

Kali ini nyari tempat liburan yang anak-anak suka dan harganya murmer di kantong ya secara tanggal tua begindang. Seperti biasa kalo di Bandung, ajak-ajak para sepupu yaitu Atha yang ampir seumuran Azka, dan Saskia yang ampir seumuran Alisha. Liat-liat di youtube Bandung Carnival Land (BCL) kok ya kayaknya bole juga niy. Cuss deh berangkat…..tempatnya di Jl. Sirnagalih no 12. sebelah-sebelahan Karang Setra Water Land, deketlah ke Rumah Mode, kalo ga tau Karang Setra hihihi…

b1

Nyampe di parkiran, banyak bis-bis dan mobil-mobil, kirain di dalam bakalan penuuuhh ama pengunjung, secara udah musim liburan gini. tettt…toooott…ternyata salaaah. Itu bis-bis dan mobil, mau ngunjungi Karang setra water land. memang satu area, dan satu parkiran. BCL sendiri pengunjungnya dikiiiit…malah cenderung sepi.

Tiket masuk BCL mayan murmer. Kalo mau tiket terusan, 40 rebu sajah, udah bisa main di 14 wahana, maksimal 1 wahana 2x main. Sementara kalo gak mau beli tiket terusan, cukup bayar uang masuk aja 20 rebu, itupun udah bisa main di 1 wahana. Mulai bayar tiket kalo tinggi minimal 85 cm. Kita pilih yang beli tiket masuk 20 rebu per orang aja. Soalnya belom tau juga anak-anak apa mau naikin semua wahananya.

Begitu masuk, kita menuju teater 4D, karena dibilang filmnya mau dimulai. Sampe sana, masuk, ga ada petugas. Jadi tiketnya masi belom kepake hihihi…..abis itu, Azka ama Atha kepengen naik ulat gila. Naiknya sampe 2 kali, sukaaa….Para ladies ga mau, atut. Trus lanjuutt naik mangkok tsunami. Azka ketagihan nih naik mangkok tsunami.Sampe 3 kali naiknya, sampe petugasnya bilang, “wanian  euy…(berani)”

b2arena dalam BCL…full colour

b3Alisha ga mau naik ulat gila dan mangkus tsunami

b4mangkok tsunami

Penasaran, aku cobain sekali hadooohhhh langsung mual dan pusing. Umur mah ga boong ya…trus Azka ama Atha naik pesawat, naik sepeda udara, bom bom car. Tiket masuk dewasa kan boleh tuh dipake buat 1 wahana, kita kasiin aja ke anak-anak. Begitu jatah  tiket abis, sementara anak-anak masi kepengen main, beli aja tiketnya, harga sekitar 5000-7500 sajooo…..Anak-anak gadis ini lebih memilih mainan yang pake coin aja ama main trampolin.

b5main trampolin

b6mainan coin

b7naik pesawat

b8sepeda udara

b9Bom Bom Car

Awalnya Azka penasaran pengen masuk rumah hantu. Tapi tampak dari luar nyeremin juga sih hihihi…yang lainnya ga ada yang mau nemenin Azka masuk. Jadi cukup fofotoan aja dari luarnya.

c1niat juga ya

c2yang ini niy yang serem

c3

Mayan banyak spot yang menarik buat foto-foto. Mareee nikmati edisi narsis kali ini wkwkwkw….

c4masuk ke dalam mulut ikan

c5di dalam badan ikan

c6kalo malam, lampu lampionnya menyala

c7mama jadi superman

c8unguuu…

c9ada pinguuu…kata Alisha

c10

c11

Jangan takut kelaparan dan kehausan, di dalam BCL juga ada foodcourt. Tapi kita sih belom cobain makan di situ.

c14

Art Performance Grade 2 “Surga di Bawah Telapak Kaki Ibu”

Saturday, February 23rd, 2013

Hari Kamis, 21 Februari kemarin acara art performance buat anak kelas 2 di sekolah Azka. Minggu depan acara buat anak kelas 3. Tiap tahun anak-anak memang mempertunjukkan kebolehannya di depan para ortu. Latihannya sendiri kurang dari 1 bulan, di sela-sela pelajaran sekolah. Dan untuk acara seperti ini tidak dipungut biaya, kecuali sewa kostum 80 rebu sajah.

Jauh-jauh hari aku minta Papa supaya ngajuin cuti biar bisa liat Azka dan temen-temennya pentas. H-1 baru deh ijin cuti keluar….alhamdulillah….

Hari-H, para murid dan ortu disuruh datang jam 06.30. Biasa deh kehebohan dimulai dari subuh, apalagi Alisha susah bangun pagi-pagi. Sarapan buat Alisha dibawa soalnya gak sempet makan di rumah.  Di aula gedung sekolah baru deh Alisha disisirin dan disuapin. Sementara Azka dan temen-temennya lagi di dandanin ama guru dan beberapa ortu.

a1kerempongan di pagi hari

Jam 8 pagi para undangan sudah memenuhi aula.Tema acara hari itu adalah “Surga di Bawah Telapak Kaki Ibu”. Di dinding aula ditempel hasil kreasi para murid, yaitu hasil menggambar keluarga inti juga foto-foto keluarga inti beserta tulisan dari para murid yang menceritakan tentang keluarganya.

a2keluarga inti a la Azka

a3

a4Tulisan tentang keluarga

a5Azka n friends

Acara dipandu oleh 2 orang MC dan 1 lagi yang mambacakan peraturan dan tata tertib selama acara berlangsung. 2 MC ini pinter banget ngebawain acaranya, bahasanya campur indonesia inggris. Walopun sekarang RSBI sudah dihapus, tapi di sekolah Azka gak ada pengaruh apa-apa, kegiatan belajar mengajar tetap seperti semua, pelajaran-pelajaran juga sama seperti sebelomnya.

a6MC

Dimulai dengan pertunjukkan tari Bali oleh murid kelas 2E.

a7

Lalu tahfidz bersama-sama membaca surat al adiyat, al zalzalah dan al bayinah.

a8

Dilanjutkan dengan kata sambutan dari kepala sekolah dan persembahan lagu “Bintang Di mana” dari salah seorang MC, yaitu Rasha, terus kata sambutan dari kepala bidang Pendidikan dan juga doa yang dipimpin oleh Bapak Asep.

Daannn…acara yang ditunggu-tunggu pun akhirnya dimulai. Tarian pertama dari kelas 2 D.

a9

Lalu operet “Surga di Bawah Telapak Kaki Ibu” pemainnya adalah gabungan dari beberapa murid kelas 2 A sampai 2 E.

ab1Diceritakan, di sebuah keluarga ada seorang anak yang bernama Abdul. Dia suka malas bangun pagi dan malas ke sekolah. Di sekolah pun dia sering menjaili teman-temannya.

Diselingi dengan tarian dari kelas 2 C

ab2

Lalu kembali ke Operet, narator menceritakan suasana di sekolah Abdul.

ab7

Tarian dari kelas 2B

ab3duduk di kelas menunggu bu guru

Lalu diselingi tarian dari kelas 2A

ab4

ab8

Pelajaran pertama di sekolah Abdul adalah pelajaran Agama.

Murid-murid mengusulkan bu guru bercerita tentang dongeng atau kisah-kisah. Akhirnya Bu Guru menceritakan tentang seseorang yang bernama Alkomah, yang hidup di jaman Rasulullah saw.

ab5

Alkisah pada jaman Rasulullah hiduplah salah seorang sahabat Nabi yang bernama Alkomah. Suatu hari, Alkomah akan meninggal dunia karena pertempuran yang melindungi Nabi. Tapi entah kenapa susah sekali Alkomah mengucapkan kalimah tauhid sebelum meninggal. Para sahabat dan mertua Alkomah berusaha menuntun mengucapkan kalimat tauhid itu tapi tetap saja Alkomah tidak sanggup. Mulutnya tetap terkunci rapat. Bagi setiap muslim, ketika sakratul maut memang dianjurkan mengucapkan kalimat tauhid, yaitu syahadat.

Lalu Nabi memerintahkan para sahabat untuk menemui ibunya Alkomah, karena sepertinya Alkomah pernah durhaka pada ibunya.

ab6Bertemu ibu Alkomah

Lalu ibu Alkomah bercerita, bahwa Alkomah itu sebenarnya anak yang baik. Tapi setelah mempunyai istri, dia lebih mncintai istrinya daripada ibunya, dan itu melukai perasaan sang ibu.

ab9Alkomah dan ibunya

Contohnya, suatu hari Alkomah pulang membawa sebuah baju yang bagus. Ibunya suka sekali pada baju itu, tapi Alkomah bilang kalau baju itu adalah hadiah buat istrinya, sementara baju buat ibunya bukan yang itu. Ketika ibu Alkomah melihat baju yang buat dirinya, makin kecewalah ia karena ternyata baju untuk istri Alkomah lebih bagus.

Lalu tarian dari kelas 2 C

ac1

Di lain waktu, ibunya Alkomah bertandang ke rumah anaknya dan dilihatnya banyak makanan di rumah itu, makanan yang lezat-lezat. ketika ibunya ingin mencicipi makanan itu, Alkomah berkata bahwa makanan itu untuk istrinya. kalaupun ibunya mau mencicipi, tunggu istrinya datang dulu. Ibu Alkomah makin kecewa dan sedih. Ia menganggap alkomah anak yang durhaka.

Setelah para sahabat mendengar cerita tersebut, para sahabat menganjurkan ibunya Alkomah memaafkan anaknya agar proses sakratul mautnya lancar dan tenang menghadapi sang Khalik. Awalnya, ibu Alkomah bersikeras tidak mau memaafkan anaknya, tapi ketika tahu bahwa Rasul yang menyuruh para sahabat datang menemuinya, ibu Alkomah pun memaafkan anaknya dan dia datang ke rumah Alkomah untuk mengatakan kalau ibunya sudah memaafkan.

ac2Ibu Alkomah datang

Lalu Alkomah pun bisa dengan lancar mengucap kalimat tauhid dan menemui ajalnya.

ac3Persembahan tari dan lagu dari kelas 2 E

ac4Puisi “Ibu” dari kelas 2 A

Setelah mendengar kisah Alkomah dari ibu guru, Abdul pun mulai sadar kalau ia sudah banyak membuat ibunya kecewa, dia juga banyak membuat teman-temannya tidak suka karena ulahnya. Abdul minta maaf pada teman-temannya, dan dia berjanji akan menjadi anak yang baik.

ac5Abdul meminta maaf pada teman-teman

ac7tarian dari kelas 2 E

Pulang ke rumah, Abdul membuatkan minuman untuk ayah ibunya. Abdul juga minta maaf dan berjanji akan menjadi anak yang soleh….alhamdulilah.

ac8

Lalu, persembahan tarian dari kelasnya Azka. yayy..Azka yang kaku bisa juga nari hihihi…

ac9

ad1

Sesudah tarian dari kelas Azka, ada satu lagi tarian trakhir dari kelas 2 B tapi gak sempet difoto. Dan acaranya pun selesai…

ad2

Alhamdulillah, bisa dibilang acaranya sukses, tertib, cuaca cerah, masing-masing anak juga sudah menunjukkan performanya pada orang tuanya. Gurunya juga hebat-hebat nih dalam waktu singkat bisa bikin acara kayak gini.

Peraturan a la Azka

Saturday, February 16th, 2013

Selama semingguan ini, bibik yang nyuci gosok gak masuk, karena sakit thypus. Walhasil kerjaan rumah kayak nyuci ngepel nyetrika kudu dikerjain sendiri. Nah, namapun pekerja amatiran, pekerjaan kayak gitu yang biasa si bibik lakuin selama 2,5 jam beres (bibik datang jam 5.30 pagi, pulang jam 8an pagi), kalo aku yang pegang kok ya lama banget dan rasanya gak kelar-kelar.

Selama 2 hari pertama malah gak sempet nyetrika, jadinya menggunung deh tuh. Akhirnya bikin strategi, bangun lebih pagi….mmmh jam 3 subuh. Nyetrika, ngepel dan sambil nyuci di mesin cuci, jam 6 pagi nganter Azka sekolah, kerjaan beres. Tapi….badan serasa rontok. Seharian jarang di rumah, anter anak kesana kemari, ngurusin keperluan de el el *ciyeehh sok sibuk ni yehhh* jadinya klo sampe rumah itu, liat Azka males-malesan buka baju seragam, males-malesan disuruh mandi, naro sepatu sembarangan, tanduk pun mulai keluar.

Tapi dipikir-pikir daripada ngebawelin anak tiap ari, cape ati juga, mendingam aku tulis aja semacam peraturan dan kewajiban yang harus dilakuin Azka dan Alisha. Yup, Alisha juga perlu dong dibikin peraturan biar adil. Kebetulan Alisha udah bisa baca juga, jadi tau apa aja yang harus dia lakuin sendiri.

Yah isinya sih kalo buat Azka, kayak kalo pulang sekolah dilarang langsung main iPad, harus langsung buka seragam dan naro di tempat cucian kotor, jam sekian harus udah siapin buku pelajaran buat besok ama seragam yang akan dipake buat besok, jam sekian ngaji, jam sekian ngerjain PR klo ada PR, cuci piring dan sendok sendiri kalo abis makan, sholat 5 waktu, dll. Sementara buat Alisha, pake celana sendiri, beresin mainan sendiri, naro sendal/sepatu di rak sepatu, pipis langsung buka celana sendiri dan cebok sendiri (eh langsung ditambahin ama Azka, klo Alisha abis pup harus cebok sendiri wkwkwk), dll.

Nah, namanya anak jaman sekarang ya, si Azka merasa gak adil dong itu peraturan cuma dibikin buat anak-anak doang. Lah ortu juga harus punya peraturan yang wajib dilaksanakan. Langsung deh Azka nulis peraturan dan kewajiban buat Papa Mamanya…huaaaa…..emangnya enaaak….yuk mareee…liat apa aja isi peraturannya. Aku salin ulang ya, persis seperti yang Azka tulis, kalo beda ntar bisa kena semprot secara dia suka baca blog ini 😀

Peraturan dan kewajiban buat Mama:

1. Mencuci piring yang licin

2. Shalat 5 waktu/17 rakaat

3. Urus Rumah tangga

4. Ngajarin Azka belajar

5. Dilarang menyentuh iPad

6. Peran bibik jangan ditinggal bila bibik izin

7. Kuat benda panas

8. Kuat benda dingin

9. Rapikan baju diri sendiri

10. Rekam/videoin Azka dan Alisha kalo ada acara

11. Bila Azka nilainya bagus, tepati janji ngasih hadiah

12. Bila anak sakit, anak gak apa-apa gak bantu orang tua dan tidak berbakti

13. Harus belajar juga

14. Mengaji tiap hari 5 juz

15. Rapikan sampah

16. Tidak menyuruh anak membantu yang sulit

17. sebelum bulan Mei harus sudah khatam yang ke-3

18. Tidak bermain iPad

19. Tiap hari harus minum air lemon

20. Cuci baju sendiri

21. Dilarang mengantuk sebelum jam 10 malam

Peraturan dan kewajiban buat Papa:

1. Pulang kerja kalo belum ganti baju dilarang langsung makan tempe atau masakan mama lainnya

2. Tidak menonton TV sampai jam 9 malam

3. Tidur dilarang jam 10 ke atas

4. Tiap hari jangan nonton film comedy seperti Mr Bean

5. Pulang sebelum jam 10 malam kecuali ada perlu

6. Tidak mengambil makanan orang tanpa izin

7. Shalat 5 waktu

8. Pulang kerja jangan nakut-nakutin dan ngaget-ngagetin

9. Sebelum anak sulung bangun harus berangkat kerja agar tidak telat

10. Rutin mengaji

11. Tiap hari ngaji 10 juz

12. Jangan menonton Rowan kartun/Mr Bean

13. Tidak makan tape (tahu tempe) tiap hari

14. Bila jadi direktur dapat hadiah

15. papa dulu waktu kecil harus bagus nilai-nilainya

16. Tidak makan manis-manis

17. Ambil benda yang tinggi

18. Bangun tidur jam 04.25 pagi

19. Sebelum main/nonton iPad ganti baju

20. Harus belajar juga

21. Tidak makan berdiri

22. No minum berdiri

23. No nonton Nat geo tiap hari

24. main iPad hanya boleh sabtu dan minggu

25. Apa-apa harus dikerjakan sendiri

26. Beri hadiah jika anak nilainya bagus

27. Nonton Mr bean secukupnya saja

hahahaa…aslik deh aku baca peraturan yang dibikin Azka malah senyum sendiri dan pengen ketawa…..boanyaaak tenan….udah gitu kenapa sering-sering dilarang pegang iPad, ni pasti gara-gara aku sering ngelarang Azka pegang iPad keseringan. Kalo ngaji sehari minimal sekian juz, waduuhh bisa-bisa mama kerjaannya ngaji mulu kak, sapa yang nganter jemput Azka, masakin Azka…hihihi…

Gubug Udang Situ Cibubur

Sunday, February 3rd, 2013

Ini sebenernya udah lama, lupa aja mau posting. Ceritanya, sehari sebelom bagi raport di bulan Desember kemaren, aku dan ibu-ibu sekolahnya Azka ngadain playdate. Harusnya sih berenam ibu-ibu, tapi yang bisa hadir hanya 3, plus 4 bocah.

Awalnya mau makan Ikan masak bambu di Cimanggis, tapi karena jauh akhirnya pilih yang deket aja yaitu di Gubug Udang Situ Cibubur. Kami rame-rame naik mobilku, sempit-sempitan deh hehehe….

Keluar pintu tol Cibubur, begitu ada Bumi Perkemahan langsung belok kiri dan masuk situ.  Gubug Udang itu ada di sebelah kanan. Restonya mayan luas, katanya sih sekitar 6000 m2, ada yang model lesehan di gubug, ada juga yang duduk di kursi layaknya tempat makan, viewnya rata-rata menghadap danau.  Musholanya juga cukup bersih. Di tiap gubug dikelilingi kolam ikan. Anak-anak seneng banget ngasi makan ikan.

a1ikannya banyak ya

a2Nasinya aku kasi ikan ya…

a3nasinya jangan diabisin ya…

a4kakak matanya kelilipan ya

Masakannya sih menu sunda ya. Kami pesen makanan paket berenam. Sekitar 400 ribuan, ada nasi putih, gurame goreng, gurame bakar, udang bakar madu, cah kangkung, karedok, sup ikan, udang goreng garing, sambal, minuman es jeruk dan es teh manis. Di luar paket, kami juga pesen es kelapa muda dan air mineral. Trus buat dibawa pulang, pesen gurame bakar dan udang bakar madu.Makanannya enak-enak, apalagi suasananya juga mendukung. Per Januari 2013 harga naik, paket ber 6 tanpa minuman menjadi 500 ribu, kalo dengan minuman jadi 550 ribu.

a5nyam…nyam…

Paling enak menurutku ya gurame bakar kecapnya ama udang bakar madu. Rasanya mirip udang bakar madunya mang Engking.

udang1Daftar Harga Makanan dan Minuman per Januari 2013

udang2

Sehabis makan, anak-anak kepengen main flying fox, tapi berhubung agak mendung, kita ngajakin pulang aja. Eh yang namanya anak-anak, klo belom ngrasain main ya gitu deh gak mau pulang. Udah gitu ada yang kepengen naik perahu pulak. Akhirnya pilih salah satu, naik perahu aja ngelilingi danau. Tiketnya 10 ribu per orang.

a6naik perahu di situ (danau) Cibubur

Seabis naik perahu, sholat dzuhur, lalu pulang. Daaann…seperti yang sudah-sudah, aku salah keluar pintu tol. Harusnya keluar pintu tol Pasar rebo eh malah bablas sampe ke Cawang. Ini sih gara-gara keasyikan ngobrol. Di tol ujan turun dengan derasnya. Sampe susah ngeliat jalan. Jalanan juga macet banget. Sampe Bekasi, mau gak mau sebagai sopir yang baik, harus nganterin kedua temenku ini ke rumahnya karena ujan deres. Yang satu di Kayuringin, jalanan lancar gak pake banjir, yang satu lagi di Taman Century belakang Bekasi Square, eehh jalan ke sana banjir, saudara-saudara. Tapi aku nekad nerobos aja. Dalam kompleks Taman Century sih gak banjir. Begitu menuju kompleksku, jalanan lancar gak pake banjir, eyalaah begitu masuk kompleks lewat Pekayon, banjiiiirr ampir selutut. Terpaksa diem dulu di pinggir jalan yang kering. Tapi nunggu lama kok masi belom surut juga, mana belom sholat ashar, akhirnya nekad nerobos banjir lagi. Duuhhh Agung Sedayu…kenapa kompleksku jadi banjir begini….

a721 Desember 2012

Angkot depan mobilku sampe mogok tuh. Alhamdulillah sekitar rumahku gak banjir. Tapi akses dari belakang kompleks banjir gitu, tetep aja ya bikin bete, soalnya sebelomnya gak pernah tuh kayak gitu.

Yuuk…Main di Pinisi Edutainment Park

Monday, January 28th, 2013

Pertama kali tahu Pinisi, bisa dibilang gak sengaja. Pertengahan November kemarin Papanya anak-anak mendadak ada meeting ke Paris, trus sehari sebelum berangkat, kita ke Pasaraya Grande nyari syal, kupluk dan coat karena cuaca di Paris sudah masuk early winter dan kebetulan coatnya si Papa udah jelek harus beli yang baru. Nah, selama Papanya anak-anak sibuk belanja, Azka dan Alisha takjub lihat lift beningnya yang tinggi banget. Mereka kan emang suka banget sama lift yang belakangnya transparan dan bisa melihat seisi mall. Biasanya kan hanya sampai lantai 6, udah paling tinggi. Sementara ini sampai lantai 10. Wow…! Udah deh, Azka merengek-rengek pengen naik lift.

a1Azka gak sabar naik lift

Di dekat pintu lift, ada papan reklame tentang Theme Park baru, namanya Pinisi Edutainment Park. Sempat penasaran juga, akhirnya kita coba ke lantai 9. Di sana ada salah satu petugasnya yang bercerita kalau Pinisi ini adalah wahana permainan baru yang mengutamakan art and culture, science centre dan outbond. Tujuannya adalah ingin mengenalkan budaya dan seni Indonesia sambil bermain, juga belajar tentang science. Tiket masuknya Rp 115.000, untuk anak umur 4 sampai 16 tahun. Pendamping bayar Rp 50.000.

Azka dan Alisha takjub melihat ada kapal besar sekali terbuat dari kayu lalu di atasnya ada Cho Choo Train. Waahhh…sudah dipastikan, Azka dan alisha langsung merengek minta main. Aku juga melihat ada beberapa kelas-kelas isinya untuk belajar angklung, drama, vokal, membatik, menari, wayang. Sepertinya seru banget, belum pernah anak-anak main di tempat seperti itu. Sayang sekali, gak lama kemudian Papa menelpon dan mengatakan harus cepat-cepat pulang, karena Papa belum packing buat biztripnya. Huhuhu….Azka dan Alisha kecewa. Aku janji pada Azka, nanti mau ajak ke Pinisi kalau nilai raportnya di bulan Desember bagus. Dijanjikan seperti itu, Azka pun lega dan tidak merengek lagi.

Beberapa hari kemudian, aku baca status salah seorang teman di BBM (Blackberry Messenger) yang anaknya sekolah di TK Al Azhar Syifa Budi Jatibening. Isi statusnya: “Field Trip @ Pinisi Edutainment Park” Wah…langsung saja aku BBm-an dengan temanku itu, malah minta dikirimkan foto kegiatan anaknya yang sedang field trip di Pinisi. Sepertinya memang seru, dan temanku itu juga mengatakan yang sama, Pinisi patut dicoba, bagus buat anak-anak karena tidak sekedar bermain saja tapi ada unsur edukasinya juga. Jadi semakin pengen kesana ajak Azka dan Alisha. Browsing tentang Pinisi, belum banyak beritanya. Malah waktu itu aku belum menemukan ada Blogger yang posting tentang ke Pinisi.

Setelah Azka mendapat raport, alhamdulillah hasilnya bagus. Eh…dia masih saja ingat janjiku mau ajak ke Pinisi. Tapi waktu itu ada saja halangannya. Jadi memang belum sempet terpenuhi. Beberapa waktu lalu, di postingan “Bermain Sambil Belajar di kampung Wisata Cinangneng“, aku mendapat komentar dari manajemen Pinisi yang minta alamat email. Rupanya mereka mau mengadakan acara Family Gathering dan ada acara workshop Blogger. Wah..senang sekali. Dapat undangan 4 tiket gratis untuk tanggal 26 Januari plus juga bisa kopdar dengan Blogger lain. Terima kasih ya Pinisi atas undangan dan kesempatannya :)

Beberapa hari sebelum hari-H, aku dan Alisha sempat demam dan flu. Memang cuaca juga sedang tidak bersahabat. Tapi untungnya, Alisha mau kooperatif minum obat dan buah, soalnya aku bilang sama dia, kalau sudah sembuh kita mau bersenang-senang di Pinisi. Mendengar kata Pinisi, yang ada di ingatan Alisha adalah choo choo train. Langsung deh semangat minum obat dan makan.

Sabtu pagi kemarin, kita berangkat ke Pasaraya Grande di Blok M. Dress codenya adalah “A touch of Batik”. Alhamdulillah cuaca cerah, perjalanan dari Bekasi juga cukup lancar. Jam 09.40 sudah sampai. Untuk menuju Pinisi waktu itu cukup sulit karena mallnya kan baru buka jam 10, jadi masih banyak pintu yang tutup. Untunglah ada satpam yang memberi tahu jalan ke pintu lift yang langsung terhubung ke lantai 9, di mana Pinisi berada. Sebetulnya Pinisi ada di lantai 8-10, tapi yang baru beroperasi lantai 9 dan 10 saja. Lantai 8 akan mulai beroperasi Juni 2013, di sana akan ada science centre.

Tiba di lantai 9, beberapa blogger yang sudah hadir. Ada Myra Keke Nai, mbak Indah Juli, Mira Ayank, De dan Fayra….dan masih banyak lagi, tapi ada beberapa blogger yang belum aku kenal. Sesudah itu blogger lain juga bermunculan, ada Retma, Meyrinda, Pitaloka, Lidya, Indah. Semuanya sudah pernah ketemu. Nah, di sana aku juga pertama kalinya bertemu dengan blogger lain, seperti Nike, mbak erry, Tya, mbak Depe founder mama koki handal, dan lain-lain, maaf ya tidak bisa disebut satu persatu karena memang ada yang belum aku kenal blognya dan belum sempat kenalan hihihi…..mudah-mudahan lain waktu ada kesempatan kenalan lagi ya.  Melihat begitu banyaknya nama-nama blogger yang datang, serasa reuni dan kopdar akbar ya, seru sekali.

Setelah selesai registrasi, acara bebas. Dapat goodie bag isinya alat tulis dan majalah Good Housekeeping. Jadwal workshop blogger sebenarnya jam 10 tapi diundur jadi jam 11. Malah bagus sih, jadinya ada kesempatan aku bisa menemani anak-anak bermain dulu.

a2suasana lantai 9

a7kapal Pinisi

a3menunggu 4D simulator

a44D simulator

Pertama kali yang kami coba adalah nonton 4D simulator. Filmnya macam-macam, tapi yang kami tonton waktu itu tentang Dinosaurus. Satu ruangan hanya muat untuk 2 keluarga saja. Sayang, tidak boleh difoto selama acara berlangsung, ya iyalah kan mau menikmati juga bagaimana rasanya 4D simulator itu. Seru deh pokoknya, kursinya bergoyang-goyang, bergetar-getar misalnya melewati jalanan berkerikil atau ketika menabrak semak belukar, bebatuan. Serasa sedang di jaman purbakala. Azka dan Alisha juga tidak takut waktu ada dinosaurus mau menerkam atau mengejar-ngejar kita. Aku juga malah ketawa mulu saking serunya.

a5naik carousel

Setelah itu, anak-anak ingin mencoba carousel. Selama anak-anak main, aku ngobrol-ngobrol dengan blogger Lidya yang waktu itu mau antri masuk ruangan 4D simulator. Terakhir kali ketemu kapan ya, rasanya sudah lama banget padahal kita sesama warga Bekasi. Kalau bukan karena ada acara Family gathering Pinisi sepertinya malah makin susah nih ketemu dengan Lidya. Ya gak, Li? hihihi…

Azka minta naik ke lantai 10. Dia penasaran, ada apa saja di sana. Begitu melihat ada choo choo train, Alisha langsung teriak sambil nunjuk-nunjuk kepengin naik. Oke deh, kita naik kereta api sambil menikmati pemandangan di lantai 9 dari atas kereta. Terlihat dari atas ada kapal Pinisi yang besar, ada kiss car mengelilingi kapal, lalu ada flying fox, carousel, area anak yang ada perosotan tinggi, juga beberapa kelas, ada kelas vokal, angklung, gamelan, membatik, menari mendalang. Sementara suasana di lantai 10 yang terlihat dari kereta, ada wall climbing, cyber game dan area toddler.

a6Alisha tersenyum lebar…akhirnya naik choo choo train di Pinisi

Setelah puas naik choo choo train, Azka ingin mencoba cyber game, sementara Alisha ingin main di area toddler. Cukup lama di sini, Azka dan Alisha tidak mau beranjak. Sementara aku melihat-lihat di dekat situ ada area membuat layangan.

aa1cyber game main bola

aa2“Aku pengen ke sini…Pa….”

aa3aku lagi di luar angkasa melawan pesawat tempur

aa4ayooo…injak huruf yang diperintahkan

aa5“Hallo….ini Alisha”

aa6“yuk, naik kuda”

aa7“Kakak….gantian dong main cyber gamenya”

aa8“Aku mau di sini aja, gak mau kemana-mana…”

Setelah puas main di lantai 10, kami kembali ke lantai 9. Mencoba masuk ke dalam kapal dan naik ke atasnya. Untuk meuju kapal, ada jembatan goyang. Awalnya Alisha takut dan minta gendong tapi akhirnya berani juga dan sampailah di atas kapal, melihat ke bawah, ada anak-anak yang sedang duduk di kiss car.

a8di atas kapal Pinisi

a9Azka menjadi nakhoda kapal Pinisi

Azka dan Alisha sebenarnya pengen main di area main lantai 9 yang ada mandi bola dan perosotan tingginya. Tapi sayang, masuk ke sana harus memakai kaos kaki, sementara Azka tidak bawa kaos kaki. Alisha pakai kaos kaki tapi kalau kakaknya tidak ikut main, dia tidak mau. Huaaa…maaf ya, Ka, Mama tidak tahu kalau harus pakai kaos kaki. Padahal tadinya di rumah Azka sudah mau pakai kaos kaki karena kan biasanya kalau pakai baju batik pasti bawahnya pakai sepatu dan kaos kaki, tapi waktu itu aku bilang gak usah pakai dan gak usah dibawa kaos kakinya.

Lalu kami mendengar pengumuman, semua peserta workshop blogger ditunggu kehadirannya di teater Pinisi lantai 9, karena workshop akan segera dimulai. Akupun masuk ke dalam teater Pinisi, di sana sudah ada beberapa blogger lain yang sudah duduk. Sementara Azka dan alisha melanjutkan mainnya ditemani Papa.

aa9

Pembicara Workshop adalah  2 orang ibu muda cantik, yaitu mbak Ari kartika, selaku Direktur Pinisi Edutainment Park, dan mbak Asteria Elanda, selaku Chief in Editor majalah Good Housekeeping Indonesia. Keren-keren ya pembicaranya, beruntung banget bisa diundang. Saking seriusnya mendengarkan, aku sampai lupa mengambil foto mereka.

Mbak Ari menjelaskan tentang latar belakang didirikannya Pinisi, yang Grand Openingnya tanggal 21 November 2012. Konsepnya adalah sebuah taman bermain yang mengutamakan education dan enterteinment (eduteinment) park yang didesain menyerupai kota pelabuhan dengan sebuah kapal kayu tradisional Pinisi. Pinisi juga mengutamakan keberadaan art and culture agar anak-anak cinta budaya dan seni Indonesia.

Tiap anak itu karakternya unik, semuanya pintar, tidak ada yang bodoh. Hanya mungkin ada anak  yang karakter belajarnya  lebih ke arah visual, ada yang lebih ke arah auditory, juga ada kinestetik/gerak. Oleh karena itulah Pinisi bekerja sama dengan Kak Seto Centre, tidak hanya belajar seni dan budaya, juga  ada pemantauan bakat dengan multiple intellegent.

Pembicara selanjutnya adalah mbak Asteria Elanda. Beliau memberikan tips menulis untuk para blogger agar tulisannya lebih berkembang dan tidak hanya untuk konsumsi pribadi tapi juga untuk dibaca orang, bahkan ditawari menulis di kolom travelling atau kolom Sharing dan Blessing majalah Good Housekeeping Indonesia.Ternyata menulis untuk blog juga ada aturan 5W+1 H question ya (Who, What, Where, When, Why + How). Mudah-mudahan tulisanku juga lebih baik lagi. Kami juga diberi kesempatan untuk bertanya. Namun karena waktu terbatas, jadi cuma 3 orang penanya saja. Intinya, menulis itu memang memerlukan jam terbang yang tinggi, harus sering latihan menulis. Tulisan akan lebih baik jika ada observasi dan investigasi. Bener-bener bermanfaat sharingnya.

Lalu mbak Asteria membagikan 1 majalah lagi dan beberapa fotokopi kolom Sharing dan Blessing sebagai contoh. Dan kami, peserta workshop ditantang menulis apa saja, seperti pada kolom “sharing dan blessing” dalam waktu 15 menit. Waaah….tantangan yang lumayan sulit soalnya bingung juga cari idenya. Untuk 3 orang pemenang akan ada hadiahnya.

Setelah acara workshop selesai, kami dipersilakan ke lantai atas, menuju kedai Pinisi untuk istirahat dan makan. Kami dibagikan kupon  untuk makan bakso dan air mineral. Di kedai Pinisi juga ada tempat jualan makanan, harganya terjangkau, menunya bervariasi. Aku pesan nasi goreng Singapur yang tidak pedas untuk anak-anak dan juga minuman dingin.

Selama makan, aku bertanya tadi Azka dan Alisha main apa saja. Ternyata Azka dan Alisha mencoba  kelas vocal dan kelas angklung. Di kelas vocal, diajari cara bernyanyi, lalu dicoba menyanyikan beberapa lagu. Untuk angklung, diperkenalkan alat musik tradisional angklung dan cara memainkannya.

ab1Diajari menyanyi

ab2Alisha menyanyi

ab3Azka menyanyi

ab4
ab5suasana di luar kelas

ab6Main angklung

ab7“Cara pegangnya gimana sih…Kak..”

ab8flying fox

Rupanya, anak-anak belum puas naik kereta apinya, jadi mereka naik choo choo train lagi..hahaha….Azka ditawari naik flying fox dan wall climbing, gak mau. Menari dan membatik juga gak mau.

Selesai makan siang, kami dipersilakan masuk ke teater Pinisi lagi karena ada pertunjukan cerita rakyat Lutung Kasarung. Sebelumnya mas Gege selaku MC, mempersilakan mbak Ari dan mbak Asteria mengumumkan para pemenang penulis sharing dan blessing.

ac1Selamat kepada para pemenang

Juara 1 adalah mbak Depe, juara 2 adalah Myra, juara ke 3 adalah mbak Indah Juli. Semua tulisan akan dimuat di majalah Good Housekeeping. Waah…hebat ya. Selamat buat para pemenang. Rupanya ada 2 partisipan lagi yang tulisannya bagus dan akan dimuat setelah tulisannya diselesaikan, yaitu tulisannya De dan tulisan mbak Indri Noor. Selamat ya..:)

Daannn….akhirnya….acara yang dinanti pun  dimulai, yaitu pertunjukan Lutung Kasarung. Pemainnya, selain dari pegawai Pinisi, juga dari beberapa anak yang ditawari ikut. Azka katanya ditawari tapi tidak mau, alasannya karena takut nanti kalau jadi monyet gak bisa jadi manusia lagi hahaha…ada-ada saja, Ka.

ac2Rakyat kerajaan Pasir Batang

Pertunjukkan diawali dengan berkumpulnya para rakyat kerajaan Pasir Batang di Pasar.  Mereka sedang menjajakan hasil buminya. Tiba-tiba datanglah prajurit kerajaan beserta tuan Putri Purbararang yang terkenal kejam dan licik. Rakyat merasa tertekan dengan ulah sang putri.

Putri Purbararang sebagai anak sulung, seharusnya mewarisi kerajaan, namun ayahnya bermimpi, tahta kerajaan sebaiknya diserahkan pada putri bungsu, yaitu Putri purbasari. Tentu saja Purbararang yang kejam dan tamak, tidak terima. Secara diam-diam Purbararang memberi ramuan kulit pada wajah dan tubuh Putri Purbasari, ketika sang putri terlelap. Akibatnya, sekujur tubuh dan wajah Putri Purbasari dipenuhi penyakit kulit yang memalukan. Ketika Purbasari bangun, dia merasa malu.

ac3mengendap masuk ke kamar Purbasari

ac4Kulit wajah dan badan Purbsari menjadi jelek

Akhirnya, Purbasari ditemani inang dan dayangnya, melarikan diri ke hutan. Singkat cerita, di hutan mereka bertemu dengan Lutung Kasarung, yaitu seorang manusia yang karena kesalahannya, dikutuk dewa langit menjadi seekor monyet. Lutung Kasarung mengajak Purbasari dan inangnya ke kerajaan Lutung. Aksi para monyet ini lucu banget dan kocak, sampai Azka tertawanya heboh deh pokoknya.

ac5Lutung Kasarung

ac6Kerajaan Lutung

ac7Aksi para lutung

Suatu hari, Lutung Kasarung mengabarkan pada Purbasari, ada sayembara dari kerajaan Pasir Batang, jika Purbasari berhasil menanam padi di lahan yang kering, maka ia berhak atas tahta kerajaan, namun kalau kalah, kepalanya harus dipenggal.

Awalnya Purbasari ragu mengikuti pertandingan itu karena dia merasa sangsi akan kemampuannya. Tiba-tiba ada suara aneh dan keras dari langit yang rupanya adalah dewa langit. Dia menyuruh Purbasari ikut pertandingan, karena dewa langit akan membantu. Sebagai buktinya, dewa langit akan menyembuhkan kulit putri Purbasari, menjadi seperti semula. Dan benar saja, tak lama kemudian, Purbasari mendapati kulitnya menjadi bersih seperti sedia kala.

Berangkatlah Purbasari  ke kerajaan Pasir Batang. Di sana sudah ada Purbararang dan calon suaminya, Pangeran Indrajaya. Juga semua rakyat sudah berkumpul. Ternyata, pertandingannya ajalah membandingkan, siapa yang lebih tampan di antara calon suami Purbararang dan Purbasari.

Purbararang: “Dengarkan…..ini pangeran Indrajaya, calon suamiku. Purbasari, mana calon suamimu?”

Purbasari: “Loh, bukannya pertandingannya menanam padi?”

Purbararang: (tertawa licik) “mana calon suamimu. Pertandingannya adalah membandingkan ketampanan calon suami kita”

Purbasari terkejut dan tidak menyangka pertandingannya ternyata membandingkan ketampanan. Dia juga bingung karena tidak punya calon suami. Dia hanya mengenal Lutung Kasarung.

Purbararang: “Ayo cepat panggil calon suamimu si lutung jelek itu…hahaha…”

Tidak ada pilihan lain, akhirnya Purbasari memanggil Lutung Kasarung.

Purbararang: “Wahaaaiiii….Rakyatku, dengarkan semua…”

Purbararang: “Calon suamiku, Pangeran Indrajaya menurut kalian, tampan, bukan?”

Rakyat juga terkejut dan menunduk, tapi harus menjawab dengan jujur.

Rakyat: “Tampan, Putri..”

Purbararang: “Lebih keras lagi….!”

Rakyat: “Tampan, Putri…”

Purbasari menangis. Terbayang sudah dirinya akan dipenggal kepalanya. Namun ada satu pertandingan lagi, yaitu adu kekuatan. Pangeran Indrajaya harus bertarung dengan Lutung Kasarung. Rupanya Pangeran Indrajaya licik, dia menggunakan senjata, sementara Lutung Kasarung tangan kosong. Akhirnya Lutung tertusuk belati. Namun tiba-tiba, ada suara dewa langit yang menghidupkan kembali Lutung Kasarung dan mencabut kutukannya, Lutung Kasarung kembali menjadi seorang pangeran yang tampan dan rupawan.

ad1Lutung Kasarung dan Pangeran Indrajaya yang bertarung

Pertandingan pun diulang lagi, Lutung dan Indrajaya mengadu kekuatan lagi, Lutung yang menang. Akhirnya Indrajaya dan Purbararang berlutut dan memohon maaf pada Purbasari. Purbasari memaafkan dan mempersilakan kakak kandungnya itu tetap tinggal di istana kerajaan Pasir Batang.

ad2pertunjukan selesai

Setelah pertunjukan Lutung Kasarung, acara family gathering pun selesai. Bukan Blogger namanya kalau kumpul-kumpul tanpa foto-foto.

ad3berfoto bersama para blogger dan karyawan Pinisi

Selesai foto bersama, aku langsung pulang soalnya badan rasanya belum terlalu fit. Sementara aku lihat, teman-teman yang lain masih ada yang main lagi. Aku nanya Azka, senang gak main di Pinisi. Dia bilang, senang, pengen ke sana lagi kalau lantai 8nya sudah buka. Oke deh kakak….

Mudah-mudahan ada acara seperti ini lagi ya bersama blogger, seru dapat ilmu, dapat teman, juga seperti reuni. Terima kasih sekali lagi untuk Pinisi Edutainment Park atas undangannya…:)

Pinisi Edutainment Park:

Gedung Pasaraya Blok M Lantai 9 & 10

Jl. Iskandarsyah II No 2 Kebayoran Baru – Jakarta Selatan

Twitter: @PinisiIndonesia

TPA

Tuesday, January 22nd, 2013

Ini bukan mo ngomongin Tempat Penitipan Anak ya, tapi Taman Pendidikan Al-Qur’an. Jadi, ceritanya, Azka dan Alisha tu taun kemaren sempet aku daftarin TPA deket rumah, namanya TPA Darul Ilmi. letaknya di ruko sebelah FO Levi’s. kalo pagi, ada TKnya juga. Jam 2 sampe 3.30 jadi TPA. Waktu ikutan, muridnya cuma dikit, Azka Alisha plus seorang kakak adek juga, jadi total 4 orang. Nah, ternyata murid TKnya makin ke sini juga makin dikit. Akhirnya, Juli 2012 udah ga nerima murid lagi alias bangkrut. Gimana nasip TPAnya? ya tutup juga. Hiks…sedih juga, soalnya Azka dan Alisha lagi semanget belajar ngaji. Waktu itu spp TPAnya 100 rb per bulan. Seminggu 3x. Sebenernya, di deket rumah ada juga beberapa mesjid yang nyediain TPA, sppnya juga murce cuma 25 ribu. Tapi Azka gak mau. Mungkin karena kalo di mesjid kan banyak ya muridnya, trus Azka suka dijailin-jailin gitu, jadi gak nyaman. Dia maunya klo TPA itu tempatnya di ruang kelas dan muridnya dikit.

Pernah juga datengin guru ngaji ke rumah, tapi ya gitu deh gak awet. Yang pertama, perempuan, berenti karena dia hamil anak ketiga, sementara anak pertamanya masi umur 4 taun dan nenek yang biasa tempat nitipin anaknya, meninggal. Trus waktu azka kelas 1, sempet manggil guru ngaji juga ke rumah, guru azka di sekolah. Tapi karena laki-laki, kok ya aku risih ya secara di rumah ga ada sapa-sapa. Ditawarin manggil hafidzoh ama temen, sempet tertarik juga, jadi selain belajar ngaji juga ngafalin isi quran. ..eeh ternyata dianya full. Ya sutra, satu-satunya pilihan ya nyari TPA. Kenapa gak diajarin sendiri aja di rumah? ya gitu dehhh….ga telaten akunya hiks…

Sejak lama sebenernya pengen daftarin anak-anak ke TPA Al-Azhar di Mesjid biru kalimalang. Belajar ngajinya di kelas TK Al Azhar. Banyak anak temen yang ngaji di situ, masi TK aja udah khatam beberapa kali..ckckck…Tapi ya gitu deh, mikirin nganter-nganternya kok ya malesss….mana ngajinya sore, jauh dari rumah, barengan macet ria ama orang yang baru bubaran sekolah dan ngantor. Hadeuuhh ini emak macam apa siy nganter anak ngaji aja males…

Akhirnya, minggu lalu, aku daftarin deh ke TPA Al Azhar. Alisha yang udah setaun ini gak mau pake jilbab eh tumben loh mau pake lagi. Bayar spp ngaji di TPA Al Azhar 90 ribu per anak. Gurunya ada 3. Ngajinya jam 4 sampe jam 5. Tapi diusahain sebelom adzan ashar harus udah dateng biar anak-anak sholat Ashar berjamaah. Ngajinya seminggu 3x. Oke deh pekerjaan bu Sopir nambah lagi. Abis jemput Azka dari sekolah jam setengah satu sampe ke malem emang ga ada apa-apa sih. Paling hari senin Azka ada les renang. Sementara ngajinya selasa rabu kamis. Awalnya Azka sempet protes, tadinya cuma senin aja yang ada lesnya, eh kok sekarang sampe kamis ada. Jumat doang yang libur. Tapi setelah aku bilang, TPA kan gak selamanya, klo ngajinya udah bagus, bacaannya bener semua, ya tinggal ngaji di rumah aja, Azka pun oke.

Di rumah Azka ngajinya surat ke 5. Di Sekolah surat ke 6. Eeehhh….begitu dites ngaji, kata guru TPAnya ngomong ke aku, “Bu, ini tadi saya udah dengerin Azka ngaji surat Al Maidah. Saya sih menilainya belom sempurna banget ya. Terserah ibu, mau lanjutin surat ke 5, ato di TPA ini mulai dari iqro lagi biar bacaannya bener-bener sempurna.” Deg!!! Tuuuh kan…tuh..kan….nyesel deh kenapa gak dari dulu ikut TPA di sini. Ternyata standartnya beda. Aku tadinya agak underestimate ama murid-murid TPA sini yang udah khatam iqro beberapa kali. Aku pikir, pasti ngajinya grasak grusuk cepet-cepet asal biar cepet selese, gak mentingin bacaannya bener apa gak. Doohhh udah su’udzhon….ampuni hambamu ini Ya Alloh….Akhirnya, aku bilang ke gurunya, yaitu Pak Agus, lebih baik diulang dari iqro lagi. Menurut pak Agus, dari semua iqro itu yang paling susah iqro 4, yang lainnya gampang. Jadi ya, Azka diulang lagi dari iqro 4, sodara-sodara! Padahal ya waktu TK dia dah dapet piala sebagai tanda lulus iqro. Masuk SD Al Azhar, dia juga disuruh ngulang lagi ke iqro ama sekolahnya. Iqro 2…euy! Aku sempet kaget banget waktu itu. Tapi semester 2 udah berhasil dapet sertifikat lulus iqro, lanjut ke al quran. Oke deh sekarang mulai lagi dari iqro, semangat ya Kakaaaaa……! Alisha sendiri, walopun di rumah udah mo iqro 2, ya ngulang juga dari awal iqro 1. yang ngajar guru TK bidang iqro. Azka diajar oleh Pak Agus, ada 3 murid SD kelas 2 semua, 2 dari SD Al Azhar, 1 lagi dari SD lain, aku lupa nama sekolahnya. Alisha sendiri diajar oleh bu Rini, ada 5 anak, rata-rata dari sekolah lain.

tpa5heboh ya hiasan deket tempat naro sepatu

tpa6

tpa7main jungkat jungkit

Nah yang bikin anak-anak suka ngaji di sini, soalnya karena TK ya, banyak mainannya. Sebelom dan sesudah ngaji, maunya main dulu. Kadang disuruh pulang aja susah bener. Trus, selama seminggu ini aku peratiin, guru-guru TK ini kok ya pulangnya jam 4 mulu ya. Mereka masi sibuk aja di kelas, nempel-nempelin hasil karya murid lah, meriksa-meriksa karya murid lah, malah hari rabu kemaren pada sibuk bikin hiasan-hiasan binatang, baguuus banget.

tpa 3

tpa 1ada pohon boongan

tpa 4salah satu kelasnya ada goa dan monyet bergelantungan

tpa2welcome to Mini Zoo

tpa9

tpa10kolam ikan boongan

Ada pohon boongan, kolam ikan boongan, mini zoo, kelasnya juga dihias, ada goa dan ada monyet bergelantungan. Waktu aku nanya ke salah satu guru, rupanya hiasan itu sesuai tema sekarang, tentang mengenal hewan-hewan. Bulan depan hiasannya tema Maulid nabi. iiihhh kreatif sekali ya guru TK di sini. Makin gak sabar pengen cepet-cepet mindahin Alisha ke sini Juli besok.

Bermain sambil Belajar di Kampung Wisata Cinangneng

Thursday, January 3rd, 2013

Ayoooo coba…sapa yang ga tau apa itu kampung wisata Cinangneng? *nunjuk diri sendiri* yap! sehari sebelom kita berangkat, sama sekali blank apa itu kampung wisata Cinangneng. Malah sebelomnya belom pernah denger. Tau juga karena gak sengaja, gara-gara liburan akhir taun kemaren eyangnya Azka dari Jogja mendadak datang.  Tadinya kita yang mau ke Jogja. Karena datangnya mendadak, gak ada planning apa-apa mau ajak jalan-jalan kemana di Jakarta ini.  Kalo iya kan bisa booking hotel sejak jauh-jauh hari. Langsung kepikir apa liburan ke Sariater ato ke Bandung. Kalo ke puncak langsung coret, soalnya baru 2 minggu lalu kita ke sana.

Hari jumat itu aku seharian browsing hotel di Bandung dan Sariater, buat keesokan harinya, hari Sabtu. Sudah bisa dipastikan, penuh, sodara-sodara! kalopun ada yang kosong, ratenya mihilnya minta ampyun, naik 100 %. Sampe Jumat sore itu bener-bener udah putus asa deh. Pengennya emang cari tempat nginep yang banyak pemandangan trus gak usah keluar hotel, cukup leyeh-leyeh di area penginepan aja.

Trus, aku buka websitenya Liburan Anak. Di situ ada tentang Kampung wisata Cinangneng. Baca-baca sepintas kayaknya seru juga dan kebetulan ada penginepannya,semacem guest house ada 9 kamar. Langsung deh ajuin ke Papa, ke sana aja, kan deket tuh ke Bogor, pasti gak macet. Si Papa awalnya gak setuju. Katanya, anak-anak takut gak suka ke tempat begitu. Tau sendiri, Azka ama Alisha itu anak mall, kena kotor jijikan. Belom lagi liat penginepannya kayaknya bener-bener nuansa pedesaan gitu, takut anak-anak gak betah tidur di situ. haiyaahhh…trus aku usulin ke Ecopark aja. Cari penginepan seputaran Ancol, penuh juga. Rata-rata mulai kosong tanggal 2. Tapi kan klo tanggal segitu eyangnya keburu balik ke Jogja. Tapi akhirnya Jumat malem diputuskan  ke Ecopark aja gak pake nginep-nginep. Tidurlah aku malem itu, biar besoknya bisa bangun pagian nyiapin sarapan.

Paginya, abis selese masak, si papa tiba-tiba ngusulin ke Kampung wisata Cinangneng aja. Trus, pagi itu dia nelp apa masi ada kamar buat nginep semalem. Katanya ada tinggal 1. Harganya pun masi tetep, gak pake naik, mentang-mentang peak season. Sippplah. Sebetulnya pengennya sih 2 kamar biar leluasa kan orang dewasanya aja ada 3. Tapi apa bole buat. Langsung deh packing super kilat. jam 8 cusss berangkat. Perjalanan ke Bogor lancaaarrrr. Lokasinya deket IPB Dramaga. Keluar tol Jagorawi masi sekitar 20-an km.

Jam 10-an sampe sana, nanya-nanya kamar, alhamdulillah masi ada 2 kamar. Ada yang cancel. Ahhh..senengnyaaa…Harga kamarnya 450 rebu, kali 2 jadi 900 rb. Udah termasuk makan siang, makan malam, makan pagi dan snack sore, juga tour kampoeng. Aku wanti-wanti ke Azka, jangan banyak mengeluh, kita mau bersenang-senang menjadi anak desa. Trus, jangan jijikan. Gak apa-apa kotor-kotoran, nanti dicuci lagi, mama bawa baju ganti banyak. Si Azka mengangguk tanda setuju.

Nah trus petugasnya nawarin kita ambil program “Poelang Kampoeng”. tadinya gak kepikiran ambil program itu, soalnya acaranya mayan padet, tiap orang bayar 115 ribu udah termasuk makan siang dan renang. Tapi berhubung kita menginap di sana, yang mana salah satu eh dua fasilitas menginap di sana itu dapat makan siang juga dan renang, jadinya per orang yang ikut program “Poelang Kampoeng” bayar 100 rb. Program lain ada juga. kalo mau ikut program Poelang Kampoeng tapi cuma si anaknya doang, ortunya gak mau ikutan, pendamping tetep  bayar 60 ribu tapi dapat makan siang dan fasilitas free renang. Ya mending sekalian ikutan aja, seru kok acaranya, cocok buat semua umur.

Si petugasnya bilang, acara programnya akan dimulai 1 jam lagi, soalnya nunggu keluarga lain yang mau datang. Selama 1 jam itu kita jalan-jalan aja liat-liat suasana. Kamar kita dapetnya di Kamar Gede dan Kamar Salak. viewnya kolam renang. Totalnya ada 9 kamar. Kamar Tebing viewnya garden yang ada ayunan, kamar Desa dan Sawah viewnya sawah-sawah dan pedesaan, deket situ juga ada kamar Gabah dan kamar Padi. Kamar Sungai dan kamar pangrango viewnya sungai.

Sebelom program “Poelang Kampoeng” dimulai, petugasnya nawarin makan siang sekarang apa nanti. Berhubung programnya selese kurleb 3 jam, ya kita milih makan siang aja dulu dong. Biar anak ntar gak rewel. Tempat makannya outdoor gitu deh, namanya Balai kampoeng. Ada model gubuk buat lesehan, ada juga meja kursi seperti biasa. Menu makan siang kita waktu itu nasi, ayam goreng, ikan asin, tempe, tahu, sambal, kerupuk, sayur asem. Buahnya semangka. Nikmaaattt banget.

a lunch

Selese makan, acara pun dimulai. Total rombongan tour kita ada 13 orang, udah termasuk 2 orang kru dari MNC TV. Memang waktu itu ada syuting juga dari MNC TV, jadi mereka ngikutin kita selama 3 jam-an itu. Rombongan tour dipandu oleh 1 orang petugas.

Pertama-tama, kami diajak ke suatu tempat kayak saung besar gitu, di sana udah disedian topi caping kosong, kuas, cat air. Kita diajak melukis topi caping bebas dan dibawahnya ditulis: Cinangneng Bogor 2012. Setelah selesai, topi capingnya dijemur.

a1melukis topi caping

a2

Lalu kami diajak ke tempat main gamelan. Di sana diajarin cara mainnya. Alat musik sunda itu nadanya bukan do-re-mi, tapi da-mi-na-ti-la. Kami dikasi instruksi untuk memainkan nada 5-1-5-5-1-5-2-1-2-2-1-2. Lalu setelah diberi aba-aba, kita semua memainkannya, sampe nunggu perintah berenti. serruuu banget. Diulang sampe 3x.

a3belajar gamelan

Setelah bermain gamelan, kami menuju pendopo. Di sana akan diajarkan tarian tradisional sunda yaitu menari jaipong. Letak pendopo ini di sebrang kamar kami. Waah, ternyata badanku yang kaku ini mayan susah juga ngikutin gerakan tariannya xixixi….tapi asli seneng banget, ketawa-ketawa. Yang perempuan pake selendang, yang laki-laki pake semacem penutup kepala dari kain.

a4

a1-4

Setelah itu, kami diajak ke taman. Di sana sudah disediakan batang dan daun singkong yang banyak. Rupanya, kami akan diajari membuat permainan anak desa, yaitu wayang daun singkong. Kreatif ya. Masing-masing peserta membuat 1 wayang daun singkong.

a1-3

a5wayang batang daun singkong

Setelah itu kami ke area tempat makan. Di sana sudah disiapkan alat dan bahan untuk membuat kue bugis dan minuman wedang jahe. Setelah jadi, kami boleh mencicipi makanan dan minuman tradional ini…lezaaatttt….

a6membuat kue bugis

a7giliran mengaduk adonan kue bugis

a8membuat minuman wedang jahe

Acara yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba, yaitu….tur kampoeng. Topi caping yang kami buat tadi, dibagiin buat dipake. Kami diajak ke Kampung seputaran Kampung Cinangneng, yaitu kampung Cihideung udik dan kampung Kondang.

a9suasana desa

a10ijo royo-royo

Kami berjalan melalui pematang sawah. Mayan jauh juga jalannya. Trus, diajak juga ke tempat home industry tempat pembuatan tas dan kerajinan dari bambu dan batok kelapa.

a12tour kampoeng

a11kerajinan bambu dan batok kelapa

Setelah itu kembali ke kampung Cinangneng, siap-siap menanam padi dan memandikan kerbau di sungai. Ini dia puncak acaranya. Seumur-umur baru kali ini mandiin kebo hihihi….

a13

a14

a15

a1-1

Azka dan Alisha ternyata mau masuk ke sawah dan gak jijikan..horeee

a19memandikan kerbau

a16

a17

a18

diwawancara MNC TV

Waktu menanam padi itu, tadinya aku ragu tuh Azka dan Alisha mau masuk ke sawah, kotor-kotoran kena lumpur dan air sawah. Eh ternyata mereka malah excited. Alisha sempet jatuh tuh nyemplung sawah, sampe bajunya kena lumpur semua, tapi tu anak malah ketawa-ketawa…kirain bakal nangis. Setelah menanam padi dengan cara mundur, kami menuju sungai. Di sana sudah ada beberapa anak kerbau yang berendam di sungai. Alisha diajak naik ke atas punggung kerbau masi takut-takut. Azka sempet diwawancara ama kru MNC TV, ditanya acaranya tadi ngapain aja. Entahlah buat acara apa, aku juga gak nanya-nanya soalnya di rumah ga ada MNC TV.

Harusnya ada 1 lagi, yaitu main angklung. tapi liat kondisi baju, celana basah semua, trus kita juga udah capek, jadinya program “Poelang Kampoeng”nya udah cukup sampe di situ. Acara selanjutnya..tentu saja masuk kamar. Ternyata kamarnya mayan bersih. Gak seperti yang aku pikirkan. Ada handuk, sabun dan sampo sachetan. Showernya ada air dingin dan air anget. Cuma kamar mandinya agak bau apek, gak ada exhaust fan. Penginepannya udah ada sejak taun 1996. Udah lama, jadi jangan bayangkan kasur yang empuk ya hihih…tapi segitu juga aku udah puas. Apalagi depan kamar kita ada kolam renang. Azka dan Alisha udah gatel aja pengen renang dan main ayunan. Emaknya gempooorrr…jadilah anak-anak berenang sama papanya. Sementara Eyang duduk-duduk di teras kamar sambil menikmati snack sore. Yap, kami dikasi snack sore berupa teh manis panas, kue bugis dan bola-bola ubi yang masi anget. Sedaaaap….

a1-2depan kamar

a20

a21

a22

Alhamdulillah sepanjang hari itu cuaca bersahabat, cerah. Abis berenang trus main ayunan depan kamar Tebing. Malemnya kita ke Balai kampoeng buat menikmati makan malam. Menu makan malamnya: nasi, ayam bakar, perkedel, bihun goreng, tumis buncis wortel, sambal, kerupuk dan buah semangka. Yummiiii….

a23makan malam di Balai Kampoeng

Besok paginya, Azka minta renang lagi. Kalo Alisha bangunnya agak siang. Alhamdulillah malamnya anak-anak tidur nyenyak. Papa ama eyang tidur di kamar sebelah, yang kasurnya twin bed. Aku bertigaan ama anak-anak di kamar single bed. Abis mandi-mandi, sarapan di Bale Kampoeng. Menu pagi itu nasi goreeeeng. Anak-anak makannya lahap, itu emang makanan kesukaan mereka. Menurutku, makanannya enak-enak. Bener-bener selama di sana gak usah keluar cari-cari makanan. Di deket Balai Kampoeng juga ada toko souvenir dan toko yang jual snack, minuman.

a24sarapan

Selese makan, acaranya foto-foto deket taman dan sawah. Harusnya sih ikut tour kampoeng. Kalo nginep disitu memang paginya ada tur kampoeng. Berhubung kita kemarennya udah, waktu ikut program “Poelang Kampoeng”, jadi gak ikutan lagi, males. Jadinya duduk-duduk aja menikmati semilirnya angin di pedesaan….tsaah…

a25

a26

a27

a28

a29

Selese jalan pagi, beres-beres, cek out. Lalu menuju…..kota Bogor, berwiskul ria. Puas bangeeet deh hari itu. Udara cerah, jalanan lancar gak pake macet. Padahal malemnya kan mau malem taun baru.

Tentang Sekolah

Monday, December 24th, 2012

Berhubung salah satu tujuan ngeblog ini buat mendokumentasikan hal-hal yang perlu disimpan, sekarang aku mau cerita tentang sekolahnya anak-anak.

AZKA

Aku sempet khawatir dengan umurnya Azka yang belom cukup. Dia sekarang kelas 2, padahal umur 7 tahunnya belom ada sebulan lalu. Alhamdulillah sejauh ini masi bisa mengikuti pelajaran dan kegiatan di sekolah. Belom ada perbedaan dengan temen-temennya yang umurnya sudah 8 tahun.

Hari sabtu lalu ambil raport, ini dia hasilnya…

photo

Masalah yang masih mengganjal paling dalam hal sosialisasi. Sejak TK Azka memang kalo berteman cuma dengan 1 orang aja yang menurut dia paling sreg. Waktu kelas 1, temennya namanya Nanda, kemana-mana berdua. Kelas 2 ini gak sekelas lagi dengan Nanda. Sekarang lengketnya sama Narend. Kemana-mana berdua. Kemaren aku udah ngomong ama gurunya, supaya Azka dipisah duduknya dan kelompoknya, biar dia bisa berteman dengan yang lain juga.

Dalam hal keberanian juga menurut gurunya, Azka masi suka malu-malu. Misal mau masukin uang ke celengan aja ragu-ragu dan malu. Ato disuruh ikut perlombaan, udah pesimis duluan, takut gak bisa. Yah mudah-mudahan ke depannya lebih baik lagi dalam hal keberanian dan percaya diri ya, Ka. Tapi Mama dan Papa tetep bangga sama Azka.

ALISHA

Sama dengan Azka, Alisha juga menurut guru Playgroupnya, masih kurang dalam hal keberanian dan percaya diri. Suaranya masih malu-malu. Tapi dalam hal lainnya, masih bisa mengikuti dengan cukup baik. Kalau raport anak PG gak ada nilainya, cuma Baik, Cukup, Kurang.

Nah, berhubung taun depan Alisha udah masuk TK A, mulailah kemaren ini aku dan papa diskusi soal TKnya Alisha. Apakah mau tetep di tempat sekarang, Fitria, ato pindah ke TK Al Azhar. Akhirnya, diputuskan pindah, dengan alasan:

– Sekolahnya dekat dengan sekolah Azka, lebih gampang buat antar jemput

– Kalo sekolahnya sama, liburan juga sama. Gak kayak sekarang. Azka masuk tanggal 2 jan, Alisha masuk tanggal 7 jan.

– Fasilitas lebih lengkap, sekolah dan halamannya lebih luas, ada rumputnya. Di sekolah lama gak ada rumputnya xixixi

– Kegiatan-kegiatan di luar sekolah lebih banyak, seperti family day, mother’s day, assembly

– Masuk ke SD yang dituju lebih gampang karena diprioritaskan dari TK yang sama. Tahun ini TK nambah 1 kelas, otomatis untuk SDnya nanti makin terbatas kemungkinan menerima siswa dari luar, diutamakan dari TK Al Azhar

– lebih profesional. Di awal tahun ajaran, orang tua sudah memegang parent’s handbook, jadi tau kegiatan selama setahun. Tiap hari orang tua dapat sms dari sekolah kalau ada info/pemberitahuan, selain dari buku penghubung

– Yang penting Alisha suka dan mau sekolah di situ

IMG04409-20121119-1320

Main ayunan depan kelas TK

IMG04680-20121220-1123

Sekolahnya ada mesjid biru yang besaar

IMG04411-20121119-1332

aku mau sekolah di sini…

IMG04678-20121220-1122

halamannya luas

Untuk pendaftarannya, sudah dibuka dari bulan November lalu. Tinggal 9 kursi lagi waktu itu, karena sudah terpenuhi banyak dari Playgroup. Pendaftaran mulai Desember ini, dengan perincian biaya untuk tahun ajaran 2013/2014:

– uang pendaftaran: Rp 200.000

-Uang pangkal + KBM selama 2 tahun: Rp 13.500.000

– spp per bulan: Rp 800.000

Biaya bisa dicicil 3x, yang penting, sebelum Juli 2013 sudah lunas. Kalau bayar spp sekaligus untuk 12 bulan, dapat free 1 bulan. Dan selama 2 tahun TK tidak dipungut biaya apapun lagi, termasuk kegiatan-kegiatan, field trip, family day, mother’s day, assembly, lomba-lomba. Mudah-mudahan dilancarkan semuanya, rejekinya juga dimudahkan. amin.

Review Hotel Seruni 3 (Seruni Gunung Salak) Puncak

Wednesday, December 19th, 2012

lobby

Lobby Hotel Seruni 3

Ahaaayy….perlu direview segala yak, berhubung ini hotel bikin aku penasaran setengah mati. Gile aja selama 2 tahun belakangan ini, booking di sana selallluuu gak kebagian mulu. Soalnya aku kan maunya week end. Dan itu selalu aja penuh. Temenku rata-rata dapet kamar di sana, bookingnya emang berbulan-bulan sebelomnya. Oke deh setelah liburan Juli kemaren gak dapet, akhirnya pasang kuda-kuda, ngincer buat desember aja abis Azka selese UAS. Kan pas tuh, selese uas, perlu refreshing. Sambil berdoa harap-harap cemas semoga Papa tanggal segitu gak lagi biztrip. Jadilah aku booking buat tanggal 15 desember itu…mmmmmhhh…..3 bulan sebelomnya, sodara-sodara. tetanggaku ternyata booking tanggal 15 desember juga, tapi dia pesennya dari sejak…..bulan puasa. Harga naik mulai 21 desember – 6 januari, karena peak season, abis itu normal lagi. Kalo booking, cuma bayar DP 50 persen aja, ditransfer trus tanda buktinya dikirim via fax dan gak bole ilang, soalnya nanti waktu check in, harus diliatin.

Hotelnya itu terletak deket gerbang Taman safari. Jadi klo kita dari jakarta, sampe Cisarua, trus kan ke TSI belok kanan, luruusss…..nah sebelom ketemu gerbang tiket TSI, di kiri ada jalan kecil. Hotel Seruni masuk jalan kecil itu. Emang gak nyangka dengan akses jalan kayak gitu tau-tau ketemu lah si hotel yang luaaassss banget. 1 kompleks hotel itu terdapat Seruni 1, yang ngadep gunung pangrango, trus Seruni 2, yang ngadep Gunung Gede, dan seruni 3 yang ngadep gunung Salak. Seruni 3 hotelnya lebih baru dan menurutku viewnya lebih keren, makanya pilih yang Seruni 3.

Awalnya Azka nanya, hotelnya ada lift gak. Aku bilang, engga. Soalnya kebayang hotel fav kita di Puncak, hotel Grand Ussu, gak ada liftnya. Sementara Azka kan ga peduli hotelnya kayak apa yang penting ada liftnya. Agak gak semanget jadinya tu anak, protes-protes kenapa Mama pilih hotel yang ga ada liftnya. Owww….mama penasaran sama ini hotel, kakaaaakk…..

Sabtu pagi, berangkat lah kita dari rumah jam 7.30. Walopun check in baru bisa dilakukan jam 2 siang tapi kita boleh pake semua fasilitas hotelnya. Gak mau rugi dong dong dooong….alhamdulillah cuaca hari itu juga ceraaahhh..setelah beberapa hari sebelomnya ujan mulu. Aku sampe bilang gini ke Azka,

Mama: “kak, doain ya tanggal 15-16 des gak ujan..”

Azka:” Iiihhh….Mamaaaa…gak boleh gitu. Ujan kan berkah, Ma.”

mama: Jleb! “Iya boleh deh ujan, tapi ujannya malem aja, jangan pagi ato siang ato sore.”

Azka: “emangnya kenapa, Ma?”

Mama: “Nanti kita gak bisa berenang, gak bisa main-main di playground, Ka. Masa cuma diem-diem di kamar doang.”

Ehhh ternyata beneran dong, 2 hari itu cuaca ceraaahh malah cenderung panas. malemnya siy ujan, yang mana bikin udara puncak yang dingin itu semakin dingin.

Jam 10an kita udah sampe di hotel. Belom bisa check in. Main-main lah ke playgroundnya. Letaknya di Seruni 1. Liat pemandangan ijo royo, udara seger tu rasanya nikmaaattt. Secara tiap hari ngirup udara dari asap kendaraan. Nasep punya rumah di sampingnya jalan raya. Anak-anak juga lari-larian, kejar-kejaran, daaan tentu saja, fofotoan 😀

b playground 2

b playground

Playground ada di Seruni 1 (Seruni Gunung Pangrango)

beach 2

pool

Puas main di playground, kita ke seruni 3, menuju Beach Pool. iihhh masi sepi, bebas deh main-main pasir serasa di pantai sambil liat pegunungan dan pemandangan yang subhanallah…indah banget. Aku pasang foto anak-anak di beach pool ini di pp bbmku, eh pada komen nanyain, “lagi di pantai mana niy ver..” xixixix padaal di puncak. Siangnya baru deh ke luar, cari makan siang. Trus balik ke hotel jam setengah dua, udah bisa check in. Si Azka seneeeeng banget, ternyata hotelnya ada liftnya. Udah gitu liftnya lift bening pulak, kesukaannya.Aaah..makin cinta deh ama ni hotel buat refreshing manjain mata.

lift

Aku waktu itu pesen kamar di lantai 3. kamarnya paling atas emang di lantai 3. Sengaja pilih yang kamar deluxe karena dapet viewnya ke lembah dan gunung salak. Kalo suite, beda 200 rebu tapi gak dapet view. kamar suite bedanya cuma lebih luas, karena kamarnya ada 2 kamar mandi, trus ada ruang tamu, trus keluar pintu belakang ada taman kecil dan ngadep tembok. Sementara klo kamar deluxe, keluar kamar belakang langsung teras dan liat gunung. Kamar deluxe pun ternyata luaasss, gak kayak kamar deluxe di hotel-hotel tengah kota yang suka sempit. Kamar mandinya juga luaaass. Kasurnya unik. Serasa kamarnya Nyi Roro Kidul wkwkwkw, mana banyak ukiran-ukiran gitu, palagi lobbynya seruni 3 itu, tembok ama langit-langit full ukiran, trus banyak patung-patung telanjang, foto-foto gadis bali. Di kamar mandi juga ada lukisan porno xixixi. kamar tidurnya gak pake AC. Beda ama Grand ussu, masi pakeAC.

Cisarua-20121216-00237

Masuk kamar, istrirahat dulu bentar. Papa malah zzzzzz……kasian juga si papa, dari mulai awal desember dia keluar kota mulu, trus lanjut training di kantor, untuuung aja tanggal 15 itu dia pas lagi kosong. Wiken mgg depan dia mau outing ke Lembang, wiken sebelomnya dia gathering di Solo. Bener-bener passs banget deh milih tanggal 15.

b kamar

IMG04604-20121215-1359

Abis sholat ashar, anak-anakpada minta berenang. Pagi tadi udah liat kolam renang di seruni 1, yang selokasi dengan playground, tampak biasa aja, gak unik. trus siangnya, udah cobain beach pool seruni 3. jadi, sabtu sore mo cobain kolam renang seruni 2 yang dari jalan raya kliatan baguuuusss banget. Sengaja aku bawain baju renang anak-anak lebih dari 1. pengen cobain semua kolam renangnya xixixix….gak mau rugi.

b renang 1

b renang 2

renang

 rng

rg

Di kolam renang seruni 2, kita ketemu tetangga, yang juga nginep di sana. Dia nginep di seruni 2. Azka ama alisha seneng banget renang di situ. Susaaahh banget disuruh udahan. Sampe mau maghrib baru deh mau berenti. Masuk kamar, mandi, langsung tepppaaarrr. Rencananya mo makan malam di resto haur Geulis di Seruni 2, trus lanjut liat pertunjukkan tari-tarian di sebrang lobby seruni 3. Tapi liat anak-anak kecapean, akhirnya pesen delivery aja ke resto Haur Geulis. Pesen tempe mendoan, nasi goreng, nasi ayam bakar, perkedel jagung, jeruk hangat, coklat panas. Harganya gak begitu mahal. Kalo rasanya sih standart aja. Yang enak malah mendoan ama perkedel jagungnya. Abis itu tiduuurrr deh. cape.

b balkon

teras

Minggu pagi, abis mandi-mandi, jalan pagi. Di atas resto seruni 2 ada yang senam pagi, ada instrukturnya. Kita sih jalan-jalan aja sambil fofotoan di seruni 2. Trus abis itu balik lagi ke resto seruni 3, sarapan. haduuhh ternyata antriiii…padahal baru jam 8 pagi. Udah gitu orang-orang ambil makanannya banyak-banyak, apa efek kelaperan karena udara dingin, ato abis senam, ato….pokoknya makanannya jadi cepet ludes, gitu.  Variasi makanannya lebih banyak dari hotel Grand Ussu. kalo dibandingin ama Grand ussu, rate kamarnya jugagak jauh beda. nanya ke Azka, klo ke puncak lagi maunya nginep di Grand Ussu apa Seruni. Jawabnya: SERUNI karena ada liftnya zzzzzzz…….

b lembah

b pagihari 3

b pagihari 2

b pagihari

mancur

Abis sarapan, anak-anak minta renang. Oke deh, berhubung kemaren cuma main pasir doang di beach pool, jadi hari itu kita mo renang aja di beach pool sambil main pasir. Anak-anak aja sih yang berenang. Emak babehnya cukup jadi pengawas aja 😀

beach

Aduuhhh ternyata minggu pagi itu beach poolnya mayan penuuuhh. papa ngajakin pindah aja ke kolam seruni 2. tapi azka pengen puas-puasin main pasir dulu, baru mau pindah. mayan juga loh jalan kaki dari seruni 3 ke seruni 2. Pas balik ke kamarnya itu mayan gempoorr karena jalanannya kan nanjak. Tapi liat anak-anak seneeeeng dan menikmati, sehat-sehat, makan lancaaar, kita berdua ikutan hepi ngliatnya. Padahal liburannya sederhana banget 😀

Puas berenang, liat jam udah jam 11 ajah. Padahal jam 12 harus udah check out. Buru-buru ke kamar, mandi, beberes, trus check out jam 12 teng. Trus kita mampir ke Cimory, buat makan siang dan main-main di playgroundnya, trus cussss ke Bekasi, pulang.

cimory

b coklat

Membayar Janji @ Kidzania

Monday, December 3rd, 2012

Sesuai keinginan Azka, ultahnya yang ke-7 gak mau dirayain, cuma pengen main di kidzania dan makan di Fish n co, akhirnya hari Sabtu berangkatlah kita berempat ke Kidzania. kebeneran banget lagi ada promo free ticket buat 1 pendamping anak umur 4 taun ke atas, sampe tanggal 15 Desember, dengan beli produk pigeonkids berupa sabun foam 400 ml dan sabun liquid 400 ml. Jadinya total berempat cuma kena 240 rebu..mayaaann kan. Azka bayar 115 ribu untuk main selama 5 jam, Alisha karena belom 4 taun jadi bayar 50 ribu, aku free, papanya anak-anak bayar 75 ribu.

Kidzania adanya di mall Pacific Place lantai 6. Begitu masuk ke dalam, Azka langsung minta naik ke atas, lantai mezzanine, pengen ke pabrik Belfoods. Soalnya trakhir ke sana, pabriknya tutup. Klop lah, Alisha juga permainan yang bisa dia ikuti banyaknya di lantai atas. Ada main masak-masakan, buat umur di bawah 4 taun, ada nanem tanaman, ada main puzzle. Biasanya kalo abis main kan dapet uang 5 kidzos buat upah, nah khusus buat main puzzle mayan tuh upahnya 20 kidzos.

Foto-fotonya bisa diliat di bawah ini. Azka sempet main di pabrik Belfoods, pabrik Tango, main puzzle, jadi petugas pijit tombol lift pembersih kaca, pabrik Sari Roti, pabrik teh, naik bus, petugas pemadam kebakaran. Sementara Alisha main masak-masakan, main puzzle 2 kali, naik bus, pabrik susu (yang ini harusnya 4 taun ke atas, tapi suka dibolehin), petugas pemadam kebakaran.

susu

Pabrik Susu

tango

pizza Main masak-masakan

masak 

sari

kidzos

Nah, lucu deh, petugas pemadam kebakaran ini bisa dibilang lucky. Harusnya Alisha belom boleh. Jadi critanya, jam setengah dua, bingung mo coba permainan apa lagi, nungguin antrian di madu rasa, lama banget. Mo naik taxi, ternyata katanya udah tutup karena jam 2 kan emang udah selese. Mo naik bus juga sama, udah gak bisa. Eh begitu diem bengong deket pemadam kebakaran, ada antrian dan masi kurang 2 anak. Si Alisha yang lagi berdiri deket petugas, ditawarin dan tu anak mau, langsung baris deh. Sementara Azka malah gak mau tadinya. Dia bete ikut pemadam kebakaran, soalnya dulu pengennya naik mobil pemadam kebakarannya di depan, samping pak sopir, tapi suka kalah cepet lari, jadi dia selalu ogah jadi petugas pemadam kebakaran.

pmdm

Petugas Pemadam Kebakaran

pemadam

Akhirnya kita rayu supaya mau, soalnya permainan lain udah tutup. Emang waktunya juga tinggal 15 menit lagi. Di dalam masi ada petugas pemadam kebakaran yang belom selese. Akhirnya Azka mau, karena ada temen, adeknya sendiri. Setelah antri beberapa saat, baru deh masuk. Berhubung waktunya mepet, anak-anak langsung pake jacket kuning dan helm, lalu naik mobil. iiiihh…seneng deh akhirnya Alisha naik mobil pemadam kebakaran, tu anak emang pengen banget, tapi kan umurnya belom cukup. Waktu acara memadamkan api juga tu anak beraniiii banget. Abis selese main, Azka minta ke toilet, kebelet pup. Dan kita berempat yang trakhir keluar dari Kidzania hahahhaa….kaga mo rugi ya. Biasanya kita keluarnya 15-20 menit sebelom jam 2, biar gak desek-desekan keluarnya. Baru kali ini keluar paling belakangan.

Perut kelaperan, langsung deh ke lantai 4. Makan siang santai-santai, trus pulaaaang….seneng banget hari itu, anak-anak juga enjoy.

makan

Apapun makannya, minumnya air putiiihh..

cake

Hot Chocolate Fudge with Vanilla ice cream (alias choco lava cake, our fav)

About Me
Vera, mamanya Azka dan Alisha. Dilarang copy isi tulisan dan foto di blog ini tanpa seizin pemilik blog ini. Email: pus_vera@yahoo.com
Archives
Label
Diary Azka dan Alisha